AkbarAinullah, Faisal (2016) Analisis Strategi SWOT Dalam Pengembangan Koperasi Agribisnis Dana Mulya Di Kabupaten Mojokerto. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Peran koperasi sebagai pelaku ekonomi untuk ikut serta mewujudkan ekonomi nasional yang tangguh dan mandiri sangat diperlukan, dan koperasi bukan hanya unsur pelengkap diantara pelaku ekonomi, melainkan sebagai mitra sejajar bagi BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dan swasta lainnya. Untuk itu koperasi sebagai badan usaha yang sekaligus merupakan gerakan ekonomi rakyat perlu terus ditingkatkan kualitas dan kemandiriannya serta lebih banyak bersikap proaktif agar dapat berpartisipasi secara lebih luas dalam proses pembangunan. Sehubungan dengan hal tersebut maka beberapa sasaran utama pengembangan koperasi yang hendak ditempuh pemerintah dalam era pembangunan jangka panjang adalah pengembangan usaha, pengembangan sumber daya manusia, peningkatan peran pemerintah dan kerjasama internasional (Baswir, 2000). Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menganalisis rasio likuiditas, solvabilitas dan rentabilitas di Koperasi Agribisnis Dana Mulya dan (2) mengetahui faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal serta menentukan perencanaan strategi yang tepat dalam pengembangan Koperasi Agribisnis Dana Mulya. Metode analisis data yang digunakan, yaitu kuantitatif dengan analisis rasio keuangan yang terdiri dari rasio likuiditas, solvabilitas dan rentabilitas. Data yang digunakan adalah laporan keuangan koperasi dari tahun 2011-2015. Sedangkan metode deskriptif untuk menganalisis SWOT yaitu dengan mendeskripsikan faktor internal dan eksternal koperasi menggunakan matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT, matriks Grand Strategy, dan analisis QSPM. Dari hasil analisis rasio likuiditas didapat nilai rata-rata rasio lancar 127,58% dan rasio cepat 120% yang berarti bahwa Koperasi Agribisnis Dana Mulya dapat memenuhi kewajiban jangka pendeknya. Dari hasil analisis rasio solvabilitas, didapat nilai rata-rata rasio modal sendiri dengan aktiva total 8,96%, modal sendiri dengan aktiva tetap 58,27%, aktiva tetap dengan hutang jangka panjang 108,28% yang berarti bahwa koperasi dapat memenuhi kewajiban jangka pendek dan jangka panjang. Dari hasil analisis rasio rentabilitas didapat nilai rata-rata rasio perputaran total aktiva 2,05%, Return On Investment (ROI) 2,24%, Return On Equity (ROE) 25,3% yang berarti bahwa kemampuan koperasi untuk mendapatkan keuntungan sudah baik walaupun ada kendala pada volume penjualan susu sapi segar. Berdasarkan hasil perhitungan STAS (Sum Total Attractiveness Scores) rata-rata pada analisis QSPM maka prioritas strategi terbaik yang dilakukan saat ini adalah meningkatkan jumlah produksi dan kualitas susu sapi perah dengan nilai STAS rata-rata tertinggi sebesar 5,2735. Sedangkan nilai STAS kedua yaitu terdapat pada STAS 2 dengan jumlah sebesar 5,1602. Posisi keuangan Koperasi Agribisnis Dana Mulya dikategorikan cukup baik, hal ini dapat dilihat dari hasil rasio keuangan yang menunjukkan nilai yang positif. Berdasarkan hasil analisis SWOT dipilih 2 (dua) strategi berdasarkan posisi Koperasi Agribisnis Dana Mulya pada matrik Grand Strategy yang terletak pada kuadran I, sehingga strategi yang sesuai digunakan untuk koperasi adalah strategi SO (Strenght Opprtunity). Strategi tersebut diurutkan dengan menggunakan matriks QSP (QSPM). Adapun urutan prioritas strategi yang dilaksanakan oleh pihak koperasi adalah (1) meningkatkan jumlah produksi dan kualitas susu sapi perah dan (2) membuka toko sendiri untuk menjual langsung susu sapi siap minum. Adapun saran yang dapat diberikan kepada Koperasi Agribisnis Dana Mulya, yaitu terkait dengan hasil pada rasio solvabilitas menunjukkan nilai yang terus menurun, koperasi perlu menambah modal sendiri misalnya dengan menambah iuran anggota koperasi setiap bulannya mengingat anggota koperasi yang ada pada saat ini mencapai 1387 orang. Koperasi Agribisnis Dana Mulya perlu mengoptimalkan program pendidikan dan pelatihan kepada peternak yang tergabung dalam anggota koperasi maupun non anggota koperasi. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pengetahuan dan profesionalitas peternak dalam penggunaan teknologi sehingga adanya peningkatan terhadap kualitas SDM peternak. Koperasi perlu melakukan promosi yang lebih intensif tentang kegiatan mereka dan meningkatkan pelayanan usaha kepada anggota dan non anggota. Hal tersebut berguna untuk menarik calon anggota dan memerikan pelayan terbaik dari koperasi. Jika calon anggota bertambah, maka produksi susu dan keuntungan koperasi akan meningkat.
English Abstract
The role of cooperatives as economic actors to participate in realizing the national economy and independent indispensable and complementary element of the cooperative not only among economic actors, but as an equal partner for the SOE (State Owned Enterprises) and other private. For the cooperative as a business entity which is also a popular economic movement necessary to improve the quality and independence as well as more proactive in order to participate more broadly in the development process. In connection with the matter, some of the main objectives of cooperative development to be taken by the government in an era of long-term development is the business development, human resources development, increasing the role of governments and international cooperation (Baswir, 2000). The purpose of this study were (1) to analyze the ratio of liquidity, solvency and profitability in Dana Mulya Agribusiness Cooperative and (2) determine the factors internal and external environment as well as determine the planning strategies in the development of Dana Mulya Agribusiness Cooperative. Data analysis method used, the quantitative analysis of financial ratios of liquidity ratios, solvency and profitability. The data used is the cooperatives financial statements from 2011-2015. While the descriptive method to analyze SWOT is to describe the internal and external factors cooperatives using IFE matrix, EFE matrix, IE matrix, SWOT matrix, the matrix Grand Strategy, and analysis QSPM. From the analysis of liquidity ratios derived average value of 127,58% current ratio and the quick ratio of 120%, which means that in Dana Mulya Agribusiness Cooperative can meet its short term obligations. From the analysis of the solvency ratio, obtained the average value of the ratio of equity capital to total assets 8,96% of equity capital to assets 58,27%, fixed assets with long-term liabilities 108,28%, which means that the cooperative can meet liabilities short and long term. From the analysis of the profitability ratio obtained average value of total asset turnover ratio of 2,05%, the Return On Investment (ROI) of 2,24%, Return on Equity (ROE) of 25,3%, which means that the ability of cooperatives to benefit already well although there are constraints on the volume of sales of fresh cows milk. Based on calculations STAS (Sum Total Attractiveness Scores) average on the analysis of the priority QSPM best strategy is to do today is to increase the number and quality of the milk production of dairy cows with an average value of STAS high of 5,2735. While the value is found in the second STAS in the amount of 5,1602. The financial position of the Dana Mulya Agribusiness Cooperative categorized quite good, it can be seen from the results of financial ratios that shows a positive value. Based on the results of SWOT analysis have two (2) strategies based on the position of Dana Mulya Agribusiness Cooperative Grand Strategy matrix which is located in quadrant I, so that appropriate strategies are used for the cooperative strategy is SO (Strength Opprtunity). The strategy is V sorted by using a matrix QSP (QSPM). As for the order of priority of the strategy being pursued by the cooperative are (1) increasing the quantity and quality of milk production of dairy cows and (2) opened his own shop to sell immediately ready to drink cows milk. The advice can be given to Dana Mulya Agribusiness Cooperative, which is linked to the yield on the solvency ratio shows that the value continues to decline, cooperatives need to increase their own capital, for example by adding a co-operative membership fees each month given the existing cooperative members at this time reached 1387 people. Dana Mulya Agribusiness Cooperative need to optimize education and training programs to farmers who are members of the cooperative members and non members. That is because of lack of knowledge and professionalism of farmers in the use of technology so that an increase of the quality of human resource farmers. Cooperatives need to do more intensive promotion of their activities and improve business services to members and non-members. It is useful to attract potential members and specifies the best steward of the cooperative. If the prospective member increases, the cooperative milk production and profits will increase.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2016/751/051608304 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Sugiantoro |
Date Deposited: | 03 Jan 2017 14:58 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 06:53 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131760 |
Preview |
Text
Cover.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
daftar_isi.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
JURNAL_SKRIPSI.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
SKRIPSI.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |