jasrin, D (2007) Analisis Ekspor Ikan Hias Di Koperasi Kota Bogor Unit Usaha Perikanan CV.Colisa Aquaria Dalam Menghadapi Liberalisme Perdagangan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Potensi perikanan nasional Negara Indonesia memiliki prospek yang cerah dimasa depan.Menurut Rahardi (1993),luas perairan umum di Indonesia saat ini ± 14 juta ha, meliputi 11,95 juta ha sungai dan rawa, 1,78 juta ha danau alam serta 0,03 juta ha danau buatan.Di perairan tersebut hidup bermacam – macam jenis ikan.Hal ini merupakan potensi alami yang sangat bagus untuk pengembangan usaha perikanan di Indoonesia. Seiring dengan pergeseran pola konsumsi ikan dari pemenuhan kebutuhan pangan ke arah pemuasan rohani, dunia perdagangan ikan hias mulai mendapat perhatian yang serius dari masyarakat. Dengan adanya keinginan masyarakat untuk menikmati, memiliki, dan membudidayakan ikan hias baik dalam akuarium maupun dikolam. Kondisi ini tidak disia-siakan oleh para pemilik modal untuk mencapai keuntungan yang sebesar-besarnya, sehingga kesempatan yang ada menyebabkan para pedagang menjadikan bisnis ikan hias sebagai mata pencaharian yang sangat menjanjikan. Penelitian ini dilakukan di Koperasi Kota Bogor Unit Usaha Perikanan CV.Colisa Aquaria , Bogor Pada Bulan Februari – Maret 2007.Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat ekspor ikan hias dalam menghadapi liberalisme perdagangan. Mencari alternaif pemecahan permasalahan tingkat daya saing ekspor komoditas ikan hias Indonesia.Dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh liberalisme perdagangan terhadap ekspor ikan hias. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan jenis data primer dan sekunder, serta menggunakan metode analisis data regresi linear berganda Hasil dugaan menunjukan bahwa persamaan volume ekspor ikan hias indonesia berhubungan positif dengan volume produksi ikan hias indonesia dan harga ikan hias dunia.Volume ekspor ikan hias indonesia berhubungan secara negatif dengan peminat ikan hias domestik dan harga ikan hias yang berlaku di indonesia.Hasil analisis menunjukan nilai F hitung sebesar 265,486 dimana nilai tersebut lebih besar dari F tabel (4,02) pada tarif kepercayaan 90% atau a = 10 %.Hal ini berarti secara statistik keseluruhan varibel indenpenden yang dimasukan dalam model secara bersama – sama berpengaruh terhadap ekspor ikan hias Indonesia Nilai koefesien determinasi dari hasil analisuss adalah sebesar 0,968.Hal ini menunjukan bahwa 96,08 % variabel ekspor ikan hias indonesia dapat dijelaskan oleh variabel bebas seperti ; Minat Ikan Hias Domestik,Harga Ikan Hias di Pasar Internasional, Harga Ikan Hias Domestik, dan Produksi Ikan Hias. yang dimasukan dalam model,sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam model. Berdasarkan uji t, faktor – faktor yang mempengaruhi ekspor ikan hias indonesia adalah sebagai berikut : Minat Ikan Hias Domestik ( MIHD ), dimana Peminat ikan hias domestik berpengaruh secara nyata terhadap ekspor ikan hias indonesia.Hal ini bisa dilihat dari nilai t. hitung (0,104).lebih kecil dari nilai t tabel (1,310). Pada tingkat kepercayaan 90% atau a = 0,010.,Harga Ikan Hias di Pasar Internasional ( HIPI ),dimana Dari hasil analisis menunjukan produksi ikan hias dalam negeri berpengaruh secara nyata terhadap ekspor ikan hias indonesia. Hasil uji t diperoleh t hitung sebesar 2,710, pada taraf kepercayaan 90%,dimana nialai tersebut lebih besarl dari t tabel 1,310. Harga Ikan Hias Domestik ( HIHD ), dimana Hasil uji t pada variabel harga dunia ikan hias diperoleh t hitung sebesar 1,653 pada taraf kepercayaan 90 % dimana nilai tersebut lebih besar dari t tabel 1,310.Hal ini berarti variabel harga dunia berpengaruh secara nyata terhadap volume ekspor ikan hias indonesia. Produksi Ikan Hias (PIH), Dari hasil analisis menunjukan produksi ikan hias dalam negeri berpengaruh secara nyata terhadap ekspor ikan hias indonesia. Hasil uji t diperoleh t hitung sebesar 5,895 pada taraf kepercayaan 90%,dimana nilai tersebut lebih besar dari t tabel 1,310, Hal ini berarti setiap peningkatan produksi ikan hias dalam negeri akan mempengaruhi volume ekspor ikan hias Indonesia. Ikan hias indonesia sejak awal dibudidayakan merupakan komoditas yang ditujukan untuk ekspor Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa : Dari hasil analisis yang dilakukan, variabel – variabel bebas yang digunakan seperti ; minat ikan hias domestik, harga ikan hias di pasar internasional, harga ikan hias domestik, serta produksi ikan hias, sebagian besar berpengaruh secara nyata terhadap peningkatan ekspor ikan hias. Peningkatan produksi, pelayanan terhadap konsumen baik itu dari segi kuantitas maupun kualitas, serta tetap konsisten dalam menjaga kepercayaan yang telah diberikan para konsumen merupakan solusi agar tetap dapat bersaing dalam perdagangan ekspor ikan hias. Dengan diberlakukannya liberalisasi perdagangan, memberikan peluang dan kebebasan kepada para eksportir, khususnya eksportir ikan hias untuk melakukan transaksi perdagangan ke negara manapun.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPR/2007/178/050803260 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 25 Oct 2008 09:53 |
Last Modified: | 28 Dec 2021 06:30 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/132304 |
Preview |
Text
050803260.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |