Analisis Struktur, Perilaku dan Penampilan Pasar Kedelai Lokal (Kasus di Desa Mlorah, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk)

VirgiSwastika, Excel (2016) Analisis Struktur, Perilaku dan Penampilan Pasar Kedelai Lokal (Kasus di Desa Mlorah, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Produksi kedelai di Indonesia mengalami peningkatan pada tahun 2014 sebesar 175,01 ribu ton biji kering atau sekitar 22,44% dibandingkan tahun 2013 dengan produksi terbesar berada di Provinsi Jawa Timur. Salah satu daerah yang memiliki produksi kedelai cukup tinggi di Provinsi Jawa Timur adalah Kabupaten Nganjuk. Menurut Dinas Pertanian Kabupaten Nganjuk (dalam Ningsih et al., 2014), salah satu daerah potensial sebagai sentra kedelai di Kabupaten Nganjuk adalah Kecamatan Rejoso yang memiliki lahan panen kedelai terluas yaitu 2,701 ha atau 29,2% dari luas panen kedelai di Kabupaten Nganjuk serta rata-rata produktivitas kedelai sebesar 2,29 ton/ha pada tahun 2013. Desa Mlorah merupakan salah satu desa penghasil kedelai yang memiliki kondisi ketersediaan air yang dapat dikatakan baik untuk usahatani kedelai. Meskipun demikian, beberapa petani lebih menyukai menanam bawang merah dibandingkan dengan kedelai.Salah satu alasannya adalah bawang merah lebih menguntungkan dibandingkan dengan kedelai lokal.Kedua, petani hanya sebagai price taker dalam pemasaran kedelai lokal di Desa Mlorah, karena petani memiliki ketergantungan pada pedagang.Petani tidak dapat melakukan promosi dengan baik, sehingga memerlukan perantara untuk memasarkan kedelai lokalnya.Diduga karena banyaknya pedagang yang terlibat dalam pemasaran kedelai lokal, terjadi kemungkinan dominasi lembaga pemasaran yang memiliki kekuatan.Hal ini menunjukkan adanya permasalahan dalam pemasaran kedelai lokal di Desa Mlorah yang menyebabkan terjadinya ketidakefisienan pemasaran.Pendekatan SCP dilakukan untuk mengawasi persaingan di pasar dan mengetahui tindakan pasar yang akan mempengaruhi penampilan pasar akibat struktur pasar. Metode untuk menentukan lokasi dengan menggunakan metode purposive.Penentuan responden untuk petani kedelai lokal dengan stratified random sampling, sedangkan responden lembaga pemasaran menggunakan snowball sampling. Untuk menganalisis struktur pasar dilakukan pengukuran terhadap derajat konsentrasi pasar dengan alat analisis IHH, IR, Koefisien Gini, dan CR4, derajat diferensiasi produk, hambatan masuk, serta tingkat pengetahuan pasar. Untuk mengetahui perilaku pasar dilakukan analisis terhadap penetapan harga produk dan tingkat output, kebijakan harga, kelembagaan pemasaran, promosi penjualan, taktik khusus atau tindakan predatory, serta fungsi pemasaran.Pada pengukuran penampilan pasar digunakan alat analisis marjin pemasaran, share harga yang diterima petani, share biaya pemasaran dan share keuntungan, R/C ratio, marketing efficiency index (MEI). Hasil penelitian menunjukkan struktur pasar kedelai lokal di Desa Mlorah memiliki kecenderungan yang merujuk pada struktur pasar persaingan tidak sempurna yaitu pasar oligopoli. Adapun ciri-ciri yang dimunculkan antara lain : (1) konsentrasi pasar didominasi lembaga pemasaran kedelai lokal dengan kriteria dalam pasar oligopoli. (2) bentuk kedelai lokal yang dipasarkan secara umum tidak memiliki diferensiasi produk cukup berarti, akan tetapi berdasarkan pangsa pasar berupa benih dan konsumsi diperlukan diferensiasi grade. (3) meskipuntanpa hambatan yang berarti, dimana terdapat kemungkinan penjual untuk masuk dalam pasar kedelai lokal, melalui penyesuaian terhadap kondisi tertentu sehingga tetap dapat melakukan persaingan dan mempertahankan umur usahanya. (4) pengetahun dan informasi pasar hampir terserap sempurna, kecuali pada informasi terkait pelaku pasar yang mendominasi kesepakatan terbentuknya harga serta posisi kedelai lokal dalam persaingan dengan kedelai import di pasar kedelai nasional. Perilaku pasar kedelai lokal di Desa Mlorah yang terbentuk memenuhi kriteria yang menunjukkan tingkat efisiensi ekonomi. Adapun beberapa kriteria sebagai berikut : (1) metode penetapan harga dan tingkat output yang diterapkan oleh setiap lembaga pemasaran kedelai lokal, didasarkan pada besarnya biaya produksi untuk menghindari rugi, dengan orientasi maksimum laba. (2) kebijakan harga yang dilaksanakan, ditetapkan dan disepakati seluruh lembaga pemasaran kedelai lokal secara tidak langsung ditujukan untuk menjaga kesejahteraan seluruh lembaga pemasaran, melalui upaya harga di tingkat lembaga pemasaran terendah tidak sampai jatuh. (3) kelembagaan pemasaran terbentuk sebagai penghubung lembaga pemasaran dengan pasar kedelai untuk meminimalkan persaingan yang merujuk pada tindakan predatory. (4) taktik khusus dilakukan untuk memperluas pangsa pasar dan memperoleh kepercayaan pelanggan, tidak ada tindakan predatory secara khusus yang terdapat di setiap saluran pemasaran. (5) fungsi pemasaran dilakukan setiap lembaga pemasaran kedelai lokal berdasarkan penetapan spesifikasi masing-masing, untuk menjaga kualitas produk kedelai lokal dan/atau umur usaha yang dijalankan. Penampilan pasar menghasilkan marjin pemasaran, share harga di tingkat petani, share biaya pemasaran dan share keuntungan, R/C ratio, serta MEI yang bervariasi. Saluran pemasaran paling efisien terdapat pada saluran pemasaran III, sedangkan usaha pemasaran kedelai lokal yang paling efisien dilakukan oleh tengkulak, dikarenakan tengkulak mampu menekan biaya pemasaran, menetapkan harga jual tinggi, dan memperbesar keuntungan. Adapun beberapa kriteria sebagai berikut : (1) marjin pemasaran terendah dimiliki oleh saluran pemasaran III, dengan distribusi marjin sebesar 100% di pihak tengkulak. (2) shareharga yang diterima petani paling tinggi berada pada saluran III. (3) nilairata-rata share biaya pemasaran paling rendah dimiliki oleh tengkulak. (4) sharekeuntungan tertinggi dimiliki tengkulak pada saluran pemasaran III. (5) rata-rata R/C ratio tertinggi pada pasar konsumsi dimiliki tengkulak. (6) nilai rata-rata MEI terbesar dimiliki oleh tengkulak.

English Abstract

Soybean production in Indonesia raised in 2014 with an increase of 175.01 thousand tons dry beans or about 22.44% compared to 2013 with the biggest production in East Java. One of the areas which have high enough soybean production in East Java is Nganjuk. According to Department of Agriculture of Nganjuk (in Ningsih, et al., 2014), one of the potential areas as soybean center in Nganjuk is Rejoso District which has the largest soybean harvest area, that is 2.701 ha or 29.2% of the whole soybean harvest area in Nganjuk and the average productivity is 2.29 ton/ha in 2013. Mlorah is one of the soybean-producer villages with good supply of water as well as good for soybean farming. Nevertheless, some farmers prefer to plant onions than to plant soybeans. One reason is that onion is much more profitable than the local soybean. Secondly, farmers are only as price taker in local soybean marketing in Mlorah Village due to their dependence on the traders. The farmers are not able to do the promotion well so that they need the intermediary to market their local soybean. It is supposed that because of many traders do the soybean marketing, there is a possibility of the powerful marketing agency domination. This shows that there is an issue in local soybean marketing in Mlorah Village which causes marketing inefficiency. SCP approach is done to supervise competition in the market and to know the market action which will affect the market performance as the result of market structure. The purposive method is employed to select the location. To determine the respondents, stratified random sampling is used for selecting local soybean farmers and snowball sampling is used for selecting marketing agencies. To analyze the market structure, the measurement of the degree of market concentration is done by utilizing the analysis tool of HHI, RI, Gini Coefficient, CR4, the degree of product differentiation, barrier to entry, and the level of market knowledge. To know the market conduct, the analysis to the product pricing and output level, pricing policy, institutional marketing, sales promotion, special tactics or predatory actions, and marketing function is done. In measuring market performance, the analysis tool of marketing margin, share price received by farmers, share marketing costs, and share profits, R/C ratio, marketing efficiency index (MEI) is utilized. The result shows that local soybean market structure at Mlorah Village has the tendency for market structure of imperfect competition called oligopoly. The emerging traits are (1) market concentration dominated by local soybean marketing agency in the criteria of oligopoly market. (2) the form of local soybean marketed generally do not have enough product differentiation means, but, according to market share in the form of seed and consumption, grade differentiation is necessary. (3) although without significant barriers, where there is a possibility of the sellers to enter the local soybean market, through adjustments to certain conditions so they are still able to perform the competition and maintain the life of the business. (4) the knowledge and the information of the market is almost completely absorbed, except for information related to market players who dominate price formation and local soybean position in the competition with soybean imports in national soybean market. The conduct of local soybean market formed at Mlorah Village meets the criteria which show the level of economic efficiency. The criteria are as follows: (1) the method of pricing and output level applied by every local soybean marketing agency, based upon the production costs to avoid the loss with maximum profit orientation. (2) pricing policy implemented, defined, and agreed by the whole local soybean marketing agencies is indirectly made to maintain the prosperity of the whole marketing agencies through the effort of maintaining the price at the lowest marketing agency level. (3) marketing institutional is formed as the intermediary of the marketing agencies with the soybean market to minimize the competition referring to predatory action. (4) special tactics are done to extend the market share and to gain customers’ trust, there is no special predatory action at every marketing channel. (5) marketing function is done by every local soybean marketing agency based upon each specification establishment to maintain the local soybean product quality and/or the life of the business carried. Market performance produces the variousmarketing margin, share pricing at farmers level, share of marketing costs, profits share, R/C ratio, and MEI. The most efficient marketing channel is the marketing channel III while the most efficient local soybean marketing is done by the wholesalers because they are able to reduce the marketing costs, set the high selling price, and increase the profits. The criteria are: (1) the lowest marketing margin belongs to marketing channel III, with the margin distribution of 100% at the wholesalers. (2) the highest farmer share of price belongs to marketing channel III. (3) the lowest average value of share marketing costs belongs to the wholesalers. (4) the highest profits share belongs to the wholesalers of the marketing channel III. (5) the highest average value of R/C ratio belongs to the wholesalers. (6) the highest average value of MEI belongs to the wholesalers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2016/824/051610703
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 26 Jan 2017 10:31
Last Modified: 20 Oct 2021 07:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131826
[thumbnail of 3._PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
3._PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4._TINJAUAN_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4._TINJAUAN_PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 5._KERANGKA_TEORISTIS.pdf]
Preview
Text
5._KERANGKA_TEORISTIS.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6._METODE_PENELITIAN.pdf]
Preview
Text
6._METODE_PENELITIAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8._PENUTUP.pdf]
Preview
Text
8._PENUTUP.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7._HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf]
Preview
Text
7._HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 1a._COVER.pdf]
Preview
Text
1a._COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2._KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
2._KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item