DinaDestriWardhani (2008) Diferensiasi Produk Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen di Rumah Makan Ikan Segar “Sania Lesehan” dan “Endah Lesehan”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Variabel-variabel diferensiasi produk, yaitu: keistimewaan produk (X1), kinerja (X2), kesesuaian (X3) dan gaya (X4) baik pada rumah makan ikan segar “Sania Lesehan” maupun “Endah Lesehan” sangat berpengaruh terhadap tingkat kepuasan konsumen. Hal ini dapat terlihat dari hasil uji-t pada rumah makan ikan segar “Sania Lesehan”, yaitu t-hitung untuk X1, X2, X3 dan X4 secara berurutan 2,110; 2,981; 2,534; 2,141 dan pada “Endah Lesehan” juga secara berurutan 2,906; 2,204; 2,516; 2,483 lebih besar daripada t-tabel 2,042 serta besarnya variabel yang berpengaruh pada kepuasan konsumen, yaitu sebesar 62% untuk rumah makan ikan segar “Sania Lesehan” dan 69,6% untuk rumah makan ikan segar “Endah Lesehan”. Faktor diferensiasi produk yang paling berpengaruh pada kedua rumah makan berbeda. Hal ini dapat dilihat dari besarnya t-hitung. Pada rumah makan ikan segar “Sania Lesehan” t-hitung yang paling besar adalah kinerja (X2) sebesar 2,981 dan pada “Endah Lesehan” yang paling berpengaruh adalah keistimewaan produk (X1) sebesar 2,906. Diferensiasi produk pada rumah makan ikan segar “Endah Lesehan” lebih dapat memberikan kepuasan pada konsumen dari pada “Sania Lesehan”. Hal ini dapat dilihat dari hasil korelasi Spearman masing-masing X1, X2, X3 dan X4: 0,350; 0,495; 0,575; 0,337 pada rumah makan ikan segar “Sania Lesehan”. Sedangkan nilai korelasi pada rumah makan ikan segar “Endah Lesehan” secara berturut-turut adalah: 0,727; 0,657; 0,515; 0,498. Berdasarkan pada hasil penelitian diatas maka disarankan sebagai berikut: (1) Hendaknya rumah makan ikan segar “Sania Lesehan” dapat menjaga kualitas kinerja karyawan dan dapat lebih meningkatkan kesesuaian, gaya dan yang paling penting keistimewaan produk yang dimiliki, sehingga dapat memberikan kepuasan konsumen yang lebih dari sekarang. (2) Pada rumah makan ikan segar “Endah Lesehan” hendaknya dapat mempertahankan keistimewaan produk dan dapat pula meningkatkan kesesuaian, gaya dan juga kinerja karyawan sehingga konsumen akan bertambah puas dan memiliki loyalitas yang tinggi. (3) Perlu adanya penelitian lebih lanjut tentang diferensiasi produk yang dapat mempengaruhi kepuasan konsumen sehingga dapat meningkatkan loyalitas dari konsumen.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPR/2008/75/050803224 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Teknologi Hasil Perikanan |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 25 Oct 2008 09:40 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 03:31 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/132534 |
Preview |
Text
050803224.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |