Analisis Faktor-Faktor Yang Dipertimbangkan Oleh Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Keripik Tempe, di Kota Malang

SatriaPranataPurba, Krisna (2016) Analisis Faktor-Faktor Yang Dipertimbangkan Oleh Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Keripik Tempe, di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan semakin pintar, cermat, efisien, dan efektifnya konsumen dalam memilih produk yang diinginkannya. Oleh karena itu, peneliti ingin mencari faktor-faktor yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam melakukan keputusan pembelian keripik tempe dibeberapa Pusat Oleh-Oleh di Malang. Para produsen tidak mengetahui faktor yang dapat mempengaruhi hal tersebut, sehingga banyak produsen yang melakukan perombakan produk keripik tempe. Mulai dari tampilan produk, isi, jaminan halal dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini yaitu ingin memperoleh atribut apa saja yang dipertimbangkan dan paling dominan dari konsumen dalam pembelian produk keripik tempe dan faktor-faktor apa saja yang menjadi pertimbangan konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian keripik tempe di berbagai Pusat Oleh-Oleh di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode analisis faktor dan harus melewati uji validasi serta uji reliabilitas terlebih dahulu. Metode purposive (secara sengaja) dilakukan dalam menentukan lokasi penelitian dengan mempertimbangkan banyaknya konsumen dengan bebas usia. Dalam penentuan respondennya, peneliti menggunakan metode accidental sampling atau pengambilan sampel secara kebetulan serta menggunakan pendapat Muhaimin (2010) mengenai jumlah responden yaitu 4 atau 5 kali jumlah variabel (14 variabel x 5 = 70 responden) yang digunakan dalam penelitian. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai April 2016 dengan menggunakan teknik penyebaran kuisioner (angket) kepada responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini terdapat atribut produk yang dipertimbangkan konsumen dalam pembelian produk keripik tempe yaitu 14 atribut. Atribut tersebut meliputi harga, rasa, aroma, merek, kemasan, jaminan halal, volume bersih, informasi nutrisi, komposisi, masa kadaluarsa, higienis, promosi, ketersediaan produk dan lokasi penjualan. Dari segala proses pertimbangan yang diambil dari responden dan diuji melalui uji validitas serta reliabilitas bahwa atribut dari produk kripik tempe yang paling dominan dalam pengambilan keputusan pembelian(Y) tetap ada 14 atribut. Keempatbelas atribut tersebut adalah harga, rasa, aroma, merek, kemasan, jaminan halal, volume bersih, informasi nutrisi, komposisi, masa kadaluarsa, higienis, promosi, ketersediaan produk dan lokasi penjualan. Hasil reliabilitas menunjukkan juga menunjukkan bahwa responden sangatlah konsisten karena Cronbachs Alpha(α) jauh lebih besar dari rtabel (0,710 > 0,232). Hasil analisis faktor menghasilkan 2 faktor yang sangat dipertimbangkan oleh konsumen dalam keputusan pembelian keripik tempe. Faktor pertama bisa dilihat dari nilai estetikanya yaitu komposisi produk keripik tempe. Variabel ini menjadi faktor pertama karena memiliki nilai korelasi terbesar yaitu 0,944. Komposisi adalah bahan–bahan dasar yang kemudian dicampur membentuk suatu produk yang siap dikonsumsi. Konsumen merasa untuk setiap produk keripik tempe haruslah dicantumkan komposisi yang terkandung didalam pembuatannya agar konsumen dapat menjaga pola makanan yang diinginkannya. Sedangkan faktor ke dua yang memiliki nilai korelasi tertinggi ialah ketersediaan produk sebesar 0,878. Ketersediaan produk merupakan variabel yang menyangkut faktor internal konsumen. Kosumen terkadang merasa kecewa dikarenakan ketersediaan produk yang kurang di suatu Pusat Oleh-Oleh Keripik Tempe.

English Abstract

This research is motivated by the problems more intelligent, careful, efficient, and effective consumers to choose the products they want. Therefore, the researchers wanted to find the factors considered by consumers in making purchasing decisions tempe chip in some center souvenirs in Malang. The producers do not know what factors may affect it, so many manufacturers who make reforms tempe chips product. Starting from the display of products, content and other lawful collateral. The purpose of this research which is to obtain what attributes are considered and the most dominant of the consumer in the purchase of tempe chips product and any factors that are considered by consumers in making purchasing decisions with a tempe chips in various center souvenirs in the city of Malang. This research uses factor analysis and must pass a validity test and reliability test beforehand. Purposive (intentional) done in determining the location of research by considering the number of consumers with a free age. In determining the respondents, researchers used a method accidental sampling or sampling by chance and use Muhaimin opinion (2010) on the number of respondents is 4 or 5 times the number of variables (14 variables x 5 = 70 respondents) used in the research. This research was conducted in February to April 2016 using the technique of questionnaires to the respondent. This research uses quantitative analysis using SPSS. The results of this research product attributes that consumers consider the purchase of a product tempe chips there are 14 attributes. Attributes include price, taste, aroma, branding, packaging, halal assurance, net volume, nutrition information, composition, expiration, hygienic, promotions, product availability and sales locations. Of all the considerations taken respondent and tested the validity and reliability that the attributes of the product tempe chips are the most dominant in the purchase decision(Y) remains 14 attributes. The eleventh attribute is the taste, aroma, branding, packaging, halal assurance, net volume, nutrition information, composition, expiration, hygienic and sales locations. The results showed reliability also showed that the respondent is inconsistent because Cronbachs Alpha (α) is much larger than rtable (0.798> 0.232). The results of the factor analysis resulted in two factors that are considered by consumers in purchasing decisions tempe chips. The first factor can be seen from its aesthetic value, namely the composition of tempe chips product. This variable becomes the first factor because it has the greatest correlation value is 0,944. The composition is materials the basic ingredients are then mixed to form a product that is ready for consumption. Consumers feel for each product must be specified composition tempe crisps contained in its manufacture so that consumers can keep the pattern wanted. While the second factor that has the highest correlation value is the availability of the product amounted to 0,878. Product availability is variable concerning internal factors consumers. Consumen sometimes feel disappointed because the lack of the products in a center Tempe Chips Sourvernir.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2016/798/051610677
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 24 Feb 2017 09:14
Last Modified: 19 Oct 2021 13:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131797
[thumbnail of ISI.pdf]
Preview
Text
ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Kata_Pengantar,_Daftar_Isi,_gambar_dan_tabel,_serta_Ringkasan_Summary_.pdf]
Preview
Text
Kata_Pengantar,_Daftar_Isi,_gambar_dan_tabel,_serta_Ringkasan_Summary_.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item