Analisis Kelayakan Finansial dan Strategi Pengembangan Sereal Beras Merah Organik (Studi Kasus Kelompok Wanita Tani Vigur Organik di Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang)

PrifinaliaPP, Chatarina (2016) Analisis Kelayakan Finansial dan Strategi Pengembangan Sereal Beras Merah Organik (Studi Kasus Kelompok Wanita Tani Vigur Organik di Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu Kelompok Wanita Tani yang bergerak dalam pengolahan produk olahan organik di Kota Malang adalah Kelompok Wanita TaniVigur Organik. KWT Vigur Organik memproduksi produk olahan organik salah satunya adalah sereal beras merah organik “Vi-O”. Tingkat biaya (baik biaya investasi maupun biaya produksi) serta manfaat yang diperoleh dari kegiatan KWT Vigur Organik memproduksi sereal beras merah organik “Vi-O” dapat menjadi pertimbangan produsen untuk mengembangkan usahanya dan merencanakan strategi pengembangan yang tepat untuk memaksimalkan profit yang ada. Dengan adanya perincian biaya, manfaat usaha, keunggulan produk yang bersaing, dans trategi pengembangan yang tepat, sehingga hal ini dirasa penting untuk diketahui bagaimanakah kelayakan financial dan strategi pengembangan sereal beras merah organik “Vi-O” di KWT Vigur Organik Kota Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah (1)Menganalisis alokasi biaya, penerimaan, keuntungan dan kelayakan financial produk sereal beras merah “Vi- O”,(2) Menganalisis faktor internal dan factor eksternal dan merumuskan strategi pengembangan yang tetap untuk KWT Vigur Organik Lokasi penelitian dilakukan di Kelompok Wanita Tani Vigur Organik yang berada di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Penentuan lokasi dilakukan secara purposive dengan mempertimbangkan bahwa KWT Vigur Organik menjadi pelopor kelompok wanita tani yang bergerak dalam membudidayakan tanaman organic dan sudah mendapatkan sertifikat organickdari LeSOS (Lembaga Serifikasi Organik Seloliman). Sedangkan penentuan responden dalam penelitian ini adalah secara purposive, yaitu teknik pengambilan sampel sebagai sumber data yang dilakukan dengan pertimbangan tertentu. Responden yang diambil berjumlah 6 orang. Metode pengambilan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode kuantitatif yang digunakan adalah analisis biaya, criteria investasi (NPV, IRR, Net B/C). Sedangkan untuk analisis deskriptif berupa proses pengadaan bahan baku dan permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan yang terdiri dari tiga tahap formulasi strategi yaitu tahap input dengan menggunakan matriks faktor internal (IFAS) dan matriks factor eksternal (EFAS), tahap pencocokan dengan menggunakan matriks IE, matriks Grand Strategy, dan matriks SWOT dan tahap keputusan menggunakan analisis QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Berdasarkan hasil analisis cash flow KWT Vigur Organik biaya total selama 4 tahun usaha yang dikeluarkan adalah sebesar Rp.63.077.600,-biaya penerimaan yang diperoleh sebesar Rp.24.776.750,- Rata-rata keuntungan yang diperoleh per tahun adalah sebesar Rp.16.027.800,-. Hasil analisis aspek financial pada KWT Vigur Organik layak untuk dijalankan. Dapat dilihat dari nilai NPV lebih dari nol yaitu sebesar Rp.5.923.846,- IRR lebih dari tingkat discount factor (12,07%) yaitu sebesar 23,12% dan Net B/C sebesar 1,31. Hasil dari matriks IFAS dan matriks EFAS sebesar 2,883 dan 2,913, Hal ini menunjukan perusahaan dalam posisi kuat untuk mengadapi dinamika lingkungan internal dan eksternal. Matriks IE (Internal-Eksternal) diperoleh hasil bahwa KWT Vigur Organik berada pada asel V. Strategi yang terdapat pada sel V adalah growth strategy, dapat dilakukan dengan cara meminimalkan biaya produksi, tidak menurunkan kualitas tetapi dapat meningkatkan profit. Hasil dari grand strategy menunjukan bahwa KWT Vigur Organik terletak pada kuadran I. Berdasarkan hasil dari analisis SWOT terdapat 6 strategi yang layak untuk diimplementasikan, yang kemudian akan dianalisis dengan menggunakan QSPM dan diperoleh alternative strategi pengembangan sereal beras merah organik “Vi- O” secara berturut-turut adalah sebagai berikut : (1) Melakukan kegiatan promosi yang lebih aktif untuk menarik konsumen dan memperluas daerah pemasaran, (2) Mempertahankan kualitas produk untuk menarik konsumen lebih banyak dengan pemanfaatan label organik, (3) Melakukan kerjasama dengan pemerintah untuk mempermudah perijinan dan pengembangan jaringan pemasaran dan distribusi, (4) Meningkatkan inovasi-inovasi dalam meningkatkan keanekaragaman bentuk dan cita rasa yang baru dengan menurunkan biaya operasional tanpa mengurangi kualitas, (5) Membangun atau menyewa kios-kios di tempat yang lebih strategis, (6) Menambah jumlah SDM dengan mengikut sertakannya dalam pelatihan yang diberikan pemerintah serta selalu mengikuti perkembangan teknologi yang ada.

English Abstract

One of the Women Farmers Group which is engaged in the processing of organic products in Malang is Vigur Organic Farmers Women Group. KWT Vigur Organik processed organic products one of which is organic red rice cereal "Vi-O". The level of costs (both investment costs and production costs) and the benefits derived from activities KWT Vigur Organik produced organic red rice cereal "Vi-O" can be considered a manufacturer to develop their business and to plan appropriate development strategies to maximize profits. With the break down of costs, business benefits, advantages of competing products, and the right development strategy, so that it is deemed important to know how the financial feasibility and development strategies of organic red rice cereal "Vi-O" on KWT Vigur Organik Malang. The purpose of this study were (1) to analyze the allocation of cost, revenue, profitability and financial feasibility of red rice cereal products "Vi-O", (2) analyze the internal factors and external factors and formulating development strategies remain to KWT Vigur Organik. The research location is in Vigur Organik Women Farmers Group who are generous nature Cemorokandang, Kedungkandang District, Malang. The location determination is done purposively by considering that KWT Vigur Organik been a pioneer farmer groups engaged in the cultivation of organic crops and been certified organic LeSOS (Lembaga Sertifikasi Organik Seloliman). While the determination of the respondents in this study is purposive, is the sampling technique as a source of data is done with a certain considerations. Respondents were drawn totaling 6 respondens. Data used in this study are with observation, interview abd documentations. Quantitative methods used are cost analysis, investment criteria (NPV, IRR, Net B / C). As for the descriptive analysis in the form of the process of procurement of raw materials and the problems faced by the company consisting of three stages of strategy formulation is the input stage using a matrix of internal factors (IFAS) and the matrix of external factors (EFAS), phase matching using IE matrix, the matrix Grand Strategy and SWOT matrix analysis and decision stage QSPM (Quantitative Strategic Planning matrix). Based on the analysis of cash flow KWT Organic Vigur total cost for 4 years of effort expended is Rp.63.077.600,-, cost of revenues earned Rp.24.776.750,- , average profits of year is Rp.16.027.600,- . The results of the analysis of the financialfeasibility aspects of the KWT Vigur Organik. Can be seen from the NPV greater than zero is Rp.5.923.846,- IRR is more than the discount rate factor (12.07%) in the amount of 23,12% and Net B/C is 1,31. The results of the matrix IFAS and EFAS matrix at 2.883 and 2.913, This shows the company in a strong position to mengadapi dynamics of internal and external environment. Matrix IE (Internal-External) obtained results that KWT Vigur Organic is in cell V. Strategy contained in the cell V is a growth strategy, it can be done in a way to minimize production costs, not lower quality but can increase profits. Results of a grand strategy shows that KWT Vigur Organik located in quadrant I. Based on the results of SWOT analysis contained 6 strategy to be implemented, which will then be analyzed using QSPM and obtained alternative development strategies red rice cereal organic "Vi-O" respectively are as follows: (1) To conduct more promotion Off to attract customers and expand the marketing area, (2) Maintaining the quality of products to attract more consumers to use the organic label, (3) Cooperating with the government to facilitate the licensing and development of network marketing and distribution, (4) Improve the innovations in increasing diversity of forms and a new taste by reducing operational costs without compromising on quality, (5) Building or renting stalls in a more strategic, (6) increase the number of human resources includes him in the training provided by the government, and always follow the development of technology which exists.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2016/74/051609430
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 13 Feb 2017 09:08
Last Modified: 11 Nov 2022 08:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131754
[thumbnail of CHATARINA PRIFINALIA P.P.pdf] Text
CHATARINA PRIFINALIA P.P.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item