Peran Media Sosial Instagram Sebagai Alat Komunikasi Dalam Meningkatkan Penjualan Onde-Onde (Kasus pada Bisnis Online “Warung Agrin” Gadang, Jawa Timur)

Zhanifa Febulla, Jade (2016) Peran Media Sosial Instagram Sebagai Alat Komunikasi Dalam Meningkatkan Penjualan Onde-Onde (Kasus pada Bisnis Online “Warung Agrin” Gadang, Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan internet yang sangat cepat memberi pengaruh signifikan dalam segala bentuk aspek kehidupan. Munculnya teknologi informasi saat ini tidak harus dengan langsung bertatap muka. Banyak fitur-fitur telpon genggam yang menyediakan aplikasi untuk mengakss internet, termasuk telepon genggam baik blackberry, android maupun smartphone. Sehingga kecanggihan dengan cepat dimanfaatkan oleh para pengguna dan terbentuklah situs yang dinamakan jejaring sosial. Indonesia memiliki pengguna terbanyak akun media sosial. Facebook merupakan media sosial yang paling populer dimiliki oleh penduduk Indonesia, disusul twitter, google+, dan instagram. Salah satu fungsi internet yang menjadi fokus penelitian ini adalah kemampuannya untuk melakukan kegiatan pemasaran baik produk dan brand image secara online bagi siapa saja yang membutuhkan dan terhubung dengan media internet. Selain memberikan banyak sekali peluang, bisnis ini juga memiliki beberapa resiko yang akan dihadapi oleh pemilik bisnis yang melakukan pemasarannya melalui instagram, sama halnya yang dilakukan oleh Agrin dalam memanfaatkan instagram sebagai media pemasarannya. Bila pemilik bisnis kurang inovatif dalam menjalankan pemasaran pada produknya tentu ia akan tertinggal atau bahkan produknya sama sekali tidak akan ditengok oleh calon pembeli. Hal inilah yang membuat setiap perusahan harus membuat perencanaan yang matang dan juga analisis yang tepat untuk memilih dan menggunakan model pemasaran melalui instagram agar penjualan dapat terus meningkat. Tujuan dari penelitian adalah: (1) Mengidentifikasi strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Warung Agrin, (2) Mengidentifikasi penggunaan alat komunikasi pemasaran berbasisi media sosial instagram yang digunakan untuk meningkatkan pembelian produk onde-onde, dan (3) Menganalisis peran media sosial akun instagram dalam meningkatkan penjualan produk onde-onde. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam penentuan lokasi menggunakan purposive. Sedangkan penentuan informan dibagi menjadi dua kelompok yaitu informan kunci dan informan pendukung, untuk penentuan samplenya menggunakan pusposiv dan accidental sampling. Metode analisis data yang digunakan ialah model Miles dan Huberman dan menggunakan teknik triangulasi untuk mengecek keabsahan data. Hasil dari penelitian ini adalah pertama setiap peruahaan haruslah memiliki perencanaan yang matang dalam memasarkan produknya agar mampu diterima oleh masyarakat, kedua Agrin memanfaatkan media sosial instagram dalam menarik konsumen dengan cara terus memberikan informasi terkini mengenai produk dan juga memberikan diskon atau potongan khusus, ketiga pemanfaatan yang tepat pada akhirnya mampu memberikan nilai plus untuk perusahaan tentunnya peningkatan penjualan yang berkaitan dengan omset perusahaan.

English Abstract

The development of the internet very quickly, giving significant influence in any aspect of life. The emergence of information technology currently doesn’t have to directly face to face. Many mobile phone features that provide an application to access the internet, including both mobile phone blackberry, android or smartphone. So the sophistication is quickly exploited by the users and it is making a site called social networking. Indonesia has the largest user of social media accounts. Facebook is the most pupular social media is owned by the people of Indonesia, followed iby twitter, googl+ and instagram. One of the functiona of the internet that became the focus of the research is its ability to do good products and marketing activity brand image online for anyone who needs and connect with internet media. In addition to providing a great many business opportunities, its also has some of the risks that will be faced by business owners who do its marketing vias instagram, as performed by the Agrin in utilizing its marketing of its products on the run she certainly will be missed or even the product will never visit by prospective buyers. Its what makes each company must make careful planning and also the alanysis of the right to vote and uses the model of marketing via instagram so that sales can continue to rise. The purpose of the studt was (1) Identify the marketing communication strategy do Warung Agrin, (2) Identify the use of the communication tools of social media marketing basic instagram used to increase product purchase ondeonde, and (3) Analyze the role social media accounts to increase product sales instagram onde-onde. Type of this research is a descriptive qualitative research. The methods used in the determination of the location using the purposive. Where as the determination of informantas is divided into two groups, the key informants and the informant’s supports, for the determination of sampling using purposive and accidental sampling. Methods of data analysis used models Miles and Huberman and using triangulation techniques to check the validity of the data. The results of this research is the first every company should have careful planning in marketing its products to be accepted by the community, both Agrin instagram everage socal media in a way attract consumers continue to provide current information about products and also provide discounts or specials pieces, the proper untilization of the third was ultimately able to provide value to the company increased sales of course related to the turnover of the company.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2016/809/051610688
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 28 Dec 2016 10:56
Last Modified: 01 Nov 2021 07:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131809
[thumbnail of skripsi.PDF]
Preview
Other
skripsi.PDF

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item