MusMulyadi (2009) Analisis Strategi Pemasaran Produk Ikan Kaleng Dalam Meningkatkan Daya Saing : studi kasus Pada : PT. Blambangan FoodPackers Indonesia Kec. Muncar - Banyuwangi Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dan Dia-lah, Allah yang menundukkan lautan (untukmu), agar kamu dapat memakan daripadanya daging yang segar (ikan), dan kamu mengeluarkan dari lautan itu perhiasan yang kamu pakai; dan kamu melihat bahtera berlayar padanya, dan supaya kamu mencari (keuntungan) dari karunia-Nya, dan supaya kamu bersyukur. (QS. An Nahl : 14). Indonesia merupakan negara kepulauan yang dikelilingi oleh lautan yang memberikan kontribusi terhadap industri pengalengan khususnya ikan yang ada, sehingga hal ini memberikan kemudahan dalam penyediaan bahan utama industri pengalengan ikan. Dalam persaingan di era global seperti saat ini, sektor pemasaran perlu mendapatkan perhatian serius dari pihak perusahaan. Terutama dalam proses penetapan strategi pemasaran, pihak perusahaan harus benar-benar matang dalam menetapkan strategi pemasaran yang dipilih sehingga mampu menembus pasar. Apabila dalam kondisi persaingan yang semakin ketat seperti saat ini, kemampuan perusahaan untuk merebut pangsa pasar akan mempengaruhi kelangsungan hidup perusahaan itu sendiri. Perubahan pola persaingan global memerlukan analisis terhadap segala kekuatan yang mempengaruhi perusahaan secara berkesinambungan. Salah satu cara untuk mengetahui kondisi perusahaam terhadap perubahan lingkungan eksternal dan internal melalui analisis SWOT. PT. Blambangan FoodPackers Indonesia (BFPI) merupakan salah satu Industri yang memproduksi produk ikan kaleng yang ada di wilayah Muncar - Banyuwangi yang sejenis yang mempunyai potensi besar sehingga memerlukan strategi pemasaran yang tepat dalam rangka meningkatkan daya saing. Oleh karena itu, di lakukan suatu analisis strategi pemasaran produk ikan kaleng dalam meningkatkan daya saing. Penelitian ini dilakukan di PT. Blambangan FoodPackers Indonesia (PT.BFPI) Kec. Muncar-Banyuwangi Jawa Timur. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2008 – Januari 2009. Tujuan Penelitan ini adalah untuk mengetahui gambaran umum tentang PT.BFPI, strategi pemasaran produk yang diterapkan oleh PT.BFPI dalam meningkatkan daya saing, identifikasi faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal perusahaan dalam meningkatkan daya saing dan alternatif strategi pemasaran perusahaan. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan studi kasus, jenis sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan menggunakan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, kuisioner atau angket, dan studi kepustakaan. Teknik penentuan responden yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode purposive sampling. Analisa data yang digunakan adalah analisis diskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif yang ditunjang dengan analisis SWOT. Hasil penelitian yang diperoleh dari PT. BFPI merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan hasil perikanan. Unit bisnis yang dihasilkan oleh PT. BFPI yaitu unit pengalengan ikan Ikan Lemuru ( Sardinella Longicep ) dan unit pengalengan Ikan Tuna yang merupakan produk utama yang diproses. Banyaknya jumlah produsen ikan kaleng di wilayah Muncar dan Indonesia pada umumnya mengakibatkan persaingan ketat di dalam industri ikan kaleng ini. Konsumen dapat lebih leluasa dalam memilih produk yang diinginkannya. Mengingat adanya ii persaingan yang cukup ketat tersebut PT. BFPI dalam mencari pelanggan dan memasarkan produknya menggunakan cara personal selling dan purchasing order hingga sampai kepada konsumen, untuk dapat bertahan dan memperoleh posisi yang menguntungkan di dalam industri ikan kaleng. Berdasarkan perhitungan matrik IFAS diperoleh nilai sebesar 1,19 dan perhitungan matrik EFAS diperoleh nilai 0,71. Hal ini menunjukkan perusahaan memiliki peluang dan kekuatan untuk meraih peluang. Analisis SWOT menunjukkan bahwa posisi perusahaan berada pada di kuadran I. Pada posisi ini strategi yang tepat yang dapat digunakan perusahaan adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif ( Growth oriented strategy ). Pada matrik SWOT dihasilkan diantaranya ; SO, ST, WO dan WT alternatif strategi yang tepat untuk dapat diterapkan adalah strategi SO ( strengths opportunities ), yaitu memanfaatkan kekuatan untuk meraih peluang yang ada. Saran yang dapat diambil dari penelitian ini adalah PT. BFPI menerapkan kebijakan yang lebih agresif dalam memasarkan produk ikan kaleng dengan meningkatkan unsur promosi baik elektronik maupun cetak secara maksimal untuk memperluas daerah pemasaran, perusahaan tetap menjaga dan meningkatkan kualitas produk dengan memberikan pelatihan-pelatihan pada SDM dan melakukan riset dan pengembangan produk karena di era perdagangan bebas dimana konsumen lebih leluasa memilih produk, meningkatkan sarana dan prasarana yaitu dengan memaksimalkan teknologi untuk menunjang kualitas dan kuantitas produk agar tetap terjaga mengingkat permintaan dan tingkat partumbuhan yang semakin meningkat, PT. BFPI hendaknya tetap dapat menjaga hubungan baik dengan pelanggan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPR/2009/44/050903005 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Teknologi Hasil Perikanan |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 14 Dec 2009 13:57 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 04:19 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/132601 |
Preview |
Text
050903005.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |