Kepekaan Beberapa Varietas Jagung (Zea mays L.) terhadap Hama Sitophilus zeamais Motschulsky (Coleoptera: Curculionidae)

MaulidaYahya, Samrotul (2017) Kepekaan Beberapa Varietas Jagung (Zea mays L.) terhadap Hama Sitophilus zeamais Motschulsky (Coleoptera: Curculionidae). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jagung merupakan salah satu bahan pangan penting di Indonesia selain beras. Produksi jagung nasional mulai meningkat setelah tahun 2012. Upaya peningkatan produksi jagung harus disertai dengan penanganan pasca panen untuk menjaga mutu dan kualitas jagung. salah satu permasalahan dalam kegiatan pasca panen adalah kerusakan bahan simpanan akibat serangan hama pasca panen. Sitophilus zeamais merupakan salah satu hama pasca panen pada komoditi jagung. Diperlukan alternatif teknik pengendalian yang aman, praktis, dan ekonomis yaitu dengan mengembangkan varietas tahan terhadapa hama S. zeamais. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei sampai September 2016 di Laboratorium Hama Tumbuhan 1, Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan, Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya, Malang. Penelitian terdiri dari enam perlakuan yaitu jagung varietas Bisma, Bisi 18, Bisi 19, Pioneer 21, Pioneer 29, dan Pertiwi 3. Penelitian mengenai kepekaan enam varietas jagung terhadap hama S. zeamais terdiri dari dua percobaan yaitu (1) Preferensi S. zeamais pada enam varietas jagung dan (2) Pengaruh enam varietas jagung terhadap pertumbuhan dan perkembangan S. zeamais. Berdasarkan hasil penelitian, pada percobaan pertama imago S. zeamais lebih menyukai jagung varietas Pioneer 21 dibandingkan varietas lain untuk berlindung, meletakkan telur, dan aktivitas makan. Hal tersebut dipengaruhi oleh kekerasan biji dan senyawa volatil yang dihasilkan masing-masing varietas jagung. Percobaan kedua menunjukkan bahwa jumlah telur, larva, pupa, imago baru, dan persentase penurunan berat pakan lebih banyak pada jagung varietas Pioneer 29 dibandingkan varietas lain. Hal tersebut dipengaruhi oleh kandungan nutrisi dalam pakan. Sedangkan lama fase telur, larva, pupa, dan siklus hidup lebih singkat pada jagung varietas Pioneer 21 dibandingkan varietas yang lain, hal tersebut dipengaruhi oleh kandungan nutrisi dalam pakan dan kekerasan biji.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/13/051701411
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 632 Plant injuries, diseases, pests
Divisions: Fakultas Pertanian > Hama dan Penyakit Tanaman
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 15 Mar 2017 09:42
Last Modified: 19 Oct 2021 06:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/132037
[thumbnail of Skripsi_Samrotul_Maulida_Yahya_.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Samrotul_Maulida_Yahya_.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item