Faktor Internasional yang Mempengaruhi Perubahan Kebijakan Luar Negeri Rusia di Suriah 2016-2017

Chairdiansyah, Ihsan (2018) Faktor Internasional yang Mempengaruhi Perubahan Kebijakan Luar Negeri Rusia di Suriah 2016-2017. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rusia memulai intervensi militernya di Suriah pada tahun 2015. Presiden Putin melakukan intervensi untuk menjaga popularitas dalam negerinya di Rusia. Sebelum melakukan intervensi di Suriah, Rusia telah melakukan intervensi di beberapa tempat seperti Ukraina dan Georgia. Akibat besarnya anggaran yang dikeluarkan untuk melakukan beberapa intervensi dalam waktu yang bersamaan, Rusia berkepentingan untuk segera menyelesaikan kepentingannya di Suriah. Setahun setelah Rusia terlibat di Suriah, muncul aktor baru yaitu Turki yang mulai terlibat dalam Perang Sipil Suriah. Turki melakukan intervensi militer yang bernama Operation Euphrates Shield. Walaupun Turki menyokong pihak yang bermusuhan dengan Rusia dan Suriah, Rusia memutuskan untuk membantu Turki selama Operation Euphrates Shield pada bulan Januari 2017. Kolaborasi Rusia dengan Turki ini dilakukan dengan bantuan serangan udara Angkatan Udara Rusia terhadap milisi Daesh/ISIS yang menyulitkan Turki untuk melakukan penetrasi di kota al-Bab. Penelitian ini akan mencari tahu penyebab internasional yang akhirnya memicu Rusia untuk membantu Turki dalam operasi ini.

English Abstract

Russia began its military intervention in Syria in 2015. President Putin intervened to maintain his domestic popularity in Russia. Before intervening in Syria, Russia had intervened in several countries such as Ukraine and Georgia. As the result of the large expenditure to carry out several interventions at the same time, Russia is determining to fuflill its interest in Syria immediately. A year after Russia was involved in Syria, a new actor emerged, Turkey, who began to be involved in the Syrian Civil War. Turkey conducted a military intervention called Operation Euphrates Shield Although Turkey supported parties that hostile to Russia and Syria, Russia decided to help Turkey during Operation Euphrates Shield in January 2017. Russia's collaboration with Turkey was carried out with the help of Russian Air Force air strikes against Daesh militias / ISIS which makes it difficult for Turkey to penetrate in the city of al-Bab. This research will find out the international causes that eventually triggered Russia to assist Turkey in this operation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/756/051809936
Uncontrolled Keywords: Rusia, Perang Sipil Suriah, Turki, Daesh, Turki. Russia, Syrian Civil War, Daesh, Turkey.
Subjects: 300 Social sciences > 327 International relations > 327.1 Foreign policy and specific topics in international relations > 327.109 47 Foreign policy and specific topics in international relations (Russia)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Feb 2019 01:52
Last Modified: 22 Oct 2021 04:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13271
[thumbnail of Ihsan Chairdiansyah.pdf]
Preview
Text
Ihsan Chairdiansyah.pdf

Download (78MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item