Analisis Nilai Tambah Dan Penerapan Blue Ocean Strategy Terhadap Strategi Pengembangan Ukm Kopi Bubuk Sido Luhur, Kelurahan Sawojajar, Kabupaten Malang Dalam Menghadapi Mea

Manurung, MarethaGustina (2016) Analisis Nilai Tambah Dan Penerapan Blue Ocean Strategy Terhadap Strategi Pengembangan Ukm Kopi Bubuk Sido Luhur, Kelurahan Sawojajar, Kabupaten Malang Dalam Menghadapi Mea. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kopi merupakan salah satu komoditas perkebunan yang memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Menurut ICO (2012), Indonesia merupakan eksportir keempat dunia setelah Brazil, Vietnam, dan Colombia untuk komoditi kopi, dengan peran rata-rata sebesar 4,76 persen terhadap total ekspor dunia. Jawa Timur merupakan salah satu wilayah yang menjadi sentra produksi kopi. Salah satu wilayah di Jawa Timur yang memiliki potensi dalam pengembangan komoditi kopi yaitu Kabupaten Malang. Tingginya potensi pengembangan kopi berdasarkan luas lahan mendorong banyak berdirinya usaha pengolahan kopi di Kabupaten Malang. Salah satu industri pengolahan kopi yang berada di Malang yaitu UKM Kopi Sido Luhur. UKM ini memproduksi kopi bubuk hitam jenis Robusta berkualitas rendah, yang banyak dijual dengan harga yang murah dengan tujuan agar semua kalangan masyarakat dapat menikmati kopi bubuk Sido Luhur. Namun semakin lama keberadaan Kopi Bubuk Sido Luhur semakin tergeser karena banyak industri yang bisa membuat kopi bubuk tersebut. Keadaan tersebut mendorong pemilik usaha untuk mengolah kopi bubuk sampai pada pengemasannya, sehingga dapat memberi nilai tambah pada Kopi Bubuk Sido Luhur. Permasalahan lain yang timbul adalah banyaknya industri pengolahan kopi juga menyebabkan perusahaan saling berkompetisi untuk memperebutkan pasar. Kondisi tersebut menuntut UKM Kopi Bubuk Sido Luhur untuk menciptakan inovasi nilai. Dengan penciptaan inovasi nilai maka UKM Sido Luhur tidak lagi bersaing dalam kompetisi, namun dapat membuat pasar baru menggunakan metode Blue Ocean Strategy (BOS). Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui nilai tambah yang diperoleh dari pengolahan bubuk kopi Robusta maupun Arabika pada UKM Sido Luhur, (2) merumuskan strategi pengembangan yang dapat digunakan pada UKM Sido Luhur berdasarkan analisis BOS dalam kesiapan menghadapi MEA. Analisis data yang digunakan pada penelitian adalah analisis nilai tambah menggunakan model Hayami dan analisis Blue Ocean Strategy. Analisis nilai tambah digunakan untuk mengetahui nilai tambah pada kopi bubuk arabika dan robusta. Analisis Blue Ocean Strategi digunakan untuk merumuskan strategi pengembangan pada usaha pengolahan kopi UKM Sido Luhur. Berdasarkan analisis nilai tambah yang dilakukan dapat diketahui bahwa produk kopi bubuk robusta maupun arabika keduanya memiliki nilai tambah. Nilai tambah kopi bubuk robusta sebesar Rp 20.722,00 dengan rasio nilai tambah ii sebesar 44%. Untuk kopi bubuk arabika memiliki nilai tambah sebesar Rp 33.000,00 dengan rasio nilai tambah sebesar 44%. Berdasarkan rasio nilai tambah kedua produk tersebut, maka keudanya tergolong produk yang memiliki nilai tambah tinggi. Berdasarkan analisis Blue Ocean Strategy didapatkan faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam usaha UKM Sido Luhur yang digambarkan pada kerangka kerja 4 langkah. Faktor yang dapat menjadi pendukung selama menjalankan usaha yaitu tempat pembelajaran, agrowisata, variasi produk, pembuatan label yang informatif, penjualan online, pembuatan pabrik, dan kafe, dan kualitas SDM. Faktor yang menjadi penghambat yaitu kopi bubuk Bimo, penggunaan sistem manual, dan pengiriman dengan mobil keliling yang tidak efisien. Strategi yang baik untuk diterapkan dalam perusahaan berdasarkan pendekatann Blue Ocean Strategy adalah focus, divergence, dan motto atau tagline. Setelah melakukan analisis kerangka kerja empat langkah maka UKM Sido Luhur memiliki kanvas strategi baru. Strategi baru tersebut telah mencerminkan persyaratan strategi pengembangan Blue Ocean Strategy yaitu focus, divergence, dan motto atau tagline. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan agar UKM Sido Luhur meningkatkan produksi kopi bubuk arabika, karena sudah diketahui bahwa kopi bubuk arabika juga memiliki nilai tambah. UKM Sido Luhur perlu menghapus atau mengurangi faktor-faktor yang dapat menghambat usaha pengolahan kopi bubuk, serta perlu melakukan diskusi kepada seluruh orang yang terlibat dalam menjalankan usaha, agar semua bisa bekerja sama dalam menjalankan strategi yang telah dibuat. Dalam strategi samudra biru UKM Sido Luhur memiliki fokus strategi yaitu memproduksi produk kopi bubuk yang murah dan merakyat. Murah agar semua masyarakat mampu membeli produk kopi bubuk, dan merakyat agar produk Sido Luhur dapat diterima oleh masyarakat.

English Abstract

Coffee is the leading commodity that could increase human economical value in Indonesia. According to the ICO ( 2012) , Indonesia is the fourth world exporter after Brazil , Vietnam and Colombia for the commodity of coffee , with the role of an average of 4.76 percent of total world exports. East Java is one of the areas that became the center of coffee production. One of the areas which have coffee commodity development potential is Malang. The high rate of coffee commodity development potential based on its large land, increasing coffee processing industry in Malang. One of the coffee processing industries in Malang is SMEs SidoLuhur. SME’s Sido Luhur Produce Robusta and Arabica coffee powder with low quality and low price, the SMEs goal is to make sure that everybody could buy and consume Sido- Luhur coffee powder. But in fact there are many industries that also could make this kind of coffee powder. So SMEs Sido Luhur processes coffee powder with higher quality to get more value for this coffee powder. The other problem is the high rate of industry coffee processing that makes the competition to find market more competitive. This conditions makes SME’s Sido- Luhur has to develop a strategy which has Blue Ocean Strategy as the implementation. With the creation of value innovation, SMEs Sido Luhur do not have to compete in the competition, but can create a new market using the Blue Ocean Strategy (BOS). The purpose of this research are (1) to determine the added value obtained from SMEs Coffee SidoLuhur’s Robusta and Arabica coffee powder processing, (2) to analyze the development strategy that can be use in SMEs Sido Luhur based on analysis of Blue Ocean Strategy. Analysis of the data used in this research are the analysis of value-added with the Hayami method and analysis Blue Ocean Strategy. Analysis of the added value is used to determine the value added from Robusta and Arabica coffee powder. Analysis of Blue Ocean Strategy is used to analyze the development strategy on SME’s Sido-Luhur. Based on the analysis of the added value, we know that the product of robusta and arabica coffee powder have the added value. The value added of Robusta coffee powder is twenty thousand seven hundred twenty two rupiah per kilogram, with the ratio of Robusta coffee powder is 44%. For Arabica coffee powder has the added value is thirty thousand rupiah per kilogram. It’s means that the robusta and arabica coffee powder has a high percentage of added values. iv The supporting and obstacles factors on SMEs Coffee Sido Luhur described in the framework of four steps. The factors that may become a supporting factors for SME’s Sido Luhur are a place of learning, agrotourism, product variety, informative labeling, online sales, manufacturing plant, show room and cafe, and the quality of human resources. The obstacles factors on SMEs Coffee Sido Luhur are powder Bimo , use manual systems , and delivery of the car around inefficient. A good strategy to be applied in the company based on the analysis of Blue Ocean Strategy are focus, divergence , and a motto or tagline . After analyzing the four actions framework , SMEs Sido Luhur has a new canvas strategy . The new strategy has reflected the requirements of the development strategy of the Blue Ocean Strategy are focus, divergence , and a motto or tagline. Based on the results of research , suggestion for SMEs Sido Luhur is to increase production of arabica coffee powder , because the arabica coffee powder also has the added value that deserves to be developed. SMEs Sido Luhur need to reduce the obstacles factors for coffee powder processing business , as well as the need to conduct a discussion to all people involved in the business , so that all can work together in implementing the strategy that has been made.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2016/408/ 051607560
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 10 Aug 2016 14:30
Last Modified: 10 Aug 2016 14:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131405
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item