Analisis Sikap dan Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Beras Kemasan Produksi Kelompok Tani “Tunas Baru III” di Desa Kerjen, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar

MeilinaSari, Issa (2016) Analisis Sikap dan Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Beras Kemasan Produksi Kelompok Tani “Tunas Baru III” di Desa Kerjen, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Produsen beras kemasan Kelompok Tani (Poktan) “Tunas Baru III” merupakan kelompok tani yang mampu mengelola usahatani padi menjadi berkembang dengan dihasilkannya produk beras kemasan cap “Burung Hantu”. Melalui program Corporative Farming, petani akan diuntungkan dengan berbagai pihak steakholder yang terlibat seperti pemerintah dan swasta. Beras menjadi salah satu komoditas yang dikembangkan karena menjadi komoditas unggulan di Desa Kerjen. Selain itu, beras merupakan pangan pokok yang cukup dominan dikalangan masyarakat. Perilaku makanan pokok sehari – hari seperti beras, dilandasi oleh kebiasaan makan (food habit), kebiasaan inilah yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih beras, terutama dari segi mutu, cita rasa, kandungan gizi, aspek kesehatan, dan harga. Beras kini tidak hanya tersedia dalam bentuk curah namun berbagai jenis beras dengan kemasan bermerk telah banyak diminati oleh konsumen. Adanya pertimbangan konsumen dalam mengambil keputusan pembelian terhadap suatu produk tertentu juga dipegaruhi oleh sikap individu itu sendiri dan orang lain sebagai kelompok referensi. Tujuan dari penelitian ini (1) menganalisis atribut – atribut yang dipertimbangkan konsumen dalam melakukan keputusan pembelian terhadap beras kemasan, (2) menganalisis hubungan sikap dan perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian beras kemasan cap “Burung Hantu”. Alat analisis yang digunakan untuk menganalisis atribut yaitu uji Cochran Q Test, sedangkan untuk analisis sikap menggunakan Model Sikap Multiciri Fishbien dan Theory of reasoned action digunakan untuk menganalisis maksud perilaku konsumen. Hasil penelitian ini adalah bahwa dari 12 atribut yaitu desain, kemasan, merek, gambar logo, warna beras, bentuk bulir beras, daya tahan beras, aroma beras, dan harga beras, layanan pembelian, ketersediaan beras, dan varietas beras, dan varietas beras hanya 7 atribut yang lolos uji Cochran Q Test. Atribut tersebut yaitu kemasan, merek, warna beras, bentuk bulir beras, daya tahan beras, aroma beras, dan harga beras yang dipertimbangkan oleh konsumen sebagai dasar untuk menentukan sikap terhadap produk beras cap “Burung Hantu”. Hasil analisis sikap menunjukkan rata – rata konsumen mempunyai sikap positif terhadap produk beras kemasan cap “Burung Hantu” dan maksud perilaku terhadap produk yaitu “Bermaksud untuk membeli”. Ada juga konsumen yang mempunyai sikap positif namun maksud dari perilakunya ragu-ragu, sehingga dapat disimpulkan dengan sikap positif tidak selalu diikuti dengan maksud untuk membeli. Untuk produsen beras kemasan cap “Burung Hantu” diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan mempertahankan atribut yang menjadi dipertimbangan konsumen. Serta untuk penelitian selanjutnya dapat mengkaji lebih dalam mengenai perilaku konsumen terhadap beras cap “Burung Hantu”.

English Abstract

Manufacturer of packaging rice Kelompok Tani (Poktan) "Tunas Baru III" is a group of farmers who were able to manage the paddy into rice growing with resultant product packaging label of "Burung Hantu". Farming Corporative through the program, farmers will be benefited with the various parties involved stakeholder such as government and private sectors. Rice became one of the commodities that was developed since become the leading commodity in the village Kerjen. In addition, rice is a staple food that is dominant among the community. The behavior of the main staple food - rice like day, based on the eating habits (food habit), habit is the primary consideration in selecting rice consumers, especially in terms of quality, taste, nutrition value, aspects of health, and the price. Rice is now not only available in bulk form but different types of rice with branded packaging has been much in demand by consumers. The consideration of consumers in making purchasing decisions to a particular product also been affected by the attitudes of individuals themselves and others as the reference group. The purpose of this study (1) analyze the attributes - attributes that consumers consider in making purchasing decisions on rice packaging, (2) analyze the relationship between consumer attitudes and behavior towards purchasing decisions rice packaging with label "Burung Hantu". The analytical tool used to analyze the attributes that Cochran Q test, while for analysis using a Model Attitude Multiciri Fishbien and Theory of reasoned action is used to analyze the behavior consumer purposes. The results of this study is that of the 12 attributes of that design, packaging, brand, logo image, the color of rice grain shape of rice, durability rice, aroma of rice, and the rice price, service purchase, the availability of rice and varieties of rice, and the rice varieties only 7 attributes that pass the test Cochran Q test. These attributes namely packaging, brand, color rice, rice grain shape, durability rice, aroma of rice and rice prices are considered by consumers as the basis for determining attitudes toward rice products stamped "Burung Hantu". Results of the analysis showed the attitude of the average - average consumers have a positive attitude towards the rice product packaging label of "Burung Hantu" and mean behavior towards a product that is "Intend to buy". There are also consumers who have a positive attitude, but the intent of the behavior hesitation, so that it can be concluded with a positive attitude does not always followed with the intention to buy. For rice producers of packaging with label "Burung Hantu" is expected to improve and maintain the quality attributes be considered consumers. As well as for further research can examine more deeply about consumer behavior on rice with label "Burung Hantu".

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2016/829/051610939
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 26 Jan 2017 14:38
Last Modified: 09 Dec 2022 02:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131831
[thumbnail of ISSA MEILINA SARI.pdf] Text
ISSA MEILINA SARI.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item