Analisis Pengaruh Variabel Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Volume Pembelian Produk Minuman Sari Alang-Alang Di Ukm R.Rovit

Lestari, KartikaDini (2016) Analisis Pengaruh Variabel Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Volume Pembelian Produk Minuman Sari Alang-Alang Di Ukm R.Rovit. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Produk minuman fungsional berbahan baku alang-alang masih sangat jarang dijumpai di pasaran, padahal minuman ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Hal ini dapat dijadikan peluang untuk menggali lebih dalam tentang pemanfaatan tumbuhan alang-alang. Salah satu pihak yang berhasil mengolah akar alang-alang menjadi sebuah minuman fungsional adalah UKM R.Rovit yang terletak di Jl.Trunojoyo II Gg.Nusa Indah 22 Songgokerto Kota Wisata Batu, Jawa Timur. Tidak hanya menjadi pioneer dalam memproduksi alang-alang, UKM ini juga berhasil membina UKM lainnya di lingkungan desa Songgokerto dan Bumiaji Kota Batu, untuk memproduksi olahan produk maupun petani rosella dan rempah instan (jahe, kunyit dan temulawak). Usaha Kecil dan Menengah (UKM) memiliki potensi yang sangat besar dalam menggerakkan kegiatan ekonomi masyarakat sekaligus menjadi sumber pendapatan sebagian masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraannya. Upaya yang dapat dilakukan untuk terus mengembangkan kontinuitas UKM adalah dengan terus meningkatkan kegiatan pemasarannya. Sedangkan untuk produk minuman sari alang-alang kegiatan pemasarannya hanya dilakukan di UKM R.Rovit saja dan tidak didistribusikan ke tempat pemasaran lain. Selain itu, di kota Batu yang merupakan salah satu tujuan wisata, banyak terdapat produk minuman sari buah yang ada di pusat penjualan oleh-oleh, sehingga produk minuman sari alang-alang ini kalah saing dengan produk minuman sari buah tersebut. Salah satu strategi yang dapat meningkatkan volume pembelian produk adalah bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan tempat. Dari keempat strategi tersebut diharapkan mampu mengetahui pengaruhnya terhadap volume pembelian produk, selain itu dapat diketahui faktor mana yang paling berpengaruh terhadap peningkatan volume pembelian produk. Sehingga dapat dijadikan evaluasi serta perumusan strategi bauran pemasaran untuk produk minuman sari alang-alang di UKM R.Rovit. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis Regresi Linear Berganda berdasarkan persepsi konsumen terhadap aplikasi strategi bauran pemasaran di UKM R.Rovit. Hasil analisis regresi linear berganda menyatakan bahwa secara simultan variabel bauran pemasaran mempengaruhi volume pembelian sebesar 73,9%. Dan berdasarkan hasil analisis apabila persepsi konsumen positif yang menyatakan setuju dan sangat setuju terhadap aplikasi bauran pemasaran di UKM R.Rovit maka dapat meningkatkan volume pembelian produk sebesar 5,023 kardus (berisi 24 cup dengan ukuran 120 ml). Sedangkan, apabila persepsi konsumen negatif yang manyatakan tidak setuju, kurang setuju dan ragu-ragu terhadap aplikasi bauran pemasaran di UKM R.Rovit maka dapat menurunkan volume pembelian produk sebesar 0,304 kardus (berisi 24 cup dengan ukuran 120 ml). ii Variabel bauran pemasaran yang paling dominan memengaruhi volume pembelian adalah variabel promosi. Evaluasi strategi bauran pemasaran yang perlu dilakukan oleh UKM R.Rovit, berdasarkan prioritas utama adalah mengevaluasi strategi bauran promosi, kemudian bauran produk, lalu bauran harga serta prioritas terakhir adalah mengevaluasi bauran tempat. Dari hasil analisis yang diperoleh maka beberapa saran yang dapat dijadikan pertimbangan UKM R.Rovit untuk meningkatkan volume pembelian produk minuman sari alang-alang antara lain: Mengevaluasi strategi bauran pemasaran, dimulai dari variabel promosi yaitu dengan cara iklan melalui internet dan acara pameran. Variabel produk dengan cara memperkenalkan merek “R.Rovit” kepada konsumen. Dari variabel harga dengan cara penetapan harga produk yang ekonomis dan memberikan variasi harga. Serta yang terakhir adalah variabel tempat dengan cara memberikan petunjuk yang jelas untuk lokasi penjualan produk dan menyajikan display produk yang menarik minat konsumen.

English Abstract

Functional beverage products made from reeds are still very rare in the market, but this drink has many health benefits. It can be used as an opportunity to dig deeper into the use of plants reeds. One of the home industry that successfully change reeds into a functional beverage is home industry R.Rovit. Not only as pioneer in producing reeds, home industry R.Rovit have also succeeded in building other home industry in the village environment Songgokerto, Kota Batu. As a pioneer in producing juices reeds, home industry R.Rovit haven’t potential competitors for marketing activities. But businesses of beverage reeds, R.Rovit have not showed their efforts to expand market share. It can be seen that the beverage products reed marketing activities carried out only in home industry R.Rovit and not distributed to other marketing venues. So the beverage products reed is not well known by consumers. Beverage products reed is not yet well known by consumers, it can be seen from the volume of purchases in home industry R.Rovit whose numbers fluctuate every month. Home industry have a potential to economic development activities as well as a source of income of many people to improve their welfare. Efforts should be made to continue to develop the continuity of home industry is to continue to increase its marketing activities. As for the juice beverage products reed marketing activities carried out only in Home industry R.Rovit only and is not distributed to other marketing venues. Moreover, in the town of Batu which is one tourist destination, there are many fruit juice beverage products that is in the center of the sale of souvenirs, so that the juice beverage products Reed less competitive with the products of the fruit juice beverage. One strategy that can increase the volume of purchases of products is the marketing mix consisting of product, price, promotion and place. Of the four strategies are expected to know the effect on the volume of purchases of the product, but it can be known which factors most influence on the increase in the volume of purchases of products. So it can be used as the evaluation and formulation of strategies for product marketing mix juice drinks reeds in Home industry R.Rovit. Methods of data analysis used in this research is multiple linear regression analysis based on consumer perceptions of the marketing mix application in Home industry R.Rovit. The results of multiple linear regression analysis states that simultaneous marketing mix variables affect the volume of purchases amounted to 73.9%. And based on the analysis of consumer perception positive if the states agree and strongly agree to the marketing mix application in Home industry R.Rovit it can increase the volume of purchases of products amounted to 5.023 boxes (containing 24 cup with a size of 120 ml). Whereas, if the negative consumer perception that manyatakan disagree, disagree and doubt concerning the marketing mix application in Home industry R.Rovit it can reduce the volume of iv purchases of products amounted to 0.304 boxes (containing 24 cup with a size of 120 ml). Marketing mix variable most dominant influence purchasing volume is variable promotion. Evaluation of marketing mix strategy needs to be carried out by Home industry R.Rovit, based on the first priority is to evaluate the promotion mix strategy, then the product mix and price mix as well as the last priority is to evaluate the mix spot. From the analysis results obtained then some suggestions that can be considered Home industry R.Rovit to increase the volume of juice beverage product purchase reeds, among others: Evaluating the marketing mix strategy, starting from variable promotions by way of Internet advertising and exhibition event. Variable products by introducing the brand "R.Rovit" to consumers. Of the price variables by means of pricing the products are economical and provide a variety of prices. As well as the latter is a variable place by providing clear instructions to the location of product sales and serving of display products that attract consumers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2016/352/ 051607051
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 05 Aug 2016 09:16
Last Modified: 13 Apr 2020 12:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131344
[thumbnail of COVER_1.pdf] Text
COVER_1.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of DAFTAR_ISI-GAMBAR.pdf] Text
DAFTAR_ISI-GAMBAR.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB_I.pdf] Text
BAB_I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB_II.pdf] Text
BAB_II.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf] Text
BAB_V.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB_VI,_DAPUS,_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
BAB_VI,_DAPUS,_LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item