Peringkat Kesukaan Konsumen Terhadap Ikan Bandeng Olahan Berdasarkan Sikap dan Kepuasan Konsumen Pada Industri Pengolahan Ikan Bandeng “Juwana” Semarang Jawa Tengah.

Wardani, Renny Kusuma (2007) Peringkat Kesukaan Konsumen Terhadap Ikan Bandeng Olahan Berdasarkan Sikap dan Kepuasan Konsumen Pada Industri Pengolahan Ikan Bandeng “Juwana” Semarang Jawa Tengah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi dan kemajuan perekonomian saat ini, maka setiap produsen dituntut untuk selalu berusaha meningkatkan mutu dari barang-barang atau jasa-jasanya dan melakukan perubahan-peruabahan pada macam-macam produk baru yang akan menambah kepuasan konsumen. Menganalisis sikap dan mengukur tingkat kepuasan konsumen merupakan salah satu prinsip utama yang mendukung pengembangan strategi pemasaran suatu perusahaan. Dengan mengetahui atribut produk yang sesuai dengan keyakinan konsumen dan membuat konsumen puas, maka produsen dapat menghasilkan sebuah produk yang sesuai dengan harapan konsumen serta mendapatkan hasil yang masimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) sikap konsumen terhadap produk ikan Bandeng olahan "Juwana" (Bandeng Duri Lunak, Otak-otak Bandeng, Bandeng Asap, Bandeng Boneless, Teriyaki Bandeng dan Pepes Bandeng), (2) untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap produk ikan Bandeng "Juwana" (Bandeng Duri Lunak, Otak-otak Bandeng, Bandeng Asap, Bandeng Boneless, Teriyaki Bandeng dan Pepes Bandeng), (3) untuk mengetahui susunan peringkat produk ikan Bandeng olahan "Juwana" (Bandeng Duri Lunak, Otak-otak Bandeng, Bandeng Asap. Bandeng Boneless, Teriyaki Bandeng dan Pepes Bandeng) berdasarkan sikap dan kepuasan konsumen. Jenis penelitian yang dilakukan adalah explanatory dengan pendekatan studi yang digunakan adalah survey . Penentuan responden secara accidental dengan jumlah responden sebanyak 60 responden yang ditentukan dengan cara linear time function . Analisa data yang digunakan meliputi anlisa deskriptif, uji validitas kuisioner, uji reliabilitas kuisioner, multiatribut fishbein untuk mengukur sikap konsumen, dan importance performance analysis untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen. 3 Sikap konsumen terhadap 6 produk ikan Bandeng olahan "Juwana" beragam tingkat intensitasnya. Mulai dari sikap yang positif sampai sikap yang netral atau biasa. Sikap konsumen terhadap Bandeng Duri Lunak, Otak-otak Bandeng, Bandeng Asap dan Bandeng Boneless bersifat positif. Hal ini menggambarkan bahwa atribut harga, rasa, daya awet, perawatan dan kemasan produk hampir sesuai dengan keyakinan konsumen. Untuk atribut harga produk Bandeng Duri Lunak, Otak-otak Bandeng, Bandeng Asap dan Bandeng Boneless dirasa konsumen masih terlalu tinggi, kualitas rasa produk Otak-otak Bandeng, Bandeng Asap dan Bandeng Boneless yang kurang sesuai dengan selera konsumen, daya awet produk Otak-otak Bandeng, Bandeng Asap dan Bandeng Boneless yang relatif singkat. Akan tetapi untuk atribut perawatan dan kemasan produk Bandeng Duri Lunak, Otak-otak Bandeng, Bandeng Asap, dan Bandeng Boneless sudah sesuai dengan keyakinan konsumen yaitu perawatan produk yang mudah serta kemasan produk yang praktis dan menarik. Sedangkan sikap konsumen terhdap produk Teriyaki Bandeng dan Pepes Bandeng bersifat netral atau biasa, hal ini menunjukkan bahwa ada beberapa atribut produk yang kurang sesuai dengan keyakinan konsumen diantaranya yaitu, harga produk yang dirasa konsumen masih terlalu tinggi, kualitas rasa yang kurang sesuai dengan selera konsumen, daya awet produk yang relatif singkat, perawatan produk yang kurang praktis, dan kemasan produk Pepes Bandeng yang kurang menarik. Tingkat kepuasan konsumen terhadap 6 produk ikan Bandeng olahan "Juwana" bervariasi. Mulai dari tingkat kepuasan konsumen yang tinggi sampai tingkat kepuasan konsumen yang sedang. Tingkat kepuasan konsumen terhadap Bandeng Duri Lunak dan Otak-otak Bandeng bernilai tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa atribut rasa, daya awet, perawatan dan kemasan produk Bandeng Duri Lunak dan Otak-otak Bandeng hampir sesuai dengan harapan konsumen, sedangkan untuk atribut harga yang ditawarkan produsen dirasa konsumen masih terlalu tinggi. Dan tingkat kepuasan konsumen terhadap produk Bandeng Asap, Bandeng Boneless, Teriyaki Bandeng dan Pepes Bandeng bernilai sedang, hal ini disebabkan karena atribut harga produk Bandeng Asap, Bandeng Boneless, Teriyaki Bandeng, dan Pepes Bandeng yang ditawarkan produsen dirasa konsumen masih terlalu tinggi, kualitas rasa produk yang kurang sesuai dengan selera konsumen, daya awet produk yang relatif singkat, perawatan produk yang kurang praktis serta kemasan produk Pepes Bandeng yang kurang menarik. Berdasarkan sikap dan tingkat kepuasan konsumen terhadap 6 produk ikan Bandeng olahan "Juwana" di atas maka diperoleh peringkat kesukaan konsumen sebagai berikut : peringkat ke-satu Bandeng Duri Lunak, peringkat ke-dua Otak-otak Bandeng, peringkat ke-tiga Bandeng Asap, peringkat ke-empat Bandeng Boneless, peringkat ke-lima Teriyaki Bandeng, dan peringkat ke-enam Pepes Bandeng. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan maka dapat disarankan hendaknya produsen melakukan penurunan harga produk misalnya dengan memperkecil sedikit ukuran ikan Bandeng dan sebaiknya dilakukan pemberian diskon atau potongan harga untuk setiap pembelian diatas nilai tertentu, melakukan penelitian lebih lanjut mengenai selera konsumen serta menampilkan kekhasan produk ikan Bandeng olahan "Juwana", meningkatkan daya awet produk dengan tetap menjaga harga produk yang tidak terlalu tinggi serta kualitas rasa produk yang tetap terjamin, memudahkan perawatan produk dengan memberikan alternatif cara perawatan produk kepada konsumen misalnya menginformasikan bahwa produk akan tahan lebih lama jika disimpan dalam lemari pendingin dengan membungkus produk menggunakan kertas aluminium foil , melakukan perbaikan kemasan untuk produk Pepes Bandeng agar lebih praktis dan tampak lebih menarik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2007/179/050803261
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Oct 2008 09:43
Last Modified: 28 Dec 2021 06:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/132305
[thumbnail of 050803261.pdf]
Preview
Text
050803261.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item