Analisis Potensi Dan Strategi Pengembangan Agrowisata Kampung Coklat (Studi Kasus Di Desa Plosorejo Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar Provinsi Jawa Timur)

Gunadi, Harja (2016) Analisis Potensi Dan Strategi Pengembangan Agrowisata Kampung Coklat (Studi Kasus Di Desa Plosorejo Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar Provinsi Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Agrowisata merupakan diversifikasi produk wisata yang menggabungkan aktivitas pertanian (agro) dan rekreasi di sebuah lingkungan pertanian. Ada beberapa konsep agrowisata yang dapat menjadi daya tarik masyakarat untuk mengunjungi wisata tersebut, diantaranya terdapat something to see (ada sesuatu yang dilihat), something to do (ada sesuatu yang bisa dilakukan), dan something to buy (ada sesuatu yang bisa dibeli). Salah satu jenis agrowisata adalah dengan memberikan pembelajaran mengenai suatu komoditas yang memiliki potensi besar di masa depan, contohnya adalah komoditas kakao. Agrowisata yang menawarkan potensi tersebut salah satunya adalah di Kampung Coklat yang terdapat di Kabupaten Blitar. Agrowisata Kampung Coklat merupakan agrowisata yang masih tergolong baru, karena baru dibuka pada 17 Agustus 2014. Sebagai salah satu unit usaha yang masih tergolong baru, Kampung Coklat pasti mengalami berbagai kendala dalam pengembangan usahanya. Kendala tersebut dapat berasal dari faktor internal maupun eksternal dari agrowisata Kampung Coklat. Melihat hal tersebut, perlu adanya suatu perumusan strategi pengembangan untuk mewujudkan peningkatan dan pengembangan potensi yang ada di agrowisata Kampung Coklat. Sehingga rumusan masalah meliputi lingkunagn internal dan eksternal, analisis potensi, serta merumuskan strategi pengembangan yang dapat digunakan oleh agrowisata Kampung Coklat. Dalam penelitian ini menggunakan peentuan responden menggunakan key informan dan para pengunjung dari agrowisata Kampung coklat. Untuk melengkapi informasi dibutuhkan data primer meliputi wawancara, observasi, dan dengan menggunakan kuisioner. Serta data sekunder yang didapat melalui literatur atau pustaka berupa jurnal, artikel, berita, buku dan dokumentasi. Melalui hasil analisis lingkungan internal yang meliputi kekuatan dan kelemahan didapat beberapa faktor utama kekuatan diantaranya pegawai yang kompeten, produk coklat yang bervariasi, dan kegiatan promosi yang bervariasi. Faktor utama kelemahan diantaranya masih kurangnya tenaga kerja, kurangnya kegiatan promosi, dan intensitas promosi yang masih sedikit. Sedangkan analisis eksternal didapat faktor utama peluang adalah pendapatan semakin tinggi, kebutuhan masyarakat wisata kembali ke alam, kebutuhan wisata masyarakat semakin tinggi, kompetitor tidak ada, dan kerjasama dengan pihak lain. Sedangkan faktor utama ancaman terdiri dari kebutuhan manusia untuk ketempat wisata bervariatif, dan banyak obyek wisata yang memiliki banyak wahana wisata. Setelah didapat faktor utama dari lingkungan internal dan eksternal, selanjutnya faktor tersebut dianalisis dengan menggunakan matriks IFE (Internal Factor Evaluation) untuk faktor utama pada lingkungan internal dan matriks EFE (External Factor Evaluation) untuk faktor utama pada lingkungan eksternal. Kemudia digunakan matriks SWOT (Strenght, Weakness, Opportunities, Threats) dengan mengkombinasikan faktor-faktor dari lingkungan internal dan eksternal sehingga didapat beberapa strategi baru. Tahap terakhir adalah menggunakan matriks QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) untuk melihat alternatif strategi yang tepat untuk digunakan oleh pihak agrowisata Kampung Coklat. Hasil dari analisis matriks IFE (Internal Factors Evaluation) menunjukan bahwa hasil tertinggi dari kekuatan adalah produk coklat yang memiliki rasa nikmat dengan total skor sebesaar 0,77. Sedangkan hasil tertinggi yang menjadi kelemahan adalah kurangnya tenaga kerja di agrowista Kampung Coklat dengan total skor sebesar 0,59. Analisis Matriks EFE (Eksternal Factors Evaluation) untuk peluang diperoleh skor tertinggi sebesar 0,52 untuk jumlah kompetitor yang tidak ada dan ancaman yang paling tinggi adalah banyak obyek wisata yang memiliki banyak wahana wisata dengan skor sebesar 0,33. Melihat keseluruhan hasil yang didapat, diperoleh beberapa pilihan strategi alternatif berdasarkan faktor-faktor internal dan eksternal pada matriks IFE dan EFE serta matriks SWOT. Berdasarkan hasil matriks QSPM yang telah dianalisis, nilai daya tarik paling tinggi adalah strategi SO dengan jumlah total daya tarik (TAS) sebesar 4,598. Nilai daya tarik tertinggi kedua dalah pada strategi WO dengan jumlah total daya tarik sebesar 3,164. Tertinggi ketiga adalah strategi ST dengan total nilai daya tarik sebesar 2,290. Sedangkan yang paling rendah adalah strategi WT dengan jumlah nilai daya tarik sebesar 1,422.

English Abstract

Agro tourism is diversification of tourism products that combine agricultural activity (agro) and recreation in a farm environment. There are several concepts agrotourism can be an attraction society to visit the tourist, among them there is something to see (something that is seen), something to do (something can be done), and something to buy (something that can be bought). One type of agrotourism is to provide learning about a commodity that has great potential in the future, for example, is cocoa. Agrotourism which offers the potential of one of them is Kampung Coklat agrotourism contained in Blitar. Kampung Coklat agrotourism is relatively new, having only opened on August 17, 2014. As one of the business units that are relatively new, Kampung Coklat must have experienced difficulties in their business development. These constraints can be derived from internal and external factors of Kampung Coklat agrotourism. Seeing this, needed a formulation of development strategies to achieve improvement and development of agro-tourism potential in Kampung Coklat. So the problem formulation includes internal and external environment, analysis of potential, as well as to formulate development strategies that can be used by Kampung Coklat agrotourism. In this study using determining respondents using key informants and the visitors of Kampung Coklat agrotourism. To complete the information required primary data include interviews, observation, and by using a questionnaire. The secondary data was obtained through literature in the form of journals, articles, news, books and documentation. Through the analysis of internal environment that includes strengths and weaknesses gained several key factors including the strength of a competent employee, chocolate products that taste delicious and varied promotional activities. The main disadvantage of factors including lack of manpower, lack of promotional activities, and the intensity of the promotion is still small. While external analysis of opportunities gained major factor is the higher the income, the needs of people travel back to nature, travel needs of the higher society, competitors do not exist, and the cooperation with other parties. While the main threat fktor consists of the human need for varied tourist place, and many attractions that has many tourist rides. Having obtained the major factors of the internal and external environment, then these factors were analyzed using matrix IFE (Internal Factor Evaluation) for the main factors in the internal environment and the matrix EFE (External Factor Evaluation) for the main factors in the external environment. Then use the matrix SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats) by combining the factors of the internal and external environment in order to get some new strategies. The last step is to use a matrix QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) to look at alternative strategies appropriate for use by Kampung Coklat agrotourism. The results of the analysis matrix IFE (Internal Factors Evaluation) showed that the highest yield of strength is the chocolate products that taste delicious with a total score of sebesaar 0.77. While the highest yield of weakness is the lack of manpower in Kampung agrowista Brown with a total score of 0.59. EFE Matrix Analysis (External Factors Evaluation) for the opportunity obtained the highest score of 0.52 for the number of competitors that do not exist and the highest threat is a lot of tourist attraction which has many tourist rides with a score of 0.33. Look at the overall results obtained, acquired several choices of alternative strategies based on factors internal and external to the IFE and EFE matrix and SWOT matrix. Based on the results QSPM matrix that has been analyzed, the value of the highest appeal is SO strategy with the total number of appeal (TAS) of 4.598. The second highest value dalah appeal in WO strategy with the total amount of 3.164 appeal. The third highest is ST strategy with the total value amounting to 2.290 appeal. While the lowest is WT strategy with the total value amounting to 1.422 appeal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2016/916/051612415
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 01 Dec 2016 13:56
Last Modified: 20 Oct 2021 09:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131919
[thumbnail of Skripsi_Harja_Gunadi-125040101111032_FPUB.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Harja_Gunadi-125040101111032_FPUB.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item