Efektivitas Rezim Malacca Straits Patrol antara Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand dalam Mengatasi Pembajakan dan Perompakan Laut di Selat Malaka dan Selat Singapura pada Periode Tahun 2004 - 2010

Manurung, Jesica Claudia (2018) Efektivitas Rezim Malacca Straits Patrol antara Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand dalam Mengatasi Pembajakan dan Perompakan Laut di Selat Malaka dan Selat Singapura pada Periode Tahun 2004 - 2010. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini mengangkat tema rezim keamanan antara Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand dalam mengatasi pembajakan dan perompakan di Selat Malaka dan Selat Singapura yaitu rezim Malacca Strait Patrol. Selat Malaka dan Selat Singapura yang merupakan perairan tersibuk kedua didunia yang dipakai sebagai jalur perdagangan dan pelayaran internasional, dimana negara – negara pantai bertanggung jawab dalam menjaga dan mengamankan selat tersebut. Terdapat lonjakan angka pembajakan dan perompakan pada tahun 2004 sehingga dibutuhkannya rezim untuk mngatur kerjasama yang terbentuk antar negara pantai. Kerjasama tersebut membuahkan hasil dengan turunnya angka pembajakan dan perompakan hingga tahun 2010. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian eksplanatif dengan pengumpulan data studi yaitu studi literatur dan data sekunder. Melalui teori keefektifitasan rezim oleh Arild Underdald, penelitian ini membuktikan bahwa terdapat beberapa faktor yang menyebabkan rezim keamanan Malacca Strait Patrol merupakan rezim yang efektif, dilihat dari karakter masalah yang mudah untuk diselesaikan dan kemampuan penyelesaian masalah yang tinggi. Selain itu dalam mengamankan Selat Malaka dan Selat Singapura, penulis juga menemukan bahwa negara pantai tidak hanya melihat dari segi keamanan tetapi yang lebih berpengaruh adalah dari segi ekonomi.

English Abstract

This research raises the theme of the security regime between Indonesia, Malaysia, Singapore and Thailand in overcoming piracy and piracy in the Malacca Strait and the Singapore Strait, namely the Malacca Strait Patrol regime. The Malacca and Singapore Straits are the second busiest waters in the world that are used as international trade and shipping lanes, where coastal countries are responsible for safeguarding and securing the strait. There was a surge in piracy and piracy rates in 2004 so that a regime was needed to regulate the cooperation formed between coastal countries. The collaboration resulted in the decline in piracy and piracy figures until 2010. The type of research used was explanative research with the collection of study data namely literature studies and secondary data. Through the theory of regime effectiveness by Arild Underdald, this study proves that there are several factors that cause the Malacca Strait Patrol security regime to be an effective regime, judging from the character of problems that are easy to solve and high problem solving capabilities. In addition to securing the Malacca Strait and the Singapore Strait, the author also found that the coastal state did not only look at the security side but the more influential was in terms of economics.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/694/051809048
Uncontrolled Keywords: Rezim, Keamanan, Malacca Strait Patrol, Selat Malaka, Selat Singapura Regime, Security, Malacca Strait Patrol, Malaca Strait, Singapore Strait
Subjects: 300 Social sciences > 341 Law of nations > 341.7 International cooperation > 341.72 Mutual security
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Feb 2019 03:14
Last Modified: 22 Oct 2021 03:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13157
[thumbnail of Jesica Claudia Manurung.pdf]
Preview
Text
Jesica Claudia Manurung.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item