Identifikasi Potensi Sumberdaya Pesisir Desa Kilensari Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo Propinsi Jawa Timur

Sari, WahidaKartika (2013) Identifikasi Potensi Sumberdaya Pesisir Desa Kilensari Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo Propinsi Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perairan pesisir adalah laut yang berbatasan dengan daratan meliputi perairan sejauh 12 (dua belas) mil laut diukur dari garis pantai, perairan yang menghubungkan pantai dan pulau-pulau, estuari, teluk, perairan dangkal, rawa payau, dan laguna. Pada saat ini sebagian besar pengelolaan wilayah pesisir di Indonesia hanya bersifat sektoral saja sehingga perlu adanya perencanaan pengelolaan secara terpadu. Dalam perencanaan pengelolaan wilayah pesisir secara terpadu perlu diketahui potensi-potensi yang ada di wilayah tersebut. Salah satu cara untuk mengetahui potensi tersebut adalah kegiatan identifikasi. Pada penelitian ini penulis menggunakan studi kasus Desa Kilensari Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo Jawa Timur. Potensi Sumberdaya Manusia (SDM) Desa Kilensari berdasarkan Kartu Keluarga (KK) tahun 2008 terdiri dari: a) Potensi penduduk berdasarkan jenis kelamin, b) potensi penduduk berdasarkan agama yang dianut, c) potensi penduduk berdasarkan tingkat pendidikan, d) potensi penduduk berdasarkan pekerjaan, e) potensi penduduk berdasarkan usia produktif, dan f) potensi penduduk berdasarkan status perkawinan. Data potensi – potensi tersebut di ambil dari sampel KK sebanyak 415 dengan jumlah penduduk sebanyak 1623 jiwa. Berdasarkan kondisi lapang jumlah penduduk tahun 2011 sebanyak 12.283 jiwa. Jumlah penduduk pria sebanyak 51% dan wanita 49% dengan tingkat pendidikan tamat SD sebanyak 28%. Sedangkan penduduk bergama Islam sebanyak 98%. Penduduk yang berusia produktif sebanyak 69% dan 31% berusia non produktif dengan 52% berstatus sudah kawin. Potensi sumberdaya alam yang ada di Desa Kilensari terdiri dari potensi perikanan (tangkap dan budidaya) serta potensi non perikanan (pertanian, perkebunan, peternakan, lahan kosong, mangrove dan rawa. Potensi perikanan budidaya yang ada berupa potensi tambak akan tetapi tambak tersebut tidak produktif. Potensi perikanan tangkap yang ada yaitu Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) dan Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Jumlah alat tangkap yang ada yaitu Purse Seine 87 unit, Payang 34 unit, Gill Net 15 unit, Pancing 137 unit, dan Dogol sebanyak 25 unit. Hasil tangkapan rata-rata terbesar yaitu ikan layang 47%, tongkol 46%, dan teri 7%. Protensi pertanian dan perkebunan seluas 2,15 km² dengan komoditas padi tebu dan tembakau. Potensi peternakan yang ada yaitu ayam dan kambing dengan skala rumah tangga. Potensi lahan kosong seluas 0,23 km² dan rawa seluas 0,07 km². Sedangkan potensi mangrove hanya sedikit sehingga tidak dapat dihitung luasannya. Pemanfaatan ruang yang direkomendasi terdiri dari kawasan perikanan darat, kawasan perikanan laut, kawasan pengolahan hasil perikanan, kawasan mangrove, kawasan kerajinan, kawasan pemukiman, dan kawasan pertanian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2011/176/051305611
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 16 Jul 2013 09:55
Last Modified: 21 Oct 2021 07:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/132844
[thumbnail of Ringkasan.pdf]
Preview
Text
Ringkasan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Kata_Pengantar.pdf]
Preview
Text
Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (13MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Halaman_awal.pdf]
Preview
Text
Halaman_awal.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Cover_Laporan.pdf]
Preview
Text
Cover_Laporan.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item