Strategi Pemasaran Keripik Tempe “Pak Sunhaji” (Studi Kasus Di Ukm “Suka Rasa” Desa Ngadisuko Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek)

Zahro, IsnaDyahArofatus (2016) Strategi Pemasaran Keripik Tempe “Pak Sunhaji” (Studi Kasus Di Ukm “Suka Rasa” Desa Ngadisuko Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Usaha kecil dan menengah (UKM) merupakan salah satu pemeran utama dalam kegiatan ekonomi. Hal ini didukung dengan pemanfaatan sumber daya alam lokal sehingga berdampak positif terhadap pembangunan ekonomi dan pemerataan pendapatan. Kontribusi strategis UKM membuat pemerintah terus mengembangkan pertumbuhan UKM di Indonesia, hal tersebut dapat diciptakan dengan mengandalkan potensi lokal yang ada seperti mengembangkan produk makanan dan minuman. Salah satu makanan yang cukup berpotensi untuk dikembangkan adalah kedelai. Kedelai adalah tanaman polong-polongan yang digunakan sebagai bahan dasar makanan salah satunya yaitu keripik tempe. Kabupaten Trenggalek merupakan kabupaten di Jawa Timur yang memproduksi keripik tempe dan menjadikannya sebagai makanan khas. Salah satu penghasil keripik tempe adalah UKM “Suka Rasa” dengan produk keripik tempe “Pak Sunhaji” yang ada di Desa Ngadisuko Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek. Lokasi penjualan yang kurang strategis, tidak dimanfaatkannya bantuan toko, tidak dilakukannya promosi dan banyaknya pesaing yang di Desa Ngadisuko membuat diperlukannya penerapan strategi pemasaran produk. Pemasaran produk yang baik memerlukan strategi pemasaran yang tepat supaya keripik tempe “Pak Sunhaji” dapat berkembang. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi pemasaran pada keripik tempe “Pak Sunhaji”, merumuskan strategi pemasaran yang dapat diterapkan dalam memasarkan keripik tempe “Pak Sunhaji”. Metode penentuan lokasi dilakukan secara purposive. Penentuan responden dilakukan secara purposive, yaitu pemberian kuisioner kepada responden yang dipandang layak menjadi sumber data, pernah membeli keripik tempe “Pak Sunhaji” dan berpengaruh besar terhadap keberlangsungan keripik tempe “Pak Sunhaji”. Total responden sebanyak 30 orang dengan metode pengumpulan data berupa data primer dan data sekunder. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, analisis data yang digunakan yaitu matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT, matriks grand strategy dan QSPM. Hasil dari penelitian ini yaitu faktor internal terdiri dari kualitas produk yang bagus, pelayanan yang ramah dan kekeluargaan, kemudahan mendapat tenaga kerja, memiliki pengalaman usaha, memiliki keahlian, memiliki merk dagang, memiliki ijin usaha, promosi kurang efektif, lokasi penjualan kurang strategis, ii tidak ada pembagian kerja antar tenaga kerja, tidak ada tanggal kadaluarsa, harga produk relatif mahal dan tidak ada pembukuan keuangan. Faktor eksternal terdiri dari makanan khas Kabupaten Trenggalek, dukungan pemerintah daerah, dukungan masyarakat sekitar, peningkatan pertumbuhan penduduk, permintaan konsumen, ketersediaan bahan baku, adanya pesaing usaha, fluktuasi harga bahan baku pendukung, persaingan harga dan selera konsumen yang berubah-ubah. Hasil dari matriks IFE sebesar 2,83 yang menunjukkan bahwa keripik tempe “Pak Sunhaji” berada pada posisi internal yang kuat, sedangkan hasil dari matriks EFE sebesar 3,02 yang menunjukkan bahwa keripik tempe “Pak Sunhaji” berada diatas rata-rata strategisnya. Hasil dari matriks IE menunjukkan bahwa keripik tempe “Pak Sunhaji” berada pada sel II, yaitu tumbuh dan membangun. Hasil dari matriks SWOT menunjukkan bahwa ada 6 strategi alternatif yang dapat diterapkan di untuk memasarkan keripik tempe “Pak Sunhaji”. Hasil dari matriks grand strategy menunjukkan bahwa keripik tempe “Pak Sunhaji” berada pada kuadran I dan harus terus berkonsentrasi pada pasar. Hasil dari analisis QSPM diperoleh prioritas strategi alternatif yang dapat diterapkan untuk memasarkan keripik tempe “Pak Sunhaji” yaitu memperbaiki manajemen pada proses produksi.

English Abstract

Small and medium enterprises (SMEs) have a role in activity economic, its support with utilization of natural resources so have positive impact to development economic and income of country. Contribution strategic of small and medium enterprises make government always develop small and medium enterprises in Indonesia, that’s can be created with rely local potention like development a food and drink. One of food have enough potential to developing is soybean. Soybean is legume which use to basic material one of tempe chips. Trenggalek Regency is regency at East Java which production tempe chips and make this product as special food. One of producer tempe chips is SMEs “Suka Rasa“ with product tempe chips “Pak Sunhaji” in Ngadisuko Village, Durenan, Trenggalek Regency. Location to sell not strategic, not utilized store by government, do’t promotion, and so many competitor in Ngadisuko make need applying of strategy marketing product. Marketing product are good need marketing strategy which appropriate so that tempe chips “Pak Sunhaji” can be develop. The Purposes of this research are to identify internal factor and external factor which influence marketing of tempe chips “Pak Sunhaji”, to formulated marketing strategy can be apply to market tempe chips “Pak Sunhaji”. The method to determine of located is purposively. The respondent determine with purposively, that is give questions to all of people who suitable as source data, ever buy tempe chips “Pak Sunhaji” and have a great effect about continuity tempe chips “Pak Sunhaji”. Total of respondent are 30 person with collect data method primary data and secondary data. The analysis of data use analysis descriptive kualitative, analysis of data which use are IFE matrix, EFE matrix, IE matrix, SWOT matrix, grand strategy matrix and QSPM. The result of this research for internal factors consist of good quality of product, service are friendly and kinship, easy to get employe, have a experience, have a skill, have a brand, have a permission to business, promotion not effective, location to selling not strategic, have not distribution of job between employe, have not expired date, price of product more expensive and have not accountancy financial. The external factors consist of special special food from Trenggalek Regency, support from local government, support from society, increasing of inhabitat, demand of consumer, availability of material, there are competitor, iv fluctuation of addition materials, competitor of price and change of taste consumer. The result from IFE matrix is 2,83 which indicate that Tempe Chips “Pak Sunhaji” in a strong internal position, meanwhile result from EFE matrix is 3,02 which indicated that Tempe Chips “Pak Sunhaji” on top of average strategic. The result from IE matrix indicated that Tempe Chips “Pak Sunhaji” there are in column II, it is grow and build. The result from SWOT matrix have 6 priority alternative strategy which can be apply to market Tempe Chips “Pak Sunhaji”. The result from grand strategy matrix indicated that Tempe Chips “Pak Sunhaji” there are in quadrant I and must continue concentration to market. The result from analysis QSPM that strategic can be apply to market tempe chips “Pak Sunhaji” is repaired management in process production.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2016/955/051613040
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 06 Jan 2017 08:39
Last Modified: 22 Oct 2021 00:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131954
[thumbnail of Skripsi_isna.PDF]
Preview
Other
Skripsi_isna.PDF

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item