Khotimah, Chusnul (2017) Persepsi Petani Terhadap Citra Merek (Brand Image) Pupuk Npk Pada Usahatani Sedap Malam (Kasus Di Desa Rembang, Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pupuk merupakan salah satu input yang digunakan oleh petani untuk meningkatkan produktivitas pertanian terutama dalam usahatani sedap malam. Penggunaan pupuk berhubungan dengan ketersediaan atau kecukupan unsur hara yang diperlukan oleh tanaman. Terdapat 16 unsur hara yang diserap oleh tanaman, yaitu tiga unsur hara seperti Carbon, Hidrogen, dan Oksigen diperoleh dari udara, sedangkan ke 13 unsur lainnya tersedia didalam tanah adalah Nitrogen (N), Pospor (P), Kalium (K), Calsium (Ca), Magnesium (Mg), Sulfur (S), Klorin (Cl), Ferum atau Besi (Fe), Mangan (Mn), Tembaga (Cu), Zink atau Seng (Zn), Boron (B) dan Molibdenum (Mo). Ketiga belas unsur hara yang beraneka ragam disediakan oleh perusahaan pupuk yang beredar dipasaran. Unsur hara tersebut harus terpenuhi agar tanaman sedap malam bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal. Dalam kegiatan usahatani sedap malam, Petani di Desa Rembang sering dihadapkan pada beberapa masalah pemilihan merek pupuk NPK. Seperti pupuk NPK Phonska dan Yara Mila yang banyak digunakan oleh petani di Desa Rembang dalam usahatani sedap malam. Kedua merek tersebut merupakan pupuk majemuk yang mengandung unsur utama N, P, K dengan perbandingan (15% N, 15% P, 15% K) pupuk NPK Phonska dan (16% N, 16% P, 16% K) pupuk NPK Yara Mila. Pupuk NPK Phonska diproduksi oleh PT Petrokimia Gresik sedangkan pupuk NPK Yara Mila diproduksi oleh Yara Internasional ASA dari Norwegia. Kedua perusahaan tersebut bersaing untuk menarik minat petani dengan menciptakan citra merek melalui keunggulan masing-masing produk. Dalam membeli pupuk NPK petani dihadapkan pada beberapa masalah terkait pemilihan jenis dan merek pupuk NPK. Permasalahan mendasar yang dihadapi adalah berubahnya persepsi petani terhadap citra merek pupuk NPK Phonska yang lebih dulu berkembang di daerah penelitian. Karena beberapa atribut yang dimiliki oleh pupuk NPK Phonska belum menjalankan fungsinya dan belum tersampaikan dengan baik kepada petani. Permasalahan tersebut dapat menciptakan peluang bagi kompetitor lain yang ingin memanfaatkan kondisi tersebut dengan menarik minat beli petani melalui citra merek (brand image) yang ditawarkan. Seperti pupuk NPK Yara Mila yang telah memiliki strategi citra merek dengan persepsi positif dibenak petani melalui keunggulan kualitas, mudah didapatkan dan selalu tersedia di pasar. Adanya permasalahan tersebut, maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan atribut yang membangun citra merek (brand image) pupuk NPK Phonska dan Yara Mila dan menganalisis persepsi petani terhadap citra merek (brand image) pupuk NPK Phonska dan Yara Mila pada usahatani sedap malam. Metode penentuan lokasi penelitian di Desa Rembang dilaksanakan secara pusposive, dengan pertimbangan bahwa Desa Rembang sebagai sentra penghasil sedap malam terbesar di Kabupaten Pasuruan dan beberapa petani menggunakan pupuk NPK dalam kegiatan usahatani sedap malam. Metode penentuan petani contoh dalam penelitian ini menggunakan metode probability sampling dengan cara simple random sampling yaitu pengambilan sampel pada anggota populasi dengan pertimbangan petani sedap malam yang relatif homogen, yaitu petani yang memiliki luas lahan sekitar 1 – 2 ha dan pernah menggunakan pupuk NPK Phonska dan Yara Mila. Pengambilan sampel menggunakan metode undian dengan mengambil nomor responden dan yang terpilih akan dijadikan sebagai responden. Jumlah sampel minimal ditentukan dengan rumus Slovin karena jumlah populasi petani sedap malam sudah diketahui yaitu berjumlah 80 orang dan toleransi kesalahan 10%, sehingga didapatkan sampel sebanyak 44 petani. Pada penelitian ini menggunakan tiga jenis analisis, yaitu analisis uji instrument data, analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Analisis uji instrument data meliputi uji validitas dan reliabilitas pada masing-masing atribut setiap merek. Analisis kualitatif dilakukan untuk mendeskripsikan data yang telah terkumpul, sehingga dapat memudahkan pembaca dalam memahami makna yang ingin disampaikan oleh peneliti. Analisis kuantitatif terdiri dari skala pengukuran yang menggunakan uji Cochran q test untuk mengetahui atribut yang membangun citra merek pupuk NPK Phonska dan Yara Mila, dan perhitungan mean untuk mengetahui skor rata-rata atribut pupuk NPK Phonska dan Yara Mila. Hasil penelitian adalah 1) Atribut yang membangun citra merek pupuk NPK Phonska adalah harga, kualitas bunga, kemudahan diperoleh, keandalan produk, merek perusahaan, kesesuaian kesan merek, bahan kemasan, bentuk pupuk dan desain logo. Sedangkan atribut yang membangun citra merek pupuk NPK Yara Mila adalah harga, kualitas bunga, kandungan unsur hara, keandalan produk, merek perusahaan, kesesuaian kesan merek, dan desain logo. 2) Persepsi petani terhadap citra merek pupuk NPK Phonska sangat setuju (positif) pada atribut keandalan produk dan merek perusahaan dengan skor rata-rata 4,4 dan 4 poin. Adapun persepsi petani terhadap citra merek pupuk NPK Yara Mila sangat setuju (positif) pada atribut kualitas bunga, harga dan kandungan unsur hara dengan skor rata-rata 4,11 dan 4,2 poin. Dari hasil penelitian diharapkan produsen pupuk melakukan perbaikan atribut yang kurang dipertimbangkan oleh petani yaitu atribut kandungan unsur hara dan kemudahan diucapkan, atribut kemudahan diperoleh, bahan kemasan dan bentuk pupuk serta mempertahankan atribut yang memiliki persepsi positif dibenak petani yaitu atribut keandalan produk dan merek perusahaan untuk PT Petrokimia Gresik sedangkan atribut kualitas, harga dan kandungan unsur hara untuk Yara Internasional ASA.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2017/73/051702174 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 631 Specific techniques; apparatus, equipment materials > 631.8 Fertilizers, soil conditioners, growth regulators |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Sugiantoro |
Date Deposited: | 13 Apr 2017 13:38 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 07:39 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/132163 |
Preview |
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text
SKRIPSI.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |