Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Proses Pembelian Buah Durian Lokal Di Pasar Tradisional Dolopo Dan Di Pasar Modern Hypermart Di Madiun Jawa Timur

Prillia, HanifahDrisma (2016) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Proses Pembelian Buah Durian Lokal Di Pasar Tradisional Dolopo Dan Di Pasar Modern Hypermart Di Madiun Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berdasarkan Badan Pusat Statistika (BPS), kabupaten Madiun tahun 2015 merupakan wilayah produksi durian yang tinggi di Jawa Timur. Jumlah pohon durian lokal yang ada di kabupaten Madiun yaitu sebanyak 98.113 pohon dengan catatan pohon produktif sebanyak 52.603 dengan hasil produksi buah durian sebanyak 6.733,18 ton per musim durian atau sekitar 128.000 kg per pohon. Masing – masing kecamatan di Kabupaten Madiun memiliki produksi buah durian dengan jumlah produksi berbeda-beda. Produksi buah durian paling banyak yaitu terdapat di Kecamatan Dolopo, dengan jumlah poduksi buah durian pada tahun 2015 sebanyak 3.067 Ton/ Tahun. Berdasarkan data BPS tahun 2013 mengenai peningkatan konsumen buah durian di Indonesia juga mengalami kenaikan sebanyak 30,91, kenaikan konsumsi buah durian ini juga terjadi di wilayah Madiun. Penelitian dilakukan di 2 tempat yaitu di Pasar Tradisional Dolopo dan di Pasar Modern Hypermart yang berada di Madiun. Pemilihan lokasi menggunakan metode purposive dengan pertimbangan yaitu Pasar Dolopo sebagai sentra atau pusat penjualan durian lokal di daerah Madiun, sedangkan Hypermart merupakan pasar modern yang menjual buah durian lokal. Responden dalam penelitian yaitu konsumen buah durian yang membeli buah durian lokal di Pasar Dolopo dan Hypermart dengan, penentuan responden menggunakan metode accidental sampling sebanyak 90 orang responden. Konsumen akan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam membeli buah durian lokal. Faktor tersebut yaitu terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini dari faktor internal yaitu psikologis, pribadi dan sosial sedangkan dari faktor eksternal yaitu periklanan dan atribut dari buah durian. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda untuk mengetahui berapa besar hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen terhadap keputusan pembelian buah durian lokal. Sebelum melakukan analisis data juga melakukan uji kuesioner dengan uji validitas dan reliabilitas. Hasil dari regresi berganda menunjukkan hasi R square sebesar 76% di Pasar Dolopo dan 85,4% di Hypermart. Sedangkan variabel dominan yang mempengaruhi keputusan konsumen buah durian di Pasar Dolopo dari faktor internal yaitu pribadi (X2) dengan nilai beta 0,369 sedangkan dari faktor eksternal yaitu atribut (X5) dengan nilai beta sebesar 0,329. Sedangkan variabel yang dominan di Hypermart dari faktor internal yaitu psikologis (X1) dengan nilai beta 0,481 sedangkan dari faktor eksternal yaitu periklanan (X4) dengan nilai beta sebesar 0,451. Secara simultan pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen terhadap keputusan pembelian buah durian di Pasar Dolopo dan di Hypermart berpengaruh secara signifikan.

English Abstract

Based on the Badan Pusat Statistik (BPS) Madiun Districk in 2015 are part of the production durian high in east java. Number of local durian tree in Madiun district many as 98.113 trees and 52 603 productive trees with production of durian fruit as durian season 6733.18 tons, or about 128,000 kg per tree. Each sub district in Madiun Districk has a durian fruit production with a number of different production. Durian fruit production most of which is contained in Dolopo sub districk, with the number of durian producing plant in 2015 as many as 3,067 ton / year. Based on the data from 2013 on improving consumers durian fruit in indonesia also rising as much as 30,91 , the increase in consumption durian fruit this has happened in madiun districk. Research is done in two places in Dolopo traditional markets and in Hypermart modern market in madiun. Choice of location using purposive sampling method with consideration that Dolopo market as a central or local durian sales center in Madiun, while Hypermart is a modern market that sells local durian fruit. Respondents in research that is consumers fruit durian who buys fruit durian local in the market dolopo and hypermart with, the determination of respondents using accidental sampling method as many as 90 respondents. Consumers will take into account the factors that affect in buy durian local. Factors are consisting from the internal and external factors. This research use variabel is psychology, personal, social, advertising and product attributes. Analysis data using multiple regression analysis to find how much the relationship between the factors that influence consumer decisions on purchasing decisions of local durian fruit. Before use analysis data also test the questionnaire with validity and reliability test. The results of multiple regression showed results of R-square of 76% in Dolopo traditional market and 85,4% at Hypermart. While dominant variables that influence consumer decision durian fruit in the Dolopo market of internal factors are personal with a beta value of 0,369 and from external factors is a product attributes with a beta value of 0,329. While dominant variable in the Hypermart of internal factors is psychology with a beta value of 0.481, while the external factor is advertising with a beta value of 0.451. Simultaneously the influence of factors that influence the consumers decision to purchase a durian decision on the Market and at Hypermart Dolopo significant influence.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2016/401/ 051607463
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 08 Aug 2016 08:38
Last Modified: 08 Aug 2016 08:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131398
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item