Strategi Pengembangan Objek Wisata Pulau Pahawang Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung

Laili, Anis Nurul (2018) Strategi Pengembangan Objek Wisata Pulau Pahawang Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Objek Wisata Pulau Pahawang merupakan salah satu destinasi wisata baru di Provinsi Lampung. Objek wisata tersebut menyuguhkan pemandangan yg indah salah satunya tempat snorkling terbaik di Lampung. Namun keindahan Pulau Pahawang hanya diketahui oleh beberapa masyarakat saja. Tujuan penelitian ini guna mencari alternatif strategi pengembangan yang cocok untuk Objek Wisata Pulau Pahawang guna mengenalkan serta meningkatkan intensitas pengunjung wisatawan baik lokal maupun internasional. Analisis data dilakukan dengan merumuskan strategi dalam tiga tahapan yaitu tahap input, tahap pencocokan dan tahap keputusan. Tahap input menganalisis faktor internal dan faktor eksternal ke dalam Matrik IFE (Internal Factor Evaluation) dan Matriks EFE (External Factor Evaluation). Lalu tahap pencocokan menggunakan Matriks SWOT, Matriks Grand Strategy dan Matriks IE (Internal External). Lalu pada tahap pencocokan menggunakan alat analisis QSPM. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi yang digunakan mengarah kearah srategi agresif, tumbuh dan berkembang dengan kombinasi strategi S-O prioritas pemilihan strategi jatuh kepada meningkatkan pelayanan optimal untuk meningkatkan kunjungan wisatawan (skor 5,89).

English Abstract

Pahawang Island is one of the new tourist destinations in Lampung Province. The island provide a beautiful view such as a snorkelling spots in Lampung. However the beauty of Pahawang Island is only known by a few people. The purpose of this study is to find the alternative of development strategies that appropriate to tourist Pahawang Island and increase the visitors intensity both local and international tourist. Data analysis is done by formulating strategies in three stages, namely input stages, matching stage and decision stage. The input stage analyzes internal factors and external factors into the IFE (Internal Factor Evaluation) Matrix and the EFE (External Factor Evaluation) Matrix. Then the matching phase uses SWOT Matrix, Grand Strategy Matrix and IE Matrix (Internal External). Then at the matching stage using the QSPM analysis tool. The results indicate that the strategy used is aggressive strategy, grows and develops with a combination of S-O strategy. So that, improving service optimally is selected to increase the tourist visit (score 5.89).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/762/051810669
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan, Pariwisata, SWOT, Grand Strategy, QSPM.- Development Strategy, Tourism, SWOT, Grand Strategy, QSPM
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 06 Nov 2018 07:04
Last Modified: 03 Oct 2022 04:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13270
[thumbnail of Anis Nurul Laili.pdf] Text
Anis Nurul Laili.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item