Analisis Pendekatan Target Costing Dalam Meningkatkan Efisiensi Biaya Produksi Wingko Babat Di Umkm Rumah Wingko Babat Cap Pohon Kelapa, Kec. Tembalang, Kota Semarang

Arifiana, Adilla (2018) Analisis Pendekatan Target Costing Dalam Meningkatkan Efisiensi Biaya Produksi Wingko Babat Di Umkm Rumah Wingko Babat Cap Pohon Kelapa, Kec. Tembalang, Kota Semarang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

UMKM Rumah Wingko Babat Cap Pohon Kelapa merupakan badan usaha yang berdiri sejak tahun 2016 dan memproduksi wingko babat khas Semarang. UMKM Rumah Wingko Babat Cap Pohon Kelapa merupakan pemasok makanan ringan wingko babat untuk konsumen yang berada di Semarang. Harga jual yang telah ditetapkan UMKM Rumah Wingko Babat Cap Pohon Kelapa untuk konsumen tidak dapat dinaikkan karena jika dilakukan kenaikan maka konsumen akan mencari produsen yang baru dengan harga lebih rendah. Peningkatan laba yang diharapkan oleh perusahaan tidak dapat dilakukan dengan cara menaikkan harga jual wingko babat sehingga diperlukan strategi lain yaitu mengefisiensikan biaya produksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai biaya tradisional atau biaya yang sudah ada di perusahaan agar mengetahui penyebab mahalnya biaya produksi untuk dilakukan penekanan biaya yang lebih efisien dengan metode target costing. Target costing menurut Witjaksono 2013, adalah penetapan harga pokok produk sebagai dasar penetapan harga jual sehingga target laba yang diinginkan akan tercapai. Metode ini sering digunakan dalam mengefisiensikan biaya agar laba yang diinginkan perusahaan tercapai. Target costing di UMKM Rumah Wingko Babat Cap Pohon Kelapa bertujuan untuk meningkatkan profit dengan menurunkan biaya produksi.Pengambilan data di UMKM Rumah Wingko Babat Cap Pohon Kelapa dilakukan sejak April 2017. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur dari penelitian terdahulu. Berdasarkan perhitungan terdapat selisih penggunaan biaya sesudah dan sebelum menggunakan metode target costing. Perhitungan sebelum menggunakan target costing didapat nilai sebesar Rp.64.685.000 sedangkan biaya yang dikeluarkan dengan menggunakan metode target costing yaitu Rp. 59.408.000. Biaya tradisonal lebih tinggi ketimbang biaya yang dikeluarkan dengan menggunakan metode target costing. Rekayasa nilai yang dilakukan untuk menekan biaya tradisional agar tercapai laba yang diinginkan yaitu mengurangi penggunaan kemasan pada wingko babat dan brosur cetak untuk pemasaran Kemasan yang terdapat dalam satu box wingko terdapat dua lapis plastik dimana pada rekayasa nilai ini dikurangi satu penggunaan plastik. Plastik yang digunakan yaitu pada bagian wingko babat dikemas per 10 wingko babat untuk satu box wingko babat. Cara mengurangi biaya pemasaran adalah dengan menguranig biaya percetakan brosur. Jumlah brosur yang dicetak dari 255 lembar brosur perbulan dapat dikurangi sampai 195 lembar brosur per bulan. Total pengurangan jumlah brosur tersebut dapat memningkatkan profit dari UMKM Rumah Wingko Babat Cap Pohon Kelapa. Margin profit yang dicapai pada rekayasa nilai ini sebesar 35,2 % dimana target laba sudah tercapai dengan harapan perusahaan sebesar 35 %. ii Biaya standard yang telah ditentukan perusahaan lebih tinggi daripada biaya yang dihitung menggunakan metode target costing. Hal ini menunjukkan bahwa perhitungan menggunakan metode target costing lebih efisien. Perhitungan target costing dapat digunakan sebagai acuan biaya yang akan dikeluarkan untuk periode berikutnya oleh UMKM Rumah Wingko Babat Cap Pohon Kelapa. Pencapaian laba yang diharapkan dapat diperoleh meskipun tidak menaikkan harga jual produk wingko babat dengan menggunakan perhitungan target biaya asalkan biaya yang dikeluarkan tidak melebihi target yang telah ditentukan. UMKM Rumah Wingko Babat Cap Pohon Kelapa diharapkan melakukan pengurangan penggunaan kemasan agar target laba tercapai untuk periode berikutnya.

English Abstract

Development of micro-middle company in Indonesia is very huge. In 2015 amount of micro-middle company are 60,7 million units and for the micro scale (98,73%). The growth UMKM in period 2011-2015 gets 2,4%, and the biggest growth at middle company (8,7%) UMKM Rumah Wingko Babat Cap Pohon is one of the UMKM that established in 2016. UMKM Rumah Wingko Babat Cap Pohon is a supplier of wingko babat snack for customers in Semarang and the surrounding areas. The sale price has been set by UMKM Rumah Wingko Babat Cap Pohon for the customers cannot be raised one-sidedly since if it does then the customers will seek new suppliers with a lower price. Since the profit expected by the company couldn’t be done by raising the selling price of wingko babat, other strategies are needed to make the production cost more effective. This study aims to learn about the value of traditional costs or the costs that are already in the company in order to determine the cause of the high cost of production to help decrease the production cost efficiently with the target costing method. According to Witjaksono (2013), target costing is the principal product pricing as the basis for settling the selling price so that the desired profit target can be achieved. This method is often used in order to make production cost efficient so that the preferred profit targeted by a company is achieved. The purpose of Wingko Babat SMI is to up grading the profit by reduce the production cost. Collecting data of Wingko Babat Cap Pohon Kelapa SMI since april 2017. Data collected by observation, interview, documentation and literature study from research before. Based on the calculation, there is a difference between the cost production before and after the use of target costing method. The cost calculation before the use of target costing method is Rp.64.685.000 while the cost spent after the use of target costing is Rp. 59.408.000. The traditional cost is higher than the cost incurred by using the method of target costing. The modified cost that was done hold down the traditional cost so that the desired profit can be achieved is by the reduction of the wingko babat’s packaging and marketing cost. Before the packaging in one box of wingko babat has 2 layers of plastics where after the modification is done only 1 layer of plastic is used. The plastic layer that was used to wrap individually is now used to wrap 10 wingko babat all together in one box.The method to decrease production of marketing is reduce amount of brochure. Total brocure that printed every month are 255 pcs, it can reduce until 195 pcs per month. It can be upgrade profit of UMKM Rumah Wingko Babat Cap Pohon Kelapa. The margin profit that was achieved using the modified cost is about 35,2% where the target profit of 35% has been achieved. The traditional cost that was set by the company is higher than the cost calculated using the target costing method. This shows that the calculation using the target costing method is more efficient. The calculation using target costing iv can be used as the standard cost that would be spent in the next period by UMKM Rumah Wingko Babat Cap Pohon Kelapa. The targeted earnings could be obtained even without raising the selling price of the wingko babat product using the target costing method as long as the cost does not exceed the predetermined targets.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/543/051809654
Uncontrolled Keywords: Target Costing, Efisiensi, Biaya Produksi, Wingko Babat
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.45 Production efficiency
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 03 Dec 2018 07:09
Last Modified: 19 Oct 2021 12:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13141
[thumbnail of ADILLA ARIFIANA.pdf]
Preview
Text
ADILLA ARIFIANA.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item