AkbarAlfaritzi (2007) Analisa Strategi Promosi PT. Bumi Lamongan Sejati pada Wisata Bahari Lamongan Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Promosi merupakan suatu sarana komunikasi yang menghubungkan produsen dan konsumen yang dapat memberikan informasi, memperkenalkan produk, serta mempengaruhi konsumen untuk dapat menciptakan permintaan atas produk, yang pada gilirannya dipelihara dan dikembangkan. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Bumi Lamongan Sejati, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan Propinsi Jawa Timur. Penelitian dilaksanakan pada Oktober November 2006. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Profil tentang objek Wisata Bahari Lamongan 2) Identifikasi faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal perusahaan 3) Strategi promosi yang digunakan oleh perusahaan dalam menjalankan objek wisata bahari 4) Alternatif strategi promosi perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif dengan teknik studi kasus. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, kuisioner dan studi kepustakaan. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif menggunakan analisis internal dan eksternal serta analisis SWOT sedangkan analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis IFAS, EFAS dan Matrik Internal-Eksternal serta penentuan posisi pada kuadran Matrik SWOT. Wisata Bahari Lamongan (WBL) merupakan pengembangan dari obyek wisata Tanjung Kodok dan Gua Istana Maharani, berdiri pada tanggal 14 November 2004, merupakan hasil kerjasama antara pemerintah daerah kabupaten Lamongan dengan PT. Bunga Wangsa Sejati dan membentuk PT. Bumi Lamongan Sejati sebagai pengelolanya. Sarana dan fasilitas yang dimiliki antara lain: berbagai permainan laut (wahana bahari), goa alami, permainan ketangkasan (wahana dunia fantasi), wisata edukasi dan budaya. Serta fasilitas pendukung yang lengkap antara lain masjid, area parkir, souvenir shop , pasar ikan, pasar buah dan sayur, restoran serta Tanjung Kodok Beach Resort. Hasil dari identifikasi faktor lingkungan internal dan eksternal perusahaan bahwa faktor internal perusahaan (sumber daya manusia, keuangan, pemasaran) mendukung untuk mencapai tujuan perusahaan. Dan ada beberapa faktor eksternal perusahaan (teknologi, konsumen, pasar) yang mendukung perusahaan dan sisanya menjadi ancaman/penghambat (pesaing, politik, ekonomi). Kegiatan promosi obyek Wisata Bahari Lamongan dilakukan oleh pihak pengelola dan Pemerintah Kabupaten Lamongan. Kegiatan promosi yang dilakukan oleh pihak pengelola adalah melalui pemasangan umbul-umbul, spanduk, baliho, billboard , brosur, stiker, media massa, pameran, televisi dan radio. Serta malalui program sales trip ke institusi-institusi pendidikan serta perusahaan-perusahaan dibeberapa kota di Jawa Timur dan pembuatan paket tiket. Sedangkan kegiatan promosi yang dilakukan Pemerintah Daerah setempat adalah melalui radio pada saat liburan sekolah, promosi pada televisi (melalui program Rona-Rona, Keranda Pariwisata, Horison, serta Anugerah Wisata Nusantara), promosi melalui pameran-pameran (MTF/ Majapahit Travel Fair , Pekan Budaya Indonesia di TMII, Semanggi Expo, Borobudur Fair ) serta pemilihan Duta Pariwisata yang diadakan setiap tahun. Alternatif strategi promosi yang dapat digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan, antara lain: 1) Personal selling yaitu: Mengikuti kegiatan promosi bersama (pameran) yang bertemakan pariwisata berskala nasional ataupun mengadakan road show , mengadakan presentasi penjualan ke perusahaan ataupun instansi dan sekolah-sekolah yang berpotensi secara berkala dan kontinyu, Bekerja sama dengan biro wisata dan travel dalam membuat paket wisata. 2) Sales promotion yaitu: Memberikan peket diskon yang lebih beragam, Memberikan voucher berkala, Melakukan co branding dengan perusahaan sejenis (bidang pariwisata), Pembuatan kartu member. 3) Advertising yaitu: penggunaan iklan melalui internet ( e-commerce ), Pembuatan iklan cetak dan katalog wisata dengan pihak media massa cetak yang berskala nasional dan disimpan di Bandara atau di backseat pesawat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPR/2007/11/050802979 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 13 Oct 2008 14:07 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 16:05 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/132239 |
Preview |
Text
050802979.pdf Download (8MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |