Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Produk Keripik Kentang Di UD. Agronas Gizi Food Kota Batu

LeniAmbarWati, Putri (2016) Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Produk Keripik Kentang Di UD. Agronas Gizi Food Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengembangan agribisnis di Indonesia mempunyai potensi yang sangat besar, bahkan dimungkinkan dapat menjadi sektor unggulan dalam pembangunan nasional. Kreativitas pengelolaan produk-produk agribisnis dalam bentuk agroindustri, sangat berperan untuk merangsang pertumbuhan produksi komoditas pertanian. Melalui kegiatan agroindustri berbasis hortikultura ini, dapat dihasilkan berbagai macam produk pangan bagi masyarakat denga nilai komersial yang sangat tinggi. Salah satu komoditas hortikultura yang menguntungkan adalah kentang. Keunggulan dari komoditas kentang membuat kentang banyak diminati oleh masyarakat dan meningkatkan permintaan kentang di Indonesia. Kota Batu merupakan salah satu sentra penghasil komoditas kentang di Jawa Timur. Camilan keripik kentang saat ini telah menjadi salah satu makanan khas yang dikembangkan di Kota Batu. UD. Agronas Gizi Food merupakan salah satu perusahaan yang berada di bidang agribisnis terutama dalam pengolahan hasil pertanian yaitu mengolah kentang menjadi produk keripik kentang. Banyaknya agroindustri di Kota Batu yang mengolah kentang menjadi keripik kentang menjadikan UD. Agronas Gizi Food harus bersaing dengan perusahaan sejenis. Namun produk dan pelayanan yang berkualitas tidak akan terserap secara maksimal oleh pasar jika tidak didukung strategi promosi yang efektif. Pasar harus memberikan informasi seluas-luasnya tentang karateristik prdouk yang dijual , sehingga mampu menarik pembeli sebanyak mungkin. Oleh karena itu, peneliti ingin mengkaji sejauh mana pengaruh bauran promosi yang dilakukan Agronas Gizi Food terhadap pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian keripik kentang. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis pengaruh bauran promosi yang terdiri dari variabel iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan dan hubungan masyarakat secara simultan terhadap pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian produk keripik kentang di UD. Agronas Gizi Food, (2) menganalisis pengaruh bauran promosi yang terdiri dari variabel iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan dan hubungan masyarakat secara parsial terhadap pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian produk keripik kentang di UD. Agronas Gizi Food, (3) menganalisis bauran promosi yang terdiri dari variabel iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan dan hubungan masyarakat yang paling dominan berpengaruh terhadap pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian produk keripik kentang di UD. Agronas Gizi Food. Hasil penelitain yaitu ; (1) terdapat pengaruh bauran promosi yang terdiri dari variabel iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan dan hubungan masyarakat secara simultan terhadap pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian produk keripik kentang di UD. Agronas Gizi Food. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan uji F regresi linier berganda antara variabel-variabel bebas terhadap variabel terikat yang menunjukkan nilai F-hitung sebesar 29,556, dimana F-tabel diketahui sebesar 2,810, sehingga F-hitung > F-tabel. (2) terdapat pengaruh bauran promosi yang terdiri dari variabel iklan, penjualan pribadi, dan promosi penjualan secara parsial terhadap pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian produk keripik kentang di UD. Agronas Gizi Food. Hal ini dibuktikan dari nilai Sig. untuk variabel Iklan (X1) sebesar 0,017; Penjualan Perorangan (X2) sebesar 0,028; Promosi Penjualan (X3) sebesar 0,042; sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel X1, X2 dan X3 memiliki nilai Sig. < 0,05 atau Ha diterima. Sedangkan variabel hubungan masyarakat tidak memiliki pengaruh secara parsial terhadap pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian produk keripik kentang di UD. Agronas Gizi Food. Hal ini dibuktikan dari nilai Sig. sebesar 0,072 > 0,05 atau Ha ditolak. Variabel penjualan perorangan memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk keripik kentang pada UD. Agronas Gizi Food. Hal ini dibuktikan dari nilai Koefisien Beta untuk variabel Iklan (X1) sebesar 0,234; Penjualan Perorangan (X2) sebesar 0,303; dan Promosi Penjualan (X3) sebesar 0,249. Dengan demikian di antara variabel-variabel tersebut yang memiliki nilai tertinggi adalah variabel penjualan perorangan. Saran yang dapat diberikan penulis terkait hasil penelitian yaitu perusahaan agar selalu mengedepankan kualitas produk olahan agroindustri agar memiliki nilai tambah dan keunggulan kompetitif. Disamping itu, perusahaan harus membuat perencanaan strategi promosi yang efektif dengan membuat kombinasi terbaik dari bauran promosi. Sesuai hasil penelitian ini, maka pelaku usaha disarankan untuk memprioritaskan strategi penjualan perorangan (personal selling), karena telah terbukti mampu memberikan pengaruh dominan bagi keputusan pembelian. Hal itu dapat diimplementasikan melalui pelayanan penjualan yang prima, ramah, cepat, dan selalu mengedepankan kepuasan pelanggan.

English Abstract

Agribusiness development in Indonesia has huge potential, it is even possible can be the dominant sector in national development. Creativity management of agribusiness products in the form of agro-industry, was instrumental to stimulate growth in the production of agricultural commodities. Through this horticultural activity-based agro-industry, can produce a wide variety of food products for the public premises very high commercial value. One profitable horticultural commodities is potatoes. The advantages of potato to make potatoes in great demand by the public and increase demand for potatoes in Indonesia. Batu City is one potato production centers in East Java. Snack of potato chips has now become one of the specialties developed in Kota Batu. UD. Agronas Nutritional Food is one of the companies that are in agribusiness, especially in the processing of agricultural products, namely processing potatoes into potato chips. The number of agro-industry in Batu processing potatoes into potato chips made UD. Agronas Nutrition Food must compete with similar companies. But the quality of products and services that will not be absorbed optimally by the market if it is not supported by an effective promotion strategy. The market should provide information as possible about the characteristics prdouk sold, so as to attract buyers as possible. Therefore, researchers wanted to assess the extent of the influence of the promotional mix do Agronas Nutrition Food to consumers in the purchase decision making potato chips. This study aims to: (1) analyze the effect of promotion mix consists of variable advertising, personal selling, sales promotion and public relations simultaneously on consumer decision-making in the purchase of products of potato chips at UD. Agronas Gizi Food, (2) analyze the effect of promotion mix consists of variable advertising, personal selling, sales promotion and public relations decision partially to consumers in the purchase of products of potato chips at UD. Agronas Gizi Food, (3) analyze the promotion mix consists of variable advertising, personal selling, sales promotion and public relations of the most dominant influence on consumer decision-making in the purchase of products of potato chips at UD. Agronas Gizi Food. Research results namely; (1) there are significant promotion mix consists of variable advertising, personal selling, sales promotion and public relations simultaneously on consumer decision-making in the purchase of products of potato chips at UD. Agronas Gizi Food. This is evidenced from the calculation of the F test multiple linear regression between independent variables on the dependent variable that shows the value of the F-count of 29.556, where the F-table is found to be 2.810, so the F-count> F-table. (2) there are significant promotion mix consists of variable advertising, personal selling, and sales promotion decision partially to consumers in the purchase of products of potato chips at UD. Agronas Nutrition Food. This is evidenced from the Sig. to the variable rent (X1) of 0,017; Individual sales (X2) of 0.028; Sales Promotion (X3) amounted to 0,042; so it can be concluded that the variables X1, X2 and X3 have the Sig. <0.05 or Ha accepted. While the variable public relations has no partial effect on consumer decision-making in the purchase of products of potato chips at UD. Agronas Nutrition Food. This is evidenced from the Sig. amounting to 0.072> 0.05 or Ha rejected. Individual sales variables have a dominant influence on product purchasing decisions potato chips at UD. Agronas Gizi Food. This is evidenced from the Beta coefficient value for the variable rent (X1) of 0.234; Individual sales (X2) is 0,303; and Sales Promotion (X3) of 0.249. Thus among the variables that have the highest value is variable individual sales. Advice can be given corresponding author of research results, a company that always puts the quality of products processed agro-industries that have added value and competitive advantage. In addition, the company must make an effective promotion strategy planning to make the best combination of the promotion mix. According to the results of this study, it is advised businesses to prioritize individual sales strategy (personal selling), because it has been proven to provide the dominant influence purchasing decisions. It can be implemented through excellent sales service, friendly, fast, and always put customer satisfaction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2016/818/051610697
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 11 Jan 2017 11:13
Last Modified: 20 Oct 2021 07:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131819
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_1,_2,3,_4,5,6.pdf]
Preview
Text
BAB_1,_2,3,_4,5,6.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of COVER,_HALAMAN_JUDUL,_PERNYATAAN.pdf]
Preview
Text
COVER,_HALAMAN_JUDUL,_PERNYATAAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item