Proses Penanaman Nilai Ajaran Samin Melalui Sarasehan (Studi Fenomenologi Pada Masyarakat Sedulur Sikep di Dusun Blimbing Desa Sambongrejo Kecamatan Sambong Kabupaten Blora)

Raditya, Sukma Riza (2018) Proses Penanaman Nilai Ajaran Samin Melalui Sarasehan (Studi Fenomenologi Pada Masyarakat Sedulur Sikep di Dusun Blimbing Desa Sambongrejo Kecamatan Sambong Kabupaten Blora). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk proses penanaman nilai yang terjadi di dalam kegiatan sarasehan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian kali ini adalah : Bagaimana proses penanaman nilai Ajaran Samin yang dilakukan oleh sesepuh masyarakat Sedulur Sikep pada kegiatan Sarasehan di Dusun Blimbing Desa Sambongrejo Kecamatan Sambong Kabupaten Blora? Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori dari Piter Ludwig Berger & Thomas Luckmann mengenai kontruksi sosial. Teori kontruksi sosial ini digunakan untuk menganalisis proses yang terjadi pada kegiatan sarasehan sebagai salah satu cara untuk melakukan penanaman nilai-nilai Ajaran Samin kepada seluruh masyarakat sedulur sikep. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pemilihan informan dilakukan dengan mengunakan cara purpossive¸ yaitu informan utama dan informan tambahan untuk memperkuat argumen informan. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan jika kegiatan sarasehan mampu menjadi sarana penanaman nilai yang lebih efisien. Hal ini dikarenakan sesepuh dapat memberikan informasi mengenai nilai-nilai ajaran samin yang ada pada Ajaran Samin kepada seluruh masyarakat sedulur sikep secara bersamaan, baik pada mereka yang sudah mengetahui maupun belum mengetahui seperti anak-anak masyarakat sedulur sikep. Tidak hanya nilai-nilai yang ada pada Ajaran Samin melainkan juga pedoman hidup, baik itu larangan maupun aturan-aturan yang ada di dalamnya.

English Abstract

This study aims to determine the shape of the value added process that takes place during the Sarasehan. The formulation of the problem in this research is: how the process of planting the value of the Samin doctrine by the elders of the municipality Sedulur Sikep in the Sarasehan activity in the Blimbing Sub-village Sambongrejo Village Sambong Sub-district Blora Regency The theory in this research is the theory of Piter Ludwig Berger and Thomas Luckmann on social construction. This theory of social construction is used to analyze the processes that occur in the Sarasehan as a way of translating the values of the Samin doctrine into the entire society of sedulur sikep. The method used is qualitative with a phenomenological approach. The selection of informants is done in an appropriate way, ie main informant and additional informant to strengthen the informant's argument. The technique of data collection in this research is observation, interview and documentation. The results of this study show whether the Sarasehan can be a means to achieve a more efficient value. This is because the elders provide information about the values of the thought of Samin, which exist in the thought of Samin, at the same time to the entire society sedulur sikep, both those who already know and do not know how children sedulur Sedepur society. Not only the values that exist in the thought of Samin, but also the guidelines of life, whether the prohibition or the rules contained therein.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/721/051809510
Uncontrolled Keywords: Kontruksi sosial, Ajaran Samin, Sarasehan, Penanaman Nilai, social construction, thought Samin, Sarasehan, value planting,
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.095 982 6 (Indonesia Jawa Tengah)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Feb 2019 02:46
Last Modified: 22 Oct 2021 04:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13169
[thumbnail of Sukma Riza Raditya.pdf]
Preview
Text
Sukma Riza Raditya.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item