Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Brand Image Produk Herbal (Studi Kasus pada Merek “Sido Muncul”).

SeptianNurHAziz (2016) Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Brand Image Produk Herbal (Studi Kasus pada Merek “Sido Muncul”). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemasaran merupakan bagian penting dari sebuah perusahaan. Pemilihan strategi pemasaran dapat menentukan bertahan tidaknya suatu perusahaan menghadapi berbagai perkembangan, baik dari segi kebutuhan konsumen, perkembangan pasar, maupun dalam menghadapi para pesaing. Strategi yang dapat diterapkan untuk dapat tetap eksis dan bertahan ditengah-tengah persaingan salah satunya dengan meningkatkan strategi promosi. Strategi promosi yang baik dapat mendekatkan kebutuhan konsumen sehingga produk yang dihasilkan dapat diketahui dan dibeli oleh konsumen. Salah satu jenis promosi adalah dengan melalui iklan pada media televisi. Hal yang perlu diperhatikan dalam iklan pada media televisi adalah penggunaan selebriti sebagai pendukung atau disebut dengan celebrity endorser. Pemilihan celebrity endorser yang tepat dapat meningkatkan nilai brand image dari suatu produk. Saat ini perkembangan produk herbal trus mengalami peningkatan tersebut dilihat dari pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) 29% dari hanya RP 6,5 triliun pada tahun 2013 diyakini akan menjadi Rp. 8,4 triliun pada tahun 2016. Data tersebut perhitungan dari Euromonitor yang mendata pertumbuhan industri produk herbal yang mencakup 9,1 dari PDB nasional setelah anjlok pada tahun 2013 ke level 7,8. Pertumbuhan industri herbal diperkirakan sampai pada nilai 9,2 pada tahun 2016. Hal tersebut dikarenakan masyarakat mulai sadar akan bahaya yang ditimbulkan oleh penggunaan obat-obat kimia dalam jangka waktu panjang, sehingga masyarakat mencari alternatif pengobatan lainnya yaitu dengan menggunakan produk herbal. PT. Sido Muncul, Tbk. merupakan salah satu perusahaan yang yang bergerak pada bidang produk herbal. Menghadapi persaingan yang semakin ketat pihak Sido Muncul menerapkan strategi promosi dengan menggunaan celebrity endorser untuk meningkatkan brand image produk mereka. Banyak selebritis dari berbagai bidang pekerjaan baik dari dalam negeri dan mancanegara dikontrak untuk menjadi endorser produk Sido Muncul. Kenyataannya penggunaan celebrity endorser tersebut tidak serta merta meningkatkan penjualan produk Sido Muncul secara dratis. Dari penjabaran tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Brand Image Produk Herbal khususnya pada produk Sido Muncul. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh faktor–faktor celebrity endorser terhadap brand image produk herbal dan untuk menganalisis faktor–faktor celebrity endorser yang paling berpengaruh terhadap brand image produk herbal, dan menganalisis faktor–faktor celebrity endorser yang paling berpengaruh terhadap brand image produk herbal. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Penentuan lokasi dilakukan dengan metode purposive dengan alasan bahwa wilayah Lowokwaru merupakan daerah yang tergolong padat penduduk, hal tersebut dapat diketahui bahwa di Kecamatan Lowokmaru terdapat beberapa sekolah mulai dari taman kanak-kanak hingga sekolah menengah atas dan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, sehingga banyak pendatang dari luar kota yang tinggal di Kecamatan Lowokwaru. PT Sido Muncul Tbk. sendiri memproduksi bermacam-macam produk dengan segmentasi semua masyarakat dari berbagai usia dan strata sosial, sehingga Kecamatan Lowokwaru sesuai dengan tujuan penelitian ini. Responden dalam penelitian ini berjumlah 70 orang. Penentuan responden menggunakan metode accidental sampling yaitu responden yang dipilih merupakan siapa saja yang kebetulan ditemui sedang membeli atau mengkonsumsi produk Sido Muncul dan dianggap sesuai sebagai responden. Pada penelitian ini metode pengumpulan data primer diperoleh melalui wawancara. Wawancara dilakukan dengan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpul data. Sementara itu untuk data sekunder diperoleh melalui buku, jurnal dan literature internet yang sesuai dengan tujuan dari penelitian. Metode analisis data menggunakan path analisys (analisis jalur), yaitu untuk melihat jalur pengaruh celebrity endorser terhadap brand image. Hasil analisis jalur diketahui bahwa celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image. Besarnya pengaruh adalah sebesar 63% dan sisanya yaitu 37% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model. yaitu diantaranya adalah waktu penanyangan iklan, intensitas penanyangan iklan, dan ide kreatif yang ditampilkan dalam iklan tersebut. Pengaruh tersebut disebabkan karena konsumen tertarik dengan iklan pada televisi karena menampilkan celebrity yang menjadi idola konsumen, sehingga lebih mudah untuk memberikan kepercayaan kepada merek tersebut. Faktor yang paling berpengaruh adalah credibility of endorser yaitu sebesar 11%. Konsumen lebih tertarik kepada celebrity yang memiliki popularitas dan reputasi yang tinggi. Seringnya celebrity endorser tersebut muncul membuat konsumen lebih mengenal mereka, selain hal tersebut celebrity endorser Sido Muncul terkenal sebagai sosok-sosok yang memiliki reputasi yang baik sehingga mereka mendapatkan rasa hormat dari konsumen, rasa hormat tersebutlah yang berdampak kepada produk yang mereka dukung. Sedangkan faktor attractiveness of endorser, expertise of endorser, dan trustworthiness of endorser secara berurutan memberikan pengaruh kepada brand image sebesar 8,8%, 5,6% dan 3,3%. Saran dalam memilih celebrity yang akan digunakan sebagai pendukung produknya untuk lebih memperhatikan aspek credibility of endorser atau daya tarik yang dimiliki oleh seorang endorser. Karena mampu untuk meningkatkan citra merek Sido Muncul pada persepsi konsumen

English Abstract

Marketing is an essential part of a company. Selection of a marketing strategy can determine whether a company survive face a variety of developments, both in terms of consumer needs, market developments, and in the face of competitors. The strategy can be applied in order to exist and survive in the midst of competition either by increasing promotional strategies. Good promotional strategy can bring the needs of consumers so that the products can be seen and purchased by consumers. One type of promotion is through advertising on television. Things to consider in advertising on television media is the use of celebrity supporters or so-called celebrity endorser. Selection of the right celebrity endorser can increase the value of the brand image of a product. Currently the development of herbal products then increase the visits of growth in Gross Domestic Product (GDP) is only 29% of RP 6.5 trillion in 2013 is believed to be Rp. 8.4 trillion in 2016. The data from Euromonitor calculation that record industrial growth of herbal products that include 9.1 of the national GDP after a drop in 2013 to a level of 7.8. The growth of the herbal industry is estimated to arrive at the value of 9.2 in 2016. That is because the public became aware of the dangers posed by the use of chemical drugs in the long term, so that people are looking for other treatment alternative is to use herbal products. PT. Sido Muncul, Tbk. is one company that is engaged in the field of herbal products. Faced with increasingly fierce competition Sido Muncul parties implement promotional strategies by the use of celebrity endorser to improve the brand image of their products. Many celebrities from various fields of work both from domestic and foreign contracted to be a product endorser Sido Muncul. In fact the use of celebrity endorser does not necessarily improve product sales Sido Muncul drastically. The elaboration of researchers interested in conducting research on the Influence of celebrity endorser against brand image product herbal particular on products Sido Muncul. The purpose of this study was to analyze the influence of the factors celebrity endorser of the brand image of herbal products and to analyze the factors celebrity endorser that most influence on the brand image of herbal products, and analyzes the factors celebrity endorser that most influence on the brand image of herbal products. This research was conducted in Lowokwaru District, Malang. The location determination is done by using purposive on the grounds that the area Lowokwaru an area classified as a densely populated, it can be seen that in the District Lowokmaru several schools ranging from kindergartens to high schools and universities, both public and private, so many newcomers from out of town who live in District Lowokwaru. PT Sido Muncul Tbk. itself produces a variety of products with all segments of society of all ages and social strata, thus Lowokwaru District in accordance with the objectives of this study. Respondents in this study amounted to 70 people. Determination of respondents using accidental sampling method that respondents who have a chance encounter anyone who is buying or consuming the product and deemed appropriate Sido Muncul as respondents. In this study the method of collecting primary data obtained through interviews. Interviews were conducted using questionnaires as a data collection tool. Meanwhile, secondary data obtained through books, journals and internet literature relevant to the objectives of the research. Methods of data analysis using analisys path, which is to see the path to the influence of celebrity endorser brand image. The results of path analysis known that celebrity endorser positive and significant impact on the brand image. The magnitude of the effect was 63% and the remaining 37% is influenced by other variables outside the model. which include advertising impressions time, the intensity of advertising impressions, and creative ideas are displayed in the ad. The effect is caused because consumers are interested in advertising on television for featuring celebrity who became the idol of consumers, making it easier to give confidence to the brand. The most influential factor is the credibility of the endorser, namely by 11%. Consumers are more interested in the celebrity who has a high popularity and reputation. Often the celebrity endorser Sido muncul to make consumers more familiar with them, other than it Sido Muncul famous celebrity endorser as figures who have a good reputation so they earned the respect of consumers, respect is exactly what impact the products they support. While the attractiveness factors of endorser, expertise of endorser, and trustworthiness of an endorser sequentially giving effect to the brand image by 8,8%, 5,6% and 3,3%. Advice on choosing a celebrity to be used as supporting products for more attention to aspects of credibility of the endorser or attraction owned by an endorser. Being able to enhance the brand image Sido Muncul on consumer perceptions

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2016/495/051609182
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 07 Nov 2016 14:58
Last Modified: 19 Oct 2021 12:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131502
[thumbnail of AZIZ_SEPTIAN_NUR_H_125040100111093.pdf]
Preview
Text
AZIZ_SEPTIAN_NUR_H_125040100111093.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item