Sistem Bauran Pemasaran Di Tempat Pelelangan Ikan Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan Kota Probolinggo

Padma, ErienWidya (2011) Sistem Bauran Pemasaran Di Tempat Pelelangan Ikan Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan Kota Probolinggo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki garis pantai sepanjang kurang lebih 81.000 km. Luas wilayah laut, termasuk di dalamnya Zona Ekonomi Eksklusif mencakup 5, 8 juta kilometer persegi ( Dahuri, 2001). Di dalam wilayah laut dan pesisir tersebut terkandung kekayaan sumber daya laut yang amat besar, mulai dari ikan, kepiting, udang, kerang dan berbagai sumber daya laut lainnya yang siap untuk dieksploitasi nelayan. Tempat Pelelangan Ikan adalah suatu tempat yang mempertemukan antara penjual dan pembeli untuk melakukan kegiatan jual beli dengan cara lelang dimana terdapat penawaran harga yang semakin meningkat dan dilakukan di depan khalayak umum. Pemasaran merupakan pelaksanaan semua aktivitas yang berguna untuk menciptakan, memajukan, dan mendistribusikan barang yang dihasilkan sesuai dengan permintaan sekarang atau permintaan calon pembeli (Dalimartha, 1978). Sistem pemasaran berbagai macam, ada yang langsung ke konsumen ini yang disebut direct marketing. Ada juga yang dengan cara menekankan image. Media yang dipakai juga berbagai macam, dapat melalui televisi, radio atau brosur. Ada juga yang melakukan pemasaran dari pintu ke pintu. Berdasarkan rumusan masalah, maka tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: persepsi masyarakat (konsumen) terhadap keberadaan TPI Mayangan, sistem bauran pemasaran di TPI Mayangan, dan pengaruh sistem bauran pemasaran meliputi: harga (X2), lokasi (X2), produk (X3), promosi (X4), dan perilaku sosial (X5) terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini dilaksanakan di TPI Mayangan Kota Probolinggo. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Pebruari-Maret 2011. Pada penelitian ini objek penelitian dibatasi hanya pada pedagang dan konsumen di TPI Mayangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Jenis data yang digunakan untuk pedagang di TPI Mayangan digunakan teknik purposive sampling sebanyak 30 orang. Untuk menentukan jumlah sampel konsumen digunakan teknik linier time function yaitu sebanyak 50 orang. Tempat Pelelangan Ikan (TPI) adalah salah satu UPTD yang berada di bawah tanggung jawab Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Probolinggo dan merupakan asset milik Pemerintah Kota Probolinggo. UPTD TPI berada di komplek Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan yang pembangunannya dimulai tahun 2000. Tujuan utama dibangunnya TPI adalah untuk melaksanakan kegiatan pelelangan ikan hasil tangkapan nelayan yang melakukan bongkar di Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan. Sistem Bauran Pemasaran yang diterapkan di TPI Mayangan meliputi 5 variabel yaitu variabel harga, lokasi, produk, promsi, dan perilaku sosial. Kelima variabel tersebut secara bersamasama berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan Output SPSS 16 for Windows didapatkan hasil persamaan sebagai berikut: Y= 3,582 + 0,524X1 + (-0,407)X2 + (-0,078)X3 + (-0,052)X4 + 0,188X5 + e Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat diketahui pengaruh system bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen. Untuk uji F diketahui nilai F hitung > F tabel yaitu 5,614 > 2,584 dan F hitung nyata terhadap taraf kepercayaan 99%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel bebas secara bersama-sama berpengaruh nyata terhadap kepuasan konsumen. Nilai koefisien Determinasi dapat dilihat dari nilai Adjusted R Square yaitu sebesar 0,320 artinya bahwa variabel bebas memberikan pengaruh terhadap kepuasan konsumen sebesar 32%. Dengan kata lain kepuasan konsumen sebesar 32% dipengaruhi oleh variabel-variabel dalam system bauran pemasaran, sedangkan sisanya yaitu sebesar 68% dipengaruhi oleh factor-faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.berdasarkan uji t dan nilai standardized tertinggi dapat dapat diketahui system bauran pemasaran yang paling dominan terhadap kepuasan konsumen. Pada penelitian ini variabel harga merupakan variabel system bauran pemasaran yang paling dominan karena memiliki nilai t hitung sebsar 4,194 dan nilai signifikasi sebesar 0,000. Apabila variabel ini ditingkatkan sebesar satu satuan maka akan meningkatkan kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti memberikan saran sebagai berikut: Untuk variabel harga dapat dikembangkan dengan meningkatkan pemberian potongan harga/diskon kepada konsumen yang membeli produkdengan jumlah yang banyak atau kepada konsumen yang telah menjadi pelanggan tetap. Kemudian pedagang lebih memperhatikan tingkat kualitas produk disesuaikan dengan harga melalui penyortiran produk sesuai dengan kualitasnya masing-masing. Dan meningkatkan penetapan harga yang terjangkau kepada konsumen dengan cara penetapan harga sesuai dengan harga pasaran yang berlaku. Jadi pedagang mempunyai standart harga yang berlaku. Sedangkan untuk variabel lokasi dapat dikembangkan dengan merubah posisi jualan pedagang yang sebelumnya berimpitan atau telalu mepet dengan diberi jarak ± 1 meter agar tidak mengakibatkan becek, kotor, dll. Kemudian lokasi yang sudah strategis ini tidak perlu dipindah karena mudah terjangkau oleh alat transportasi umum maupun pribadi. Dan pasar yang sudah tertata dengan baik dan teratur sebaiknya penempatan jualan antar pedagang satu dengan yang lainnya agak dijauhkan ± 1 meter. Untuk melakukan pengembangan TPI Mayangan secara utuh, sebuah pengembangan sistem bauran pemasaran hendaknya juga diikuti dengan menganalisis kondisi internal dan eksternal TPI Mayangan, dan manajemen pengelola TPI Mayangan oleh karena itu diperlukan penelitian lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2011/58/051103037
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2011 13:46
Last Modified: 21 Oct 2021 08:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/132888
[thumbnail of 051103037.pdf]
Preview
Text
051103037.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item