Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Rumah Tangga Terhadap Food Waste

Afifah, Roidah (2018) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Rumah Tangga Terhadap Food Waste. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Food waste menjadi isu penting di berbagai negara di dunia, termasuk di Indonesia. Sebanyak 13 juta ton makanan di Indonesia terbuang setiap tahun. Sebagaian besar food waste ini berasal dari hotel, restoran, katering, supermarket, gerai ritel, dan perilaku masyarakat yang tidak menghabiskan makanannya. Sejauh ini penelitian mengenai food waste di tingkat konsumen telah banyak dilakukan di negra-negara maju. Di Indonesia penelitian terkait food waste masih terbatas pada jumlah food waste yang dihasilkan pada komoditas tertentu. Penelitian ini berkontribusi untuk menambah informasi mengenai faktorfaktor yang mempengaruhi perilaku rumah tangga terhadap food waste pada tingkat rumah tangga di negara berkembang, khususnya Indonesia. Penelitian ini dilakukan di kota Malang, Jawa Timur. Responden yang dipilih adalah rumah tangga yang berada di daerah Sawojajar, kota Malang. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 48 responden. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui wawancara dengan instrument kuisioner. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Structural Equation Modelling-Parsial Least Square (SEM-PLS) degan menggunakan program WarpPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan tiga faktor dominan yang mempengaruhi food waste adalah pilihan makanan, penanganan makanan, dan rutinitas belanja. Pada variabel pilihan makanan, indikator yang paling berpengaruh adalah memilih makanan yang bebas dari bahan berbahaya. Selanjutnya pada variabel penanganan makanan, indikator yang paling berpengaruh adalah keterampilan responden saat meyimpan makanan dan memanfaatkannya kembali. Sedangkan pada variabel rutinitas belanja, membuat daftar belanja dan mematuhinya merupakan hal yang paling berpengaruh terhadap tingginya kualitas rutinitas belanja. Berdasarkan hasil yang diperoleh ada tiga upaya yang dapat dilakukan oleh konsumen di tingkat rumah tangga untuk mengurangi jumlah food waste. Pertama, dengan meningkatkan pengetahuan tentang pemilihan makanan yang baik dan pentingnya mengonsumsi makanan sehat. Kedua, meningkatkan keterampilan yang berkaitan dengan penanganan makanan baik dalam proses penyimpanan ataupun pengolahan. Ketiga, konsumen disarankan untuk berusaha membuat daftar kebutuhan sebelum berbelanja dan mematuhinya. Hal ini dapat meminimalisir terbuangnya bahan-bahan makanan yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

English Abstract

Food waste is an important issue in the world, including in Indonesia. A total of 13 million tons of food in Indonesia are wasted every year. This large portion of food waste comes from hotels, restaurants, catering, supermarkets, retail outlets, and the behavior of people who leftover their food. As far, research on food waste has been carried out in many developed countries. In Indonesia, food-related research is still limited to the amount of food waste produced in certain commodities. This paper contribute to provide the information about the factors that affect household to food waste at the developing country, especially Indonesia. This research was conducted in Malang city, East Java. The selected respondents are households located in Sawojajar area, Malang city. The number of samples in this study were 48 respondents. Data collection techniques are conducted by using the questionnaire. The analysis technique used in this study is Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) using the WarpPLS 3.0 program. The results prove that the factors that affect food is the food of choice, food handling, and routine shopping. In the food choice variable, an attractive indicator is food that is free of hazardous ingredients. Next on the food handling variable, the most appropriate indicator is the results when storing food and re-use it. While the variable shopping routines, make a shopping list and obey it is the most important thing to the quality factor of shopping routines. Favorable results are three efforts that can be done by consumers to reduce the amount of food waste. First, by increasing knowledge about good and healthy foods that consume healthy foods. Second, improve skills related to handling in the storage and processing processes. Third, consumers are advised to make a shopping-list before shopping and obey it. This can minimize wasted food ingredients that are not needed.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/553/051809664
Uncontrolled Keywords: Perilaku, Rumah Tangga, Food Waste
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 14 Dec 2018 02:29
Last Modified: 19 Oct 2021 13:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13165
[thumbnail of ROIDAH AFIFAH.pdf]
Preview
Text
ROIDAH AFIFAH.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item