Strategi peningkatan kunjungan wisatawan Ekowisata Bahari Pantai Bamban di Kabupaten Lumajang

Ekasaputra, AndreyZulniar (2011) Strategi peningkatan kunjungan wisatawan Ekowisata Bahari Pantai Bamban di Kabupaten Lumajang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kegiatan ekowisata menjadi suatu jenis wisata yang lebih mahal harganya dibandingkan dengan jenis wisata lain, mengingat pengelolaan kawasan ekowisata harus mengendalikan kuantitas dan kualitas pengunjung. Pengelola ekowisata disamping menjalankan prinsip ekonomi untuk mencari keuntungan sebanyak mungkin, tetapi juga harus dapat menjalankan misi konservasi. Sebagai salah satu tujuan wisata, Pantai Bambang memilki keunggulan yang cukup tinggi untuk dikembangkan. Peningkatan pelayanan harus lebih ditingkatkan melihat adanya pelayanan sebelumnya yang belum cukup baik . Selain pelayanan juga dibutuhkan promosi yang lebih untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Untuk mendapatkan data yang mendukung laporan akhir ini, penulis telah melakukan observasi, wawancara dan kuisioner, sedangkan untuk pengambilan samplingnya menggunakan isidental sampling yang ditujukan kepada para pengunjung Wisata Pantai Bambang dengan perhitungan secara linear time fungtion berdasarkan waktu penelitian dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 36 responden. Data yang diambil meliputi data primer dan data sekunder. Pantai Bambang memiliki peluang pada : Potensi laut sangat bagus dan sudah terkenal dari dulu, Jalur lintas selatan, Akses jalan cukup bagus, Dekat dengan kota Lumajang. Melihat bahwa Kabupaten Lumajang memiliki cukup banyak kesenian tradisional, maka dapat diterapkan pengembangan wisata bahari Pantai Bambang dengan mengajak masyarakat untuk menampilkan kesenian-kesenian tradisional di wisata Bahari Pantai Bambang berupa acara Pentas Seni di hari – hari tertentu, Pengembangan wisata ini sesuai dengan Rencana Tata Ruang Pemerintah Kabupaten Lumajang. Media periklanan dilakukan dengan maksud agar produk suatu Wisata Pantai Bambang baik berupa barang ataupun jasa mendapat perhatian kemudian dikenal dan akhirnya timbul rasa keinginan dari khalayak sasaran untuk mencoba. Media periklanan itu sendiri dilakukan melalui : Media cetak, Media elektronik, dan Media luar ruangan. Implementasi strategi pada pengembangan wisata Pantai Bambang akan dilakukan pada semua aspek yaitu pengembangan ekowisata, pelayanan, dan promosi. Berikut ini adalah implementasi strategi (rencana operasional) yang telah disusun sesuai aspek atau bidangnya masing-masing: Aspek Ekowisata di Wisata Pantai Bambang, Aspek Pelayanan, Aspek Promosi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti ingin mengemukakan beberapa saran yang diharapkan dapat dijadikan bahan pertimbangan : Beberapa wisatawan menyarankan agar pihak Pariwisata lebih meningkatkan fasilitas-fasilitas yang ada supaya ditambah agar wisatawan tidak mengalami kebosanan, Dalam hal promosi, perlu dikembangkan dan diperbanyak lagi agar mendapat perhatian kemudian dikenal dan akhirnya sampai pada benak khalayak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2011/23/051102770
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 25 Jul 2011 10:46
Last Modified: 21 Oct 2021 07:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/132860
[thumbnail of 051102770.pdf]
Preview
Text
051102770.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item