Analisis Strategi Bisnis Ikan Hias Air Tawar di CV Colisa Aquaria Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor Propinsi Jawa Barat.

Willyanda, Rova Lorensia (2007) Analisis Strategi Bisnis Ikan Hias Air Tawar di CV Colisa Aquaria Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor Propinsi Jawa Barat. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan di CV. Colisa Aquaria, Ciawi-Jawa Barat. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada bulan Februari – Maret 2007. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui gambaran umum CV. Colisa Aquaria, mengetahui lingkungan internal dan eksternal di CV. Colisa Aquaria, mengidentifikasi dan menganalisis kekuatan dan kelemahan yang dimiliki serta peluang dan ancaman yang dihadapi CV. Colisa Aquaria dalam melaksanakan kegiatan pemasaran ke luar negeri, menganalisis alternatif strategi bisnis yang menjadi prioritas CV. Colisa Aquaria pada masa yang akan datang. Dalam penelitian ini, metode penelitian adalah metode deskriptif dengan jenis penelitiannya adalah studi kasus, unit studi kasusnya adalah menganalisis strategi bisnis ikan hias air tawar dilihat dari Strenghts, Weaknees, Opportunity, dan Threats (SWOT) dengan matriks IFAS dan EFAS di dalam lingkungan internal dan lingkungan eksternal pada CV. Colisa Aquaria, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat. Jenis sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan menggunakan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, studi kepustakaan dan partisipasi aktif. Hasil penelitian yang diperoleh dalam usaha pemasaran ikan hias air tawar di "CV Colisa Aquaria" yaitu adanya pelaksanaan usaha yang meliputi kegiatan persiapan sarana dan prasarana, yaitu pembelian bahan baku, pensortiran, perawatan, pengepakan, dan pengangkutan. Analisis lingkungan internal berasal dari dalam dan berhubungan langsung dengan operasional perusahaan. Analisis lingkungan eksternal meliputi lingkungan makro berasal dari luar dan tidak berhubungan secara langsung dengan operasional perusahaan. Lingkungan makro terdiri dari faktor politik, faktor ekonomi, faktor sosial, dan faktor teknologi. Lingkungan mikro atau lingkungan industri dapat digambarkan sebagai serangkaian perusahaan yang bersaing satu sama lain untuk konsumen barang dan jasa mereka dan yang mengandalkan pihak lain yang memasok masukan kritis (perbekalan). Faktor lingkungan mikro meliputi pelanggan, pemasok dan pesaing. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa yang telah dilakukan kesimpulan tentang CV Colisa Aquaria adalah CV Colisa Aquaria sebagai sub unit Koperasi Perikanan Kota Bogor yang bergerak di bidang pemasaran ikan hias air tawar masih memiliki peluang dan kesempatan yang luas untuk mengembangkan usahanya, Lingkungan internal yang terdapat pada CV Colisa Aquaria meliputi organisasi dan sumberdaya manusia yang memakai struktur organisasi fungsional dengan 14 orang karyawan tetap, proses produksi dengan jenis ikan hias Ctenopoma, Manvis, dan Corydoras, dan fungsi pemasaran (fungsi penjualan, fungsi pembelian, fungsi pengangkutan, fungsi penyimpanan, standarisasi dan grading, fungsi penanggulangan resiko, dan fungsi informasi pasar), Lingkungan eksternal (makro) terdiri dari faktor politik, dengan dibentuknya RAISER dan kebijakan politik. Faktor ekonomi, dengan adanya pemberlakuan AFTA dan GATT. Faktor sosial, mempelajari perilaku konsumen. Faktor teknologi, kemajuan komputer dan sistem informasi. Lingkungan mikro terdiri dari pelanggan, diarahkan pada pasar di wilayah Bandung, Bogor, Cibinong, Sukabumi, Jakarta, Depok, Pelabuhan Ratu, Kudus, dan Semarang untuk lokal dan sedangkan untuk tujuan ekspor adalah Israel, Amerika Serikat, dan Perancis. Pemasok, petani ikan anggota Koperasi. Pesaing, beberapa perusahaan dengan produk yang sejenis. Analisis yang dipakai adalah analisis SWOT dengan menggunakan matriks EFAS dan IFAS. CV Colisa Aquaria berada dalam kuadran I dan strategi yang dapat diterapkan dalam kondisi ini adalah dengan mendukung strategi agresif ( growth oriented strategy ). Saran yang dapat diambil dari penelitian ini adalah CV Colisa Aquaria perlu menganalisis secara berkala mengenai segala aspek internal maupun eksternal, baik itu dalam kondisi saat ini maupun kondisi yang akan datang. Hal ini dapat dilakukan dengan mengkaji ulang seluruh strategi yang telah ditetapkan setiap tahunnya, sehingga CV Colisa Aquaria dapat mempertahankan eksistensinya dan meningkatkan pangsa pasarnya atau memperluas jaringan pemasarannya baik itu pemasaran dalam negeri maupun pemasaran untuk ekspor. CV Colisa Aquaria dapat berdiri sendiri dari Koperasi Perikanan Kota Bogor. Hal ini dilakukan agar dapat fokus dalam satu tujuan yakni, meningkatkan keuntungan dengan memperluas daerah pemasaran. CV Colisa Aquaria harus mencoba membudidayakan ikan hias air tawar jenis baru dengan teknologi yang ada. Selain itu diperlukan penambahan sumberdaya manusia yang ahli dibidangnya dan mengadakan program pelatihan dan pengembangan kemampuan karyawan CV Colisa Aquaria. Terus melakukan pemantauan teknologi, jenis ikan hias air tawar yang sedang trend , selera konsumen dan persaingan dalam pasar. Meningkatkan kapasitas produksi ikan hias air tawar dengan tetap mempertahankan mutu yang baik. Menjaga hubungan baik dengan pembeli dan pelanggan yang sudah ada dengan terus menjaga kualitas produk. Menjaga hubungan baik dengan para eksportir agar terjaga kelangsungan usaha. Mengantisipasi persaingan dengan melihat perkembangan pasar, para pesaing, dan kondisi ekonomi baik dalam maupun luar negeri. Meminimalisasikan tingkat kematian ikan hias pada saat pengiriman dengan penyeleksian yang baik dan dengan mengadakan penelitian. Membina hubungan dengan para konsumen yang berada di negara-negara potensial melalui sistem kontrak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2007/70/050803089
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Oct 2008 10:01
Last Modified: 28 Dec 2021 02:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/132373
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of lampiran.pdf]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lembar_Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER_JUDUL_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
COVER_JUDUL_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item