Pemanfaatan Kompos dan Mikoriza terhadap Sifat Fisik, Ketersedian P, Pertumbuhan dan Hasil Jagung Manis (Zea mays L. Saccharata) pada Tanah Berpasir

Arief, Abdurrachman (2016) Pemanfaatan Kompos dan Mikoriza terhadap Sifat Fisik, Ketersedian P, Pertumbuhan dan Hasil Jagung Manis (Zea mays L. Saccharata) pada Tanah Berpasir. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tanah Berpasir Merupakan Tanah Yang Sifat Fisiknya Sebagian Besar Kurang Baik Bagi Tanaman. Penyebab Tanah Berpasir Kurang Baik Untuk Tanaman Dikarenakan Keadaan Fisik Yang Kurang Mendukung Untuk Tanaman Dan Juga Faktor Kesuburannya Sehingga Perlu Diberikan Perlakuan Khusus Dalam Pengelolaan Serta Pengolahannya. Pemberian Bahan Perbaikan Pada Tanah Atau Pembenah Tanah Sangat Beragam Baik Dari Jenis Maupun Jumlah Yang Diberikan Pada Tanah. Kompos Merupakan Salah Satu Bahan Yang Dapat Digunakan Dalam Perbaikan Tanah Dan Juga Sebagai Sumber Hara Pada Tanah Untuk Tanaman, Sehingga Kompos Dapat Dijadikan Sebagai Salah Satu Sumber Pembenah Tanah. Peran Mikoriza Dalam Tanah Terhadap Pertumbuhan Tanaman, Menurut Bot (2005) Dapat Meningkatkan Luas Permukaan Yang Berhubungan Dengan Akar Tanaman Yang Memungkinkan Tanaman Untuk Mencapai Unsur Hara Dan Air Yang Mungkin Tidak Tersedia. Tujuan Dari Penelitian Ini Mempelajari Pengaruh Pemberian Kompos Dan Mikoriza Terhadap Sifat Fisik Tanah, Ketersediaan P, Pertumbuhan, Dan Hasil Jagung Manis (Zea Mays L. Saccharata.) Di Tanah Berpasir. Penelitian Ini Dilakukan Pada September 2015 – Januari 2016 Pada Kebun Percobaan Universitas Brawijaya Di Karangploso, Malang. Contoh Tanah Diambil Di Desa Wonoayu, Wajak, Kabupaten Malang Pada Kedalaman 0 – 20 Cm. Bahan Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Kompos Dan Mikoriza. Tanaman Jagung Yang Digunakan Adalah Jagung Manis Hibrida. Penelitian Ini Menggunakan 13 Perlakuan Dengan 3 Kali Ulangan. Pengamatan Pertumbuhan Tanaman Dilakukan 1 Minggu Sekali, Sedangkan Pengamatan Sifat Fisik Tanah Dilakukan Pada Saat 11 Minggu Setelah Tanam. Variabel Pengamatan Sifat Fisik Tanah Meliputi Berat Isi, Porositas Tanah, Dan Kandungan Air Tersedia, Sedangkan Parameter Pertumbuhan Tanaman Meliputi Tinggi Tanaman, Jumlah Daun, Dan Berat Basah Tongkol. Pemberian Kompos Dan Mikoriza Tidak Memberikan Pengaruh Nyata Terhadap Semua Parameter Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Jagung Manis Pada Tanah Berpasir. Perlakuan P4 (Kompos 5 T Ha-1 + Mikoriza 5 G Tan-1) Merupakan Perlakuan Yang Paling Baik. Perlakuan Ini Merupakan Perlakuan Dengan Rerata Nilai Berat Isi Rendah (0,90 G Cm-3), Porositas Tinggi (589,25 %), Kandungan Air Tersedia Yang Tinggi (21,10 %) Dan Kandungan P Tersedia Tinggi (1,55 Mg Kg-1).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2016/41/051602687
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 551 Geology, hydrology, meteorology
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Apr 2016 12:53
Last Modified: 19 Oct 2021 05:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131407
[thumbnail of SKRIPSI__ABDURRACHMAN_ARIEF_115040201111136.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI__ABDURRACHMAN_ARIEF_115040201111136.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item