Strategi Komunikasi Partisipasi Pemangku Kepentingan Dalam Pengembangan Desa Wisata Dengan Pendekatan Konsep Pariwisata Berbasis Masyarakat (Studi Kasus: Desa Sawahan, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek).

Nurdin., Rini Lia (2018) Strategi Komunikasi Partisipasi Pemangku Kepentingan Dalam Pengembangan Desa Wisata Dengan Pendekatan Konsep Pariwisata Berbasis Masyarakat (Studi Kasus: Desa Sawahan, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangunan sektor pariwisata merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan ekonomi masyarakat. Salah satu upaya untuk mengembangkan pariwisata secara berkelanjutan adalah menerapkan konsep pariwisata berbasis masyarakat. Salah satu contoh penerapan konsep pariwisata berbasis masyarakat adalah Desa Wisata Durensari Sawahan di Kabupaten Trenggalek. Pengembangan desa wisata ini masih belum maksimal apabila dibandingkan dengan wisata sejenis yang dikelola oleh perhutani. Hal ini diindikasikan belum optimalnya peran partisipasi pemangku kepentingan khususnya pihak pemerintah, dimana selama terbentuknya desa wisata jarang bahkan hampir tidak pernah diadakan pelatihan kepada masyarakat setempat dalam pengembangan Desa Wisata Durensari Sawahan ini. Oleh sebab itu, penelitian ini perlu dilakukan guna mengetahui strategi komunikasi untuk meningkatkan partisipasi dan masing-masing pemangku kepentingan dalam pengembangan Desa Wisata. Penelitian ini bertujuan: (1) mengidentifikasi peran pemangku kepentingan yang terlibat dalam pengembangan desa wisata (2) mendiskripsikan partisipasi pemangku kepentingan dalam pengembangan Desa Wisata. (3) mengidentifikasi strategi komunikasi partisipatif pemangku kepentingan dalam pengembangan desa wisata. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Penentuan lokasi peneliatian dilakukan secara sengaja yaitu di Desa Wisata Durensari Sawahan Kabupaten Trenggalek. Metode penentuan informan kunci dan informan pendukung dilakukan secara purposive dengan total 2 informan kunci dan 10 informan pendukung. Metode analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles and Huberman. Hasil dan penelitian ini adalah: (1) Pemangku kepentingan internal dalam Desa Wisata Durensari Sawahan adalah Kepada Desa dan Ketua Kelompok Sadar yang berperan mengatur dan menjalankan kegiatan Desa Wisata Durensari. Pemangku kepentingan Eksternal desa wisata adalah masyarakat, pengunjung dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek yang berperan membantu proses kegiatan (2) Partisipasi pemangku kepentingan internal dapat berlajan seluruhnya mulai dan tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Partisipasi pemangku kepentingan eksternal hanya berjalan pada tahap pelaksanaan. (3) Strategi komunikasi partisipatif antar pemangku kepentingan didasarkan pada Akses, partisipasi, dan Selfi-manajemen dapat dikatakan baik. Berdasarkan unsur strategi komunikasi dapat dikatakan baik. Saran yang diberikan oleh peneliti yaitu: (1) Pengurus desa wisata dapat melibatkan stakeholder eksternal khususnya pihak swasta untuk mendukung pengembangan desa wisata durensari sawahan (2) Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek seharusnya mengadakan pembinaan dan pelatihan khusus untuk Desa Wisata Durensari Sawahan.

English Abstract

The development of the tourism sector is one of the efforts in improving the economic community both locally and globally. One of the efforts to develop tourism in a sustainable manner is to apply the concept of community-based tourism. One example of applying the concept of community-based tourism is the Durensari Sawahan Tourism Village in Trenggalek Regency. The development of this tourist village is still not maximal when compared with similar tours managed by perhutani. This is indicated not yet optimal role of stakeholder participation, especially the government, where during the formation of rarely tourism village even hardly ever held training to the local community in the development of this Durensari Sawahan Tourism Village. Therefore, this research needs to be done in order to know the communication strategy to increase the participation of each stakeholder in the development of Tourism Village This study aims to: (1) identify the role of stakeholders involved in developing tourist villages (2) to describe stakeholder participation in tourism village development. (3) to identify stakeholder participatory communication strategey in tourism village development. This type of research is qualitative with case study method. Determination of location peneliatian done deliberately that is in Tourism Village Durensari Sawahan Trenggalek Regency. The method of determining key informants and supporting informants was done purposively with a total of 2 key informants and 10 supporting informants. Data analysis method used is interactive model Miles and Huberman. The results of this research are: (1) Internal stakeholders in Durensari Sawahan Tourism Village are to the Village and Head of Durensari Conscious Tourism Group. Stakeholders External tourist village is the community, visitors and the Department of Tourism and Culture District Trenggalek. (2) Participation of internal stakeholders can run entirely starting from the planning, implementation and evaluation stages. The participation of external stakeholders only runs at the stage of implementation (3) Participatory communication processes between stakeholders are based on Access, participation, and Selft-management can be said to be good. Based on the elements of communication strategy can be said either. Suggestions given by the researcher are: (1) The management of tourism village can involve external stakeholders especially the privat sector to support development of Durensari Sawahan tourism village. (2) Department of Tourism and Culture of Trenggalek Regency should hold special training and founding for Tourism Village Durensari Sawahan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/517/051809628
Uncontrolled Keywords: Kepariwisataan, Strategi Komunikasi, Pemangku Kepentingan, Desa Wisata
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 22 Nov 2018 07:24
Last Modified: 19 Oct 2021 06:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13225
[thumbnail of Rini Lia Nurdin.pdf]
Preview
Text
Rini Lia Nurdin.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item