Pengaruh Store Atmosphere Dan Lokasi Toko Terhadap Minat Beli Konsumen Dapoer Qoe, Malang

Fitri, Hervinda Aini (2018) Pengaruh Store Atmosphere Dan Lokasi Toko Terhadap Minat Beli Konsumen Dapoer Qoe, Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Minimarket Dapoer merupakan salah satu minimarket milik perorangan yang belokasi di Kota Malang. Berbeda dengan minimarket pada umumnya, Dapoer Qoe berfokus menjual sayuran dan buah-buahan. Pada lima tahun terakhir terjadi penurunan konsumsi buah dan sayur. Hal tersebut menandakan terjadi penurun minat beli masyarakat terhadap buah dan sayur. Penurunan minat beli tersebut mengakibatkan terjadinya penurunan jumlah transaksi pembelian di Dapoer Qoe. Sebagai pemasar, Dapoer Qoe harus menarik minat beli konsumen untuk mempertahankan eksistensinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh store atmosphere dan lokasi toko terhadap minat beli konsumen dan mengidentifikasi variabel yang paling dominan mempengaruhi minat beli konsumen Dapoer Qoe Malang. Lokasi penelitian berada di Dapoer Qoe Jl. Danau Bratan Raya C3/A12, Kelurahan Lesanpuro, Kecamatan Kedungkandang, Malang pada Januari 2018. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode accidental sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah Partial Least Squares - Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dengan alat analisis SmartPLS 2.0. Berdasarkan hasil penelitian, variabel pembentuk store atmosphere yang terdiri dari eksterior toko, general interior, store layout, interior display, dan human variables mempengaruhi minat beli konsumen secara signifikan dan positif. Masing-masing variabel memiliki pengaruh langsung (direct effect) terhadap minat beli konsumen Dapoer Qoe. Variabel eksterior toko memiliki nilai koefisien sebesar 0.207, general interior 0.121, store layout 0.150, interior display 0.176, dan human variables sebesar 0.223. Variabel lokasi toko juga mempengaruhi variabel minat beli konsumen Dapoer Qoe secara signifikan dan positif dengan nilai koefisien sebesar 0.154. Variabel yang dominan mempengaruhi minat beli adalah human variables dengan nilai koefisien tertinggi yaitu 0,223. Saran dalam penelitian ini adalah untuk tetap meningkatkan pelayanan terkait human variables dengan menerapkan senyum, sapa, salam oleh pegawai, serta lebih aktif berkomunikasi dengan konsumen yang membutuhkan. Selain itu juga terdapat keluhan terkait general interior toko khususnya kebersihan dan aroma, salah satu usaha yang dapat dilakukan dalam peningkatan general interior yaitu dengan menjadwalkan kegiatan pembersihan ruangan secara menyeluruh minimal dua kali seminggu, serta memberikan pengharum ruangan.

English Abstract

Minimarket Dapoer Qoe is one of the minimarkets owned by individuals that located in Malang City. Minimarket Dapoer Qoe focuses on selling vegetables and fruits. Consumption of fruits and vegetables has been decrease for the last five years. It indicates that consumer’s purchase intention of fruits and vegetables has been decrease too. The decrease in purchase intention made a decrease in number of Dapoer Qoe’s purchase transactions. As marketer, Dapoer Qoe must increase demand in order to maintain its existence with attracting consumer purchase intention. Purposes in this research are (1) to analyze the effect of store atmosphere and store location on consumer purchase intention and (2) to identify the most dominant factor affecting consumer purchase intention Dapoer Qoe, Malang. Research location at Dapoer Qoe Jl. Danau Bratan Raya C3/A12, Kelurahan Lesanpuro, Kecamatan Kedungkandang, Malang in January 2018. Sampling technique in this research is non-probability sampling with accidental sampling method. The research method is Partial Least Squares - Structural Equation Modeling (PLS-SEM) using SmartPLS 2.0. Based on result shown that variables forming store atmosphere which consisting of exterior, general interior, store layout, interior display, and human variables affect the purchase intention variabel positively and significantly. Each variable have a direct effect toward consumer purchase intention. Exterior variable have coefficient value of 0.207, general interior 0.121, store layout 0.150, interior display 0.176, and coefficient value of human variables is 0.223. Store location variable also effect toward consumer purchase intention significantly and positively with coefficient value of 0.154. Dominant factor that affect purchase intention is human variables with path coefficient value 0,233. The suggestions for Dapoer Qoe are to improve services from the employee side by giving out smile and greetings and actively communicate with consumers who need help. In addition there are also complaints related to the general interior of the store, especially cleanliness and odor. One effort that can be done in general interior improvement is to plan a thorough cleaning schedule of the room at least twice a week, and provide air freshener.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/518/051809629
Uncontrolled Keywords: Store Atmosphere, Lokasi Toko, Minat Beli Konsumen
Subjects: 300 Social sciences > 381 Commerce (Trade) > 381.4 Specific products and services > 381.41 Product of agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 20 Feb 2019 04:03
Last Modified: 19 Oct 2021 07:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13227
[thumbnail of HERVINDA AINI FITRI.pdf]
Preview
Text
HERVINDA AINI FITRI.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item