Gambaran Faktor School Well-Being Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Yang Bersistem Full Day School

Handayani, Kevin (2018) Gambaran Faktor School Well-Being Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Yang Bersistem Full Day School. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penerapan sistem full day school memberikan dampak positif maupun negatif bagi siswa, guru maupun orang tua. Ketika sistem pembelajaran berubah maka dikhawatirkan school well-being pada siswa juga berubah, sehingga perlu diketahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi school well-being tersebut. Dengan demikian, sistem full day school dapat berjalan dengan siswa yang memiliki school well-being yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran faktor-faktor yang mempengaruhi school well-being pada siswa Sekolah Menengah Atas yang bersistem full day school. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Informan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 4 siswa Sekolah Menengah Atas yang bersistem full day school. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis model interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman. Setelah data dianalisis maka akan dilakukan pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi sumber. Penelitian ini menghasilkan gambaran dimana keempat informan memiliki school well-being yang baik akan tetapi tidak semua informan memiliki tanggapan baik pada semua faktornya. Ketiga faktor school well-being memiliki dinamika, yang mana keempat informan setidaknya memperoleh dua dari tiga faktor yang mempengaruhi dengan baik, hal tersebut sudah cukup menjadikan siswa merasa well-being dengan sistem full day school.

English Abstract

Implementation of full day school system gives positive and negative impact for students, teachers and parents. When the learning system changes, it is concerned that school well-being in students is also change, so we need to know what factors affect the school well-being. This, the full day school system can work well with students who have a good school well-being. The purpose of this research is to describe the factors that affect the well-being of school at high school students are applying full day school. This research is a qualitative research with phenomenology approach. Methods of data collection using interviews. This research uses purposive sampling technique. Subjects used in this study are 4 high school students who use the system full day school. The data analysis used in this research is using interactive model analysis proposed by Miles and Huberman. After the data is analyzed it will be examined the validity of data with triangulation of sources. This research resulted in the description where the four informants have school well-being is good but not all of the informant has a good response on all related factors. The third factor is school well-being has dynamics, which the four informants at least won two of the three factors that affect the well it's quite makes the students feel well-being system with full day school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/770/051810161
Uncontrolled Keywords: Full Day School, School Well-being, Sekolah Menengah Atas Full Day School, School Well-being, High School Students
Subjects: 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.7 Student welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Dec 2018 02:24
Last Modified: 22 Oct 2021 04:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13258
[thumbnail of Kevin Handayani.pdf]
Preview
Text
Kevin Handayani.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item