Pengaruh Pemberian Pupuk Nitrogen terhadap Pertumbuhan Tanaman Tebu (Saccharum officinarum L.) Ratoon 1 pada Tanah Inceptisol.

Rahayu, IrmaPuji (2016) Pengaruh Pemberian Pupuk Nitrogen terhadap Pertumbuhan Tanaman Tebu (Saccharum officinarum L.) Ratoon 1 pada Tanah Inceptisol. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tebu merupakan salah satu tanaman pemanis yang dimanfaatkan sebagai bahan baku utama dalam pembuatan gula. Pada tahun 2008-2013 produksi gula di Indonesia secara terus-menerus mengalami penurunan. Penurunan hasil produksi diduga sebagai akibat miskinnya unsur hara makro (N, P, K) dan ketersediaan bibit tebu. Teknologi tanaman kepras (Ratoon Cane) merupakan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan bibit tebu. Salah satu unsur hara makro yang diperlukan untuk pertumbuhan awal (fase vegetatif) tanaman tebu adalah nitrogen. Peranan nitrogen bagi tanaman tebu adalah (a) meningkatkan produksi dan kualitasnya, (b) untuk pertumbuhan vegetatif (pertumbuhan tunas, daun, batang), (c) Pertumbuhan vegetatif berarti mempengaruhi produktivitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk nitrogen terhadap pertumbuhan tanaman tebu ratoon 1 pada fase vegetatif. Penelitian dilaksanakan di Kebun Percobaan Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat Malang, pada bulan Juli 2015 hingga Februari 2016. Parameter pengamatan meliputi pertumbuhan tanaman (jumlah batang, tinggi tanaman, jumlah ruas, diameter batang), kadar N-total tanah, kadar nitrogen daun dan kadar klorofil. Percobaan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan terdiri dari pemberian dosis pupuk nitrogen yang berbeda. Pemberian dosis pupuk nitrogen yaitu N1 = 0; N2 = 70 kg N ha-1; N3 = 140 kg N ha-1; N4 = 210 kg N ha-1; N5 = 280 kg N ha-1. Pemupukan menggunakan pupuk ZA sebagai sumber nitrogen bagi pertumbuhan tanaman tebu ratoon 1. Pemupukan dilakukan dua kali yaitu pada saat tebu berumur 4Minggu Setelah Kepras (MSK) dengan 1/3 dosis pupuk nitrogen dan 12 MSK dengan 2/3 dosis pupuk nitrogen.Data diuji dengan analisis ragam pada taraf 5%, dilanjutkan dengan uji BNJ, analisis korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan pemberian pupuk nitrogen berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan tanaman tebu yang meliputi jumlah anakan, tinggi tanaman, jumlah ruas, dan diameter batang. Selain itu, pemberian pupuk nitrogen berpengaruh nyata terhadap kadar N-total tanah, kadar nitrogen daun, dan kadar klorofil. Pemberian dosis pupuk yang berbeda dari semua parameter pengamatan pertumbuhan tanaman, perlakuan terbaik terjadi pada perlakuan N5 dengan dosis 280 kg N ha-1 hingga umur 28 MSK. Pengamatan pertumbuhan meliputi jumlah batang per meter sebanyak 14, tinggi tanaman dengan tinggi 240 cm, jumlah ruas sebanyak 17, diameter atas sebesar 3,01 cm, diameter batang tengah sebesar 3,13 cm dan diameter batang bawah sebesar 3,25 cm. Sedangkan pengaruh pemberian dosis pupuk nitrogen terhadap kadar N-total tanah memberikan nilai tertinggi pada perlakuan dosis pupuk sebesar 280 kg N ha-1 dengan nilai 0,14 % pada umur 20 MSK, kadar nitrogen daun sebesar 2,15 % pada umur 24 MSK dan kadar klorofil sebesar 75,35 SPAD unit pada umur 24 MSK.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2016/452/051608337
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 551 Geology, hydrology, meteorology
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Aug 2016 13:57
Last Modified: 19 Oct 2021 07:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131454
[thumbnail of Skripsi_Irma_Puji.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Irma_Puji.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item