Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan “Ringin Asri“ Kota Malang

Hapsari, Kartika (2007) Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan “Ringin Asri“ Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangunan subsektor perikanan bertujuan untuk mengusahakan kegiatan perikanan agar dapat dilaksanakan oleh bangsa Indonesia sendiri, baik usaha memproduksi maupun usaha pengolahan dan pemasaran. Salah satu dari usaha pemasaran ikan adalah rumah makan yang menyediakan ikan sebagai menu utama atau salah satu menu yang disajikan. Banyaknya rumah makan yang ada saat ini menciptakan persaingan bisnis yang ketat. Untuk mencapai keberhasilan, suatu usaha harus mampu memberikan kepuasan kepada konsumen dengan menerapkan strategi pemasaran yang dapat dilakukan dengan mengoptimalkan faktor-faktor didalam bauran pemasaran dan kualitas jasa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2007 di rumah makan "Ringin Asri" Kota Malang. Adapun tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui:(1) pengaruh bauran pemasaran dan kualitas jasa secara bersama-sama terhadap tingkat kepuasan konsumen pada rumah makan. "Ringin Asri"; (2) pengaruh bauran pemasaran dan kualitas jasa secara parsial terhadap tingkat kepuasan konsumen pada rumah makan. "Ringin Asri"; (3) faktor bauran pemasaran dan kualitas jasa yang paling dominan terhadap tingkat kepuasan konsumen pada rumah makan "Ringin Asri". Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survai. Jenis penelitiannya adalah penelitian penjelasan ( eksplanatory ), yaitu penelitian yang menjelaskan tentang hubungan kausal antara variabel-variabel penelitian dalam hal ini hubungan antara bauran pemasaran dan variabel kualitas jasa terhadap kepuasan konsumen. Teknik pengumpulan data meliputi: kuesioner, observasi dan dokumentasi. Sampel yang dibutuhkan dalam penelitian ini sebanyak 80 responden dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling. Untuk menentukan jumlah sampel yang akan diambil adalah dengan cara linier time function. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda didapatkan : Y = 5,516 + 0,245 X 1 + (-0,576 X2) + 0,224 X3 + 0,244 X4 + 0,226 X5 + 0,440 X6 + 0,218 X7 + (-0,382 X8) + 0,249 X9 + e. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kepuasan konsumen dipengaruhi oleh berbagai faktor secara bersama-sama yaitu: produk yang ditawarkan memiliki cita rasa khas; harga yang terjangkau; lokasi yang strategis; promosi yang sesuai kenyataan, didukung adanya karyawan yang tepat waktu dalam melayani, teliti, komunikatif dan tidak membeda-bedakan antara konsumen yang satu dengan yang lain serta tersedianya fasilitas yang memadai. Walaupun secara terpisah, faktor-faktor tersebut juga memberikan pengaruh kepada kepuasan konsumen. Dari sembilan faktor, dijumpai dua faktor yang bernilai negatif, yaitu harga dan empati. Artinya, apabila harga dinaikkan maka kepuasan konsumen akan menurun dan empati yang berlebihan juga akan menyebabkan turunnya kepuasan konsumen. Dari hasil regresi linier berganda, dijumpai faktor yang sangat mempengaruhi kepuasan konsumen, yaitu faktor harga, karena harga memiliki nilai t hitung tertinggi. Harga yang ditentukan adalah harga yang terjangkau (dapat dibayar) oleh konsumen yang ditetapkan berdasarkan berdasarkan bahan baku, fasilitas yang diberikan, serta sikap karyawan yang teliti, peduli dan antusias dalam memberikan pelayanan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disarankan: agar pihak rumah makan lebih meningkatkan kualitas rasa makanan, menambah menu-menu baru, menyediakan parkir indoor , karyawan lebih ramah, menyediakan fasilitas kartu kredit, menyediakan fasilitas karaoke pada siang hari; mengevaluasi kembali harga yang telah ditetapkan (disesuaikan dengan sasaran konsumen), selain itu pihak rumah makan dapat memberikan voucher makan atau mengadakan " pahe " pada hari-hari tertentu; dalam hal promosi (perlu diperjelas tentang segmentasi pasar).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2007/67/050803086
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Oct 2008 15:53
Last Modified: 28 Dec 2021 02:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/132369
[thumbnail of 050803086.pdf]
Preview
Text
050803086.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item