Analisis Struktur, Perilaku Dan Penampilan Pasar Kentang Di Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu

MELISADINDAANGGRAENI (2016) Analisis Struktur, Perilaku Dan Penampilan Pasar Kentang Di Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan sebab akibat dari struktur pasar yang terbentuk terhadap tingkah laku produsen serta penampilan pasar kentang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur, perilaku dan penampilan pasar kentang di lokasi penelitian. Metode analisis yang digunakan yaitu untuk menentukan struktur pasar dengan kriteria derajat konsentrasi pasar menggunakan analisis pangsa pasar ( Market Share ), Indeks Hirschman Herfindahl, Indeks Rosenbluth, Koefisien Gini serta kriteria diferensiasi produk, hambatan keluar masuk pasar dan tingkat pengetahuan pasar. Analisis perilaku pasar dilakukan menggunakan dimensi penentuan harga, kelembagaan, fungsi pemasaran dan kolusi dan taktik. Analisis penampilan pasar dengan kriteria marjin pemasaran, Share harga, R/C ratio dan analisis MEI ( Marketiing Efficiency Index ). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa struktur pasar yang terbentuk cenderung mengarah pada pasar oligopoli dan monopolistik. Penentuan harga kentang didominasi oleh tengkulak dan saluran pemasaran yang digunakan sebanyak empat saluran dan relatif panjang. Marjin pemasaran kentang yang tinggi mengakibatkan bagian marjin yang diterima petani tinggi. Usaha yang dijalankan oleh lembaga pemasaran dengan perhitungan R/C ratio >1 sehingga usaha dikatakan layak dan menguntungkan. Pemasaran kentang di Desa Sumberbrantas belum efisien.

English Abstract

This research conducted to determine cause and effect relatinship of the market structure that is formed against producers as well as performance of potato market. Hence, this study attempts to analyze the structure, conduct and performance potato market in the research locations. The method of analysis that is used which is to define the structure market with criteria degrees market concentration using analysis of Market Share, Hirschman Herfindahl Index, rosenbluth Index, Coefficient Gini as weel as criteria for product differentiation, barries to entry and market knowledge. Conduct market analysis carried out using the dimensions of the product price determination, institutional, marketing function and collusion and tactic. Analysis of performance market with the criteria for marketing margins, share price, R/C ratio and analysis MEI (Market Efficiency Indeks). The result of reseaarch shows that the market structure formed tend to lead to the market oligopoli and monopolistic. The determination of potato price dominated by middleman and its marketing used asa many as four channel and relatively long. Marketing margin potatoes high. Business marketing run by the time R/C ratio>1 so said worthy of business and profitable. Marketing potatoes in Sumberbrantas village inefficient.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2016/676/051609364
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 04 Nov 2016 10:24
Last Modified: 19 Oct 2021 15:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131686
[thumbnail of NASKAH_PUBLIKASI_JURNAL.pdf]
Preview
Text
NASKAH_PUBLIKASI_JURNAL.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item