Pengaruh Pemberian Kitosan Terhadap Infeksi Turnip Mosaic Virus (Tumv) Pada Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Sawi (Brassica Juncea L.)

NurilNastiti, Azhari (2017) Pengaruh Pemberian Kitosan Terhadap Infeksi Turnip Mosaic Virus (Tumv) Pada Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Sawi (Brassica Juncea L.). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sawi hijau Brassica juncea L. memiliki nilai ekonomis tinggi setelah kubis dan brokoli. Selain itu, tanaman ini juga mengandung mineral, vitamin, protein dan kalori. Produksi tanaman sawi di Indonesia mengalami penurunan dari tahun 2010 ke 2011 sebesar 2.801 ton. Salah satu faktor penurunan produksi dari tanaman sawi ini adalah adanya serangan virus penyakit Turnip Mosaic Virus (TuMV). TuMV merupakan virus penting setelah Cucumber Mosaic Virus yang menginfeksi tanaman sayuran Brassica di beberapa negara, di negara bagian daerah tropis maupun di daerah beriklim sedang. TuMV terutama menyerang tanaman kubis, sawi hijau dan lobak sampai pada tingkat serangan 100% di Asia. Serangan TuMV dapat juga menyebabkan gagal panen pada tanaman sawi. Kitosan adalah polimer yang merupakan modifikasi dari kitin. Kitosan diketahui mempunyai peranan dibidang pertanian sebagai pelapis buah, benih dan sayuran, untuk mengatur agrokimia pupuk, untuk menstimulasi system pertahanan tanaman, pertumbuhan tanaman, produksi tanaman serta melindungi tanaman dari organisme pengganggu tanaman. Penelitian ini digunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 8 perlakuan yakni P0 : kontrol sehat tanpa infeksi TuMV dan kitosan, P1 : Kontrol tanpa perlakuan kitosan. P2 : kitosan 1.0%, P3 : kitosan 1.1%, P4 : kitosan 1.2%, P5 : kitosan 1.3%, P6 : kitosan 1.4%, P7 : kitosan 1.5%. Setiap perlakuan diulang sebanyak 4 kali, sehingga diperoleh 32 percobaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gejala serangan penyakit pada daun tanaman sawi tosakan oleh virus TuMV muncul vein clearing, mosaic dan malformasi. Masa inkubasi yang tercepat adalah pada tanaman sawi yang tidak diberikan kitosan yaitu pada perlakuan P1 7,75 hari setelah inokulasi. Kitosan berpengaruh secara positif terhadap pertumbuhan tanaman dan dapat menghambat serangan TuMV pada tanaman sawi Tosakan. Perlakuan pemberian kitosan yang terbaik adalah pada perlakuan dengan konsentrasi kitosan sebesar 1.1%. Pada tanaman sawi tosakan dapat meningkatkan pertumbuhan dan produksi tanaman sawi, memperpanjang waktu inkubasi, dan menurunkan intensitas serangan virus TuMV. Selanjutnya, pengujian aplikasi semprot kitosan dan aplikasi kitosan dalam menekan TuMV dan serangga vektornya perlu diteliti lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/174/05173271
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 632 Plant injuries, diseases, pests
Divisions: Fakultas Pertanian > Hama dan Penyakit Tanaman
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 18 Apr 2017 10:32
Last Modified: 19 Oct 2021 06:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/132081
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER,_LMBAR_PENGESAHAN_DLL.pdf]
Preview
Text
COVER,_LMBAR_PENGESAHAN_DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN_NURIL.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN_NURIL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item