Analisa Perilaku Konsumen Tentang Kepuasan Konsumen Terhadap Pembelian Produk Makanan Olahan Di Restaurant Seafood Batavia, Malang

Hadiwijaya, Fajar (2011) Analisa Perilaku Konsumen Tentang Kepuasan Konsumen Terhadap Pembelian Produk Makanan Olahan Di Restaurant Seafood Batavia, Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Untuk memenangkan persaingan, produsen harus mampu memberikan kepuasan kepada para pelangganya, misalnya dengan memberikan produk dengan mutu lebih baik, harga lebih murah, daya tahan simpan produk yang lama, kemudahan pengolahan kembali, kemudahan pemeliharaan produk atau pelayanan yang lebih baik dari pada pesaingnya. Dalam ilmu ekonomi dikatakan bahwa manusia adalah mahluk ekonomi yang selalu berusaha memaksimalkan kepuasanya dan bertindak rasional. Para konsumen akan berusaha memaksimalkan kepuasanya dan bertindak rasional. Para konsumen berusaha memaksimalkan kepuasanya selama kemampuan finansialnya memungkinkan. Penelaahan perilaku konsumen yang ada maupun konsumen potensial merupakan langkah penting dalam menganalisis peluang pasar untuk barang dan jasa. Konsumen melibatkan diri dalam transaksi pertukaran untuk mendapatkan manfaat akhirnya. Konsumen membeli produk barang dan jasa sebagai potensi pemecahan masalah atas kebutuhan dan keingiunan konsumen yang tidak terpenuhi. Produk perikanan saat ini adalah produk yang sedang diminati oleh banyak konsumen untuk dikonsumsi karena mempunyai banyak manfaat diantaranya seperti mencegah berbagai macam penyakit dan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan kuat. Selain itu rasa dari produk-produk perikanan ini juga tidak kalah dengan produk-produk lainya. Selain ikan segar masyarakat juga meminati produk-produk seafood yang siap dimakan ataupun produk-produk setengah jadi seperti surimi. Selain jenis-jenis produk seafood yang memilki prospek cerah tersebut, penyajian produk-produk yang sesuai dengan perilaku konsumen akan sangat menentukan kelancaran pasar. Restoran perikanan merupakan pasar khusus yang menyerap komoditi perikanan tertentu atau beragam secara rutin dalam partai besar. Pasar ini dapat digunakan sebagai tempat menyalurkan produk perikanan yang menghendaki kualitas tertentu. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui dan mempelajari Karakteristik konsumen produk olahan restaurant Seafood Batavia, Malang, (2) Motivasi konsumen produk olahan restaurant Seafood Batavia, Malang. (3) Tingkat kepuasan konsumen dalam pembelian produk olahan restaurant Seafood Batavia, Malang. (4) Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen terhadap produk olahan restaurant Seafood Batavia, Malang. Penelitian ini dilaksanakan di restaurant Seafood Batavia yang beralamat di Jalan Jakarta No. 51. Waktu penelitian selama kurang lebih 1 pekan tepatnya pada bulan April 2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif ii dan deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan data melalui survey. Analisis penelitian ini menggunakan analisis data statistik terdiri dari analisa tabulasi data, uji-uji instrument data dan analisi regresi linier berganda. Pegolahan data menggunakan program SPSS 17 for windows. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diambil beberapa kesimpulan yaitu karakteristik konsumen yang mengkonsumsi produk olahan di restaurant ini adalah mayoritas adalah para keluarga dan kalangan pengusaha yang ingin mengadakan pertemuan di restaurant ini. Sedangkan yang memotivasi konsumen untuk datang dan membeli produk olahan di restaurant ini lebih di dominasi secara rasional dengan persentase 53,3 % karena konsumen merasa produk yang ditawarkan sangat lezat dan sudah sesuai dengan apa yang di promosikan. Sedangakan untuk tingkat kepuasan konsumen dalam pembelian produk ini adalah mayoritas menyatakan puas dengan persentase sebesar 70 %. Dan untuk faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan dalam pembelian produk di restaurant ini adalah berdasarkan hasil penelitian dilakukan beberapa uji instrument data ternyata data yang dihasilkan semua layak untuk dilakukan pengujian karena berdasarkan uji korelasi dan uji reliabilitas semua variabel dinyatakan valid dan reliabel. Selanjutnya pada hasil uji R 2 menunjukan nilai sebesar 0,409 yang berarti 40,9 % kepuasan konsumen ditentukan oleh strategi pemasaran (Produk, Harga, Lokasi, Promosi dan Ketanggapan) dan 59,1 % di pengaruhi oleh variabel lain. Dan untuk F-hitung menunjukan nilai 4,432 dimana lebih besar dari F-tabel yaitu 2,621 yang berarti model tersebut layak. Dari hasil analisis regresi linier berganda dapat dilihat seberapa besar pengaruh variabel independen mempengaruhi variabel dependen. Persamaanya adalah Y = 1,731 + 1,751X1 - 1,250 X2 + 1,484 X3 + 1,135 X4 + 1,985 X5 + e. Dari persamaan tersebut dapat diketahui bahwa untuk variabel X1 (produk), X3 (lokasi), X4 (promosi) dan X5 (ketanggapan) bernilai positif yang berarti apabila ditingkatkan nilai dari masing-masing variabel akan meningkatkan tingkat kepuasan dari konsumen restaurant tersebut, sedangkan untuk variabel X2 (harga) bernilai negatif yang berarti apabila ditingkatkan nilai dari variabel tersebut maka akan menurunkan tingkat kepuasan dari konsumen. Sedangkan hasil Uji t secara parsial diketahui variabel yang berpengaruh secara signifikan adalah variabel Produk, Harga, Lokasi dan Ketanggapan, sedangkan untuk variabel promosi tidak terlalu berpengaruh signifikan terhadap tingkat kepuasan konsumen. Adapun saran untuk pengelola restaurant seafood batavia, malang ini adalah agar menambahkan beberapa fasilitas usaha seperti hot spot dan live musik yang nyaman dan enak di dengar agar target konsumenya tidak hanya kalangan pengusaha dan keluarga saja tapi bisa sampai kalangan pemuda dan mahasiswa, sedangkan saran untuk peneliti dan lembaga akademisi lainya agar bisa dilakukan penelitian lebih lanjut tentang beberapa faktor dan variabel yang belum dijelaskan dalam penyusunan laporan ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2010/144/051104628
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Apr 2012 10:13
Last Modified: 21 Oct 2021 05:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/132692
[thumbnail of 4._cover_dan_abstract_skripsi_fajar.pdf]
Preview
Text
4._cover_dan_abstract_skripsi_fajar.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1._Cover_dan_Lembar_Pengesahan_Fix.pdf]
Preview
Text
1._Cover_dan_Lembar_Pengesahan_Fix.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5._isi_artikel_skripsi.pdf]
Preview
Text
5._isi_artikel_skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2._Ringkasan,_Kata_Pengantar_dan_Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
2._Ringkasan,_Kata_Pengantar_dan_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._Laporan_Fix_Ujian.pdf]
Preview
Text
3._Laporan_Fix_Ujian.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item