Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Petani Tebu Pada Pt. Pg. Candi Baru Sidoarjo Jawa Timur

Chotimah, Chusnul (2016) Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Petani Tebu Pada Pt. Pg. Candi Baru Sidoarjo Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keberadaan industri gula di tanah air merupakan salah satu sumber daya yang memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian nasional. Akan tetapi, Industri gula saat ini dihadapkan pada beberapa tantangan permasalahan, diantaranya yaitu semakin terbatasnya luasan areal tanaman tebu dan tidak tersedianya varietas bibit unggul tebu, kurangnya manajemen persediaan bahan baku tebu, manajemen produksi dan operasi yang berakibat pada menurunnya produktivitas industri gula. PT. PG. Candi Baru yang berlokasi di kota Sidoarjo adalah pabrik yang di bangun pada jaman Belanda dan merupakan perusahaan penghasil gula SHS I (Superior Hooft Suiker) atau (Gula Kristal Putih I) yang diharapkan mampu mendukung pemenuhan kebutuhan gula di Indonesia khususnya Jawa Timur. Dalam memperoleh bahan baku PT. PG. Candi Baru Sidoarjo bekerjasama dengan petani tebu rakyat. Loyalitas petani tebu sangat perlu dipertahankan dan mendapatkan perhatian khusus karena petani tebu adalah sasaran utama dalam menyediakan pasokan bahan baku tebu. Oleh karena itu, peneliti ingin mengakaji sejauh mana pengaruh kualitas pelayanan, kesesuaian harga pasok dan reputasi perusahaan terhadap loyalitas petani tebu yang bermitra dengan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap reputasi perusahaan, (2) menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas petani tebu yang bermitra dengan perusahaan, (3) menganalisis pengaruh reputasi terhadap loyalitas petani tebu yang bermitra dengan perusahaan, (4) menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga secara tidak langsung terhadap loyalitas petani tebu melalui reputasi perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di PT. PG. Candi Baru Sidoarjo. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penentuan responden dengan cara Simple Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 40 responden. Data dalam penelitian ini terdiri atas dua jenis, yaitu data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, uji validitas dan reabilitas, analisis regresi linear berganda yang distandarisasi yaitu analisis jalur (Path Analysis). Hasil dari penelitian yaitu; (1) kualitas pelayanan dan harga memiliki pengaruh terhadap reputasi perusahaan dengan nilai koefisien path sebesar 0,340 dan 0,527. Dengan adanya peningkatan kualitas pelayanan dan harga akan meningkatkan reputasi perusahaan. (2) kualitas pelayanan dan harga berpengaruh terhadap loyalitas petani tebu dengan nilai koefisien path sebesar 0,341 dan 0,294. Dengan adanya kualitas pelayanan yang baik dan kebijakan harga yang tinggi dibandingkan pesaing akan meningkatkan loyalitas petani tebu terhadap perusahaan. (3) variabel reputasi perusahaan berpengaruh terhadap loyalitas petani tebu dengan nilai koefisien path sebesar 0,326. Hal ini menunjukkan, semakin tinggi reputasi perusahaan maka akan semakin meningkatkan loyalitas bagi para i ii petani tebu, sebaliknya jika reputasi perusahaan rendah maka loyalitas petani tebu terhadap perusahaan akan rendah. (4) kualitas pelayanan dan harga berpengaruh secara tidak langsung terhadap loyalitas petani tebu melalui variabel reputasi perusahaan yaitu sebesar 0,111 dan 0,172. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan dan harga mampu memperkuat reputasi perusahaan terhadap loyalitas petani tebu. Saran yang dapat diberikan penulis terkait hasil penelitian yang telah diperoleh yaitu; Bagi perusahaan, kualitas pelayanan dan harga atau bagi hasil harus ditingkatkan dan mendapatkan perhatian khusus untuk meningkatkan reputasi perusahaan dan loyalitas petani tebu sehingga perusahaan dapat mencapai produksi maksimal dan dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan. Hal ini dikarenakan dalam perhitungan statistik menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, harga dan reputasi perusahaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas petani tebu yang bermitra dengan PT. PG. Candi Baru Sidoarjo.

English Abstract

The existence of the sugar industry in the country is one of the resources that contribute to the national economy. However, the sugar industry is currently faced several challenging issues, like limited areal extents and the unavailability of sugarcane plants yielding seed varieties of sugarcane, the lack of cane raw material inventory management, production management and operations that result in decreased productivity of the sugar industry. PT. PG. Candi Baru located in Sidoarjo, it is a factory was built in the Dutch colonial era and is a company producing sugar SHS I (Superior Hooft Suiker) or (white sugar I), and is a company expected to support the fulfillment of sugar in Indonesia, especially East Java. In obtaining raw materials PT. PG. Candi Baru Sidoarjo have cooperation with sugarcane farmers. Loyalty sugarcane farmers desperately need to be maintained and special attention for sugarcane farmers are the main targets in the supply of raw material supply of sugarcane. Therefore, researchers wanted examine the extent of the influence of service quality, suitability supply price and the companys reputation loyalty sugar cane farmers in partnership with company. This study aims to: (1) analyze the impact of service quality and price to the reputation of the company, (2) analyze the impact of service quality and price on loyalty sugar cane farmers in partnership with company, (3) analyze the effect on the reputation of loyalty sugar cane farmers in partnership with company, (4) analyze the impact of service quality and prices indirectly to the loyalty of sugarcane farmers through reputation company. This research uses descriptive quantitative method. The research was conducted at PT. PG. Candi Baru Sidoarjo. In this study the researcher use the method to determine the respondents with Simple Random Sampling, total sample of 40 respondents. The data in this study consists of two types, namely primary data and secondary data. Methods of data analysis used in this research is descriptive statistical analysis, validity and reliability, multiple linear regression analysis of standardized namely path analysis (path analysis). The results of the study, namely; (1) service quality and price has an influence on the companys reputation with the path coefficient value of 0.340 and 0.527. With the improvement of service quality and price will increase the companys reputation. (2) service quality and price significantly affects the loyalty of farmers cane with path coefficients of 0.341 and 0.294. With the good service quality and pricing policies than competitors sugarcane farmers will increase loyalty to the company. (3) the variables corporate reputation has a positive and significant impact on loyalty cane farmers with path coefficients of 0.326. It shows that the higher the reputation of the company, will further increase the loyalty for sugarcane farmers, otherwise if the reputation of the company is low, sugar cane farmer loyalty to the company will be low. (4) the variable service quality and price indirect effect on loyalty cane farmers through the companys reputation variable of 0.111 and 0.172. It can be concluded that the service quality iii iv and price were able to strengthen the companys reputation to the loyalty of farmers. Advice can be given corresponding author of research results that have been obtained, namely; For companies, the service quality and price or profit sharing should be increased and special attention to improving the companys reputation and loyalty sugarcane farmers so that companies can achieve maximum production and can achieve a predetermined goal. This is because in the calculation of the statistics shows that the quality of service, price and reputation of the company and significant positive effect on loyalty sugar cane farmers in partnership with PT. PG. Candi Baru Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2016/96/ 051604038
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 30 May 2016 14:32
Last Modified: 30 May 2016 14:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131959
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item