RiskaViantin (2016) Analisis Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Kecap Ukm Cemara Food Di Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Saat ini perkembangan agroindustri dapat dikatakan sangat pesat. Hal ini dikarenakan peluang agroindustri semakin besar dilihat dari sisi permintaan produk dan sisi penawaran bahan baku dan tenaga kerja. Tingkat persaingan dalam agroindustri pun sangat ketat karena setiap perusahaan senantiasa berusaha untuk dapat meningkatkan pangsa pasar dan meraih konsumen baru. Perusahaan harus dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat agar usahanya dapat bertahan dan memenangi persaingan agar tujuan dari perusahaan tercapai. Pada dasarnya, semakin banyak pesaing, maka semakin banyak pula pilihan bagi konsumen untuk dapat memilih produk yang sesuai dengan harapannya. Salah satu agroindustri yang sedang berkembang saat ini adalah agroindustri pengolahan kedelai. UKM Cemara Food di Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar merupakan salah satu agroindustri pengolahan kedelai di Blitar. UKM ini berdiri sudah cukup lama dan merupakan salah satu UKM yang membidik konsumen di pedesaan. Oleh karena itu, di pasar-pasar tradisional banyak sekali dijumpai kecap hasil dari produksi UKM Kecap di Talun. Namun, Seiring dengan berjalannya waktu, produsen kecap terus bermunculan baik dalam skala kecil atau skala besar. Meningkatnya merek-merek kecap baru, menjadikan persaingan bisnis di sektor agroindustri ini semakin menarik. Hal inilah yang membuat UKM Cemara Food di Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar harus dapat bersaing di tengah banyaknya produsen kecap. Persaingan yang ketat menyebabkan perusahaan semakin sulit untuk meningkatkan jumlah konsumen. Oleh karena itu, upaya menjaga loyalitas konsumen merupakan hal penting yang harus selalu dilakukan oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel citra merek terhadap variabel loyalitas konsumen produk kecap cemara dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis kuantitatif dengan regresi linier berganda. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut: Variabel Citra Merek (brand image) yang terdiri dari Citra Pembuat (corporate image), Citra Pemakai (user image), dan Citra Produk (product image) berpengaruh secara simultan terhadap Loyalitas Konsumen produk kecap di UKM Cemara Food di Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji F dengan nilai F hitung sebesar 14,398 dan nilai F tabel sebesar 2,61. Berdasarkan nilai tersebut, maka F hitung lebih besar dari F tabel (14,398 > 2,61) sehingga dapat dikatakan bahwa variabel citra merek (X) berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas konsumen (Y). Pengaruh secara parsial dibuktikan oleh hasil uji t dengan hasil t hitung dari variabel Citra Pembuat (X1) sebesar 2,210, t hitung dari variabel Citra Pemakai (X2) sebesar 4,069 dan t hitung dari varibel Citra Produk (X3) sebesar 2,536 yang masing-masing lebih besar dari t tabel yaitu 2,0095 sementara nilai probabilitas dari ketiga variabel lebih kecil dari 0,05. Hal ini berarti bahwa variabel Citra Pembuat (X1), Citra Pemakai (X2), dan Citra Produk (X3) berpengaruh positif terhadap Loyalitas Konsumen (Y) dan mempunyai nilai yang konstan di setiap penambahan satu persen dari Citra Pembuat, Citra Pemakai yang mempengaruhi konsumen. Faktor-faktor dari Citra Merek (brand image) yang berpengaruh paling dominan adalah Variabel Citra Pemakai denngan nilai unstandardized coefficient sebesar 0,490. Variabel Citra Pemakai terdiri dari beberapa sub variabel yaitu manfaat produk, produk dapat dibeli oleh semua kalangan, serta dapat dikonsumsi semua kalangan usia. Variabel yang berpengaruh selanjutnya adalah Variabel Citra Produk dengan nilai unstandardized coefficient sebesar 0,253. Variabel Citra Produk terdiri dari beberapa sub variabel yaitu merek dan logo produk, harga produk, cita rasa produk serta informasi pada kemasan. Variabel yang berpengaruh selanjutnya adalah Variabel Citra Pembuat dengan nilai unstandardized coefficient sebesar 0,022. Variabel Citra Pembuat terdirir dari beberapa sub variabel yaitu popularitas perusahaan, kredibilitas perusahaan serta jaringan distribusi. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan di UKM Cemara Food di Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar terdapat beberapa saran yang diajukan kepada UKM Cemara Food sebagai berikut: UKM Kecap Cemara Food di Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar harus mampu mempertahankan citra yang terbentuk untuk para konsumen produk kecap dengan rutin melakukan evaluasi untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan produk agar sesuai dengan harapan konsumen dengan cara meningkatkan citra pembuat. Peningkatan citra pembuat dilakukan dengan promosi agar perusahaan semakin dikenal, meningkatkan mutu produk kecap, serta memperluas ruang lingkup pemasaran produk kecap agar produk kecap Cemara semakin dikenal masyarakat. UKM Cemara Food sebaiknya rutin melakukan promosi dengan dengan menggunakan media cetak, memberikan brosur dan kalender, memasang baleho di sekitar perusahaan atau dengan yang lainnya. Promosi yang menarik dapat meningkatkan loyalitas konsumen sekaligus meningkatkan citra atau nama perusahaan. Promosi juga dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan dan loyalitas konsumen produk kecap.
English Abstract
Now the development of agroindustry it can be said very rapidly. It was because opportunities agroindustry the bigger seen from the demand side products and the supply side of raw material and labor. A level playing in agroindustry is very tight because each company always trying to can expand its market and grabbed new consumer. Companies should be able to marketing strategies proper that business can survive and won competition that the purpose of company reached. Basically, the more competitors, so the more it an option for consumers to elect products that suit hope. One agroindustry developing now is agroindustry processing soybean .SME Cemara food in Sub District talun, District blitar is one of agroindustry processing soybean in blitar. SME it stands have long and is one of SME that aims consumers in rural areas. Hence, in traditional markets a lot of found soy sauce the result of production SME in talun soy sauce. But, along with the passing of time, producers soy sauce kept coming in both scale small or a large scale. The new brands soy sauce, made business competition sector agroindustry this the more interesting. This is what make SME Cemara food in Sub District Talun, District blitar must be able to compete it was because producers soy sauce. An intense competition cause of the increasingly difficult to increase the number of consumers .Hence , this effort to ensure loyalty consumers is an important thing which must always be been held by the company. This study aims to to analyze variable influence on variables image brand loyalty consumer products soy sauce spruce and what factors influence it. This research uses the method descriptive analysis and quantitative analysis by the linear regression multiple. Based on research conducted the results as follows: Variable image brand consisting of image a maker (corporate image), image users (user image), images and the product (product image) influential simultaneously to loyalty consumer products soy sauce in SME Cemara food in Sub District Talun, District Blitar. This is proven with the test F with the f count of 14,398 and value f table of 2,61. Based on the value of the debt, so F count greater than F table (14,398 > 2,61) so that it may be said that variable image brand (X) influential simultaneously to loyalty consumers (Y). Influence in partial evidenced by the results of test t with the results of t count of variable image a maker (X1) as much as 2,210, t count of variable image users (X2) as much as 4,069 and t count of varibel image the product (X3) as much as 2,536 that each greater than t table namely 2,0095 and the rupiah probability of the three variable smaller than 0.05. This means that variable image a maker (X1), image users (X2), images and the product (X3) have had a positive impact of loyalty consumers (Y) and it has value constant in each the adding of one percent of image maker , the wearer image affect consumers . Factors of image brand an influential most dominant is the variable image users denngan value unstandardized coefficient of 0,490. Variable image users consisting of several sub variable namely benefits products, products can purchased by all quarters, and can be consumed by all quarters age.Variables influential next is the variable image of product with value unstandardized coefficient of 0,253. Variable image products consisting of several sub variable which is brand and logo products, product price, full-flavored the product and information around.Variables influential next is the variable image maker with the unstandardized coefficient of 0,022. Variable image terdirir maker of several sub variable namely popularity company, credibility company and distribution network. Based on the results of a research done in SME Cemara food in Sub District Talun, District Blitar there are some of the suggestions submitted to SME Cemara food as follows: SME soy sauce Cemara food in Sub District Talun, District Blitar must be able to maintain the image of formed to consumers products soy sauce to routinely evaluate to fix deficiencies of products to fit in the hope of consumers by means of improve the image of maker. An increase in image maker done with a promotion company to was known, improve the quality of products soy sauce, and extending the sphere of product marketing soy sauce that products soy sauce Cemara the best known to the public. SME Cemara food should regularly perform to promote by using the print, give brochures and the calendar, set up baleho around company or by another. A promotion interesting can increase loyalty consumers as well as increase image or the name of a firm. Promotion also performed with the purpose to boost sales and loyalty consumer products soy sauce.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2016/518/051609205 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Sugiantoro |
Date Deposited: | 19 Oct 2016 09:48 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 12:34 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131522 |
Preview |
Text
Cover_jurnal.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
daftar_isi_dll.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Cover_Skripsi.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Jurnal_Riska_Viantin_125040100111127.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Skripsi_Riska_Viantin_125040100111127.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |