Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Keberhasilan Pemasaran Ikan Hias Di “Bojong Aquarium” Palbapang Mungkid Kabupaten Magelang Jawa Tengah

NugrohoCW, RPranoto (2011) Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Keberhasilan Pemasaran Ikan Hias Di “Bojong Aquarium” Palbapang Mungkid Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian yang berjudul "Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keberhasilan Pemasaran Ikan Hias Di "Bojong Aquarium" Palbapang Mungkid Kabupaten Magelang Jawa Tengah" ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh faktor-faktor pemasaran secara bersama-sama terhadap keberhasilan pemasaran pada "Bojong Aquarium" dan (2) Pengaruh faktor-faktor keberhasilan pemasaran secara parsial terhadap keberhasilan pemasaran pada "Bojong Aquarium. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) angket, dan (2) dokumentasi. Angket digunakan untuk pengumpulan data primer, yang selanjutnya data tersebut di analisis dengan analisis kuantitatif. Dokumentasi dipergunakan dalam pemetaan potensi wilayah serta topografi wilayah. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi dengan Pearson Correlation , regresi (R 2 ) atau ANOVA (analisis of varian). Hasil analisis menunjukkan bahwa hubungan keseluruhan variabel faktor (secara bersama-sama) signifikan, dari hasil analisis regresi linier berganda didapatkan : Y = -9,535 + 0,964 X 1 + 0,652 X 2 + 0,518 X 3 + 0,954 X 4 + e. Hasil tersebut menunjukkan bahwa keberhasilan pemasaran dipengaruhi oleh berbagai macam faktor secara bersama-sama yaitu : produk yang berkualitas akan mempengaruhi kecepatan penjualan, harga yang yang rendah akan membuat ikan hias cepat laku, tempat usaha yang baru akan menambah penjualan ikan hias, dan promosi kepada konsumen yang baik akan mempengaruhi laku tidaknya ikan hias. Secara parsial ke empat faktor tersebut masing-masing memberikan pengaruh terhadap keberhasilan pemasaran. Faktor yang paling berpengaruh adalah faktor produk, ini dikarenakan konsumen lebih menyukai produk ikan hias yang sehat dan berkualitas baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka disarankan : memperhatikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan pemasaran ikan hias di "Bojong Aquarium". Menyediakan ikan yang berkualitas bagus, harga yang ditetapkan diusahakan untuk serendah mungkin tanpa mengurangi kualitas ikan hias, menambah tempat usaha lagi agar penjualan ikan hias dapat meningkat, dan pelayanan yang baik kepada konsumen tetap dijaga agar konsumen tidak beralih ke tempat usaha yang lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2011/1/051101924
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 02 May 2011 15:19
Last Modified: 21 Oct 2021 07:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/132771
[thumbnail of 051101924.pdf]
Preview
Text
051101924.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item