Persepsi Petani Terhadap Citra Merek Alat Mesin Pertanian Kasus Di Desa Mojosari Dan Desa Ngadilangkung Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang Jawa Timur

Sinurat, NarmanAryanto (2016) Persepsi Petani Terhadap Citra Merek Alat Mesin Pertanian Kasus Di Desa Mojosari Dan Desa Ngadilangkung Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Usaha dalam bidang pertanian berkaitan dengan produksi, pengolahan, pemasaran dan kegiatan lain yang berkaitan. Kotler (2001) mengemukakan bahwa keberhasilan pemasaran merupakan kunci kesuksesan dari suatu perusahaan. Pemasaran berarti bekerja dengan pasar sasaran untuk mewujudkan pertukaran yang potensial dengan maksud memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Persepsi dapat didefinisikan sebagai suatu proses dimana individu mengorganisasikan dan memaknakan kesan-kesan indera untuk dapat memberikan arti terhadap lingkungannya. Persepsi seseorang terhadap sesuatu dapat berbeda dengan kenyataan yang objektif. Persepsi dan keyakinan yang dilakukan oleh konsumen memberikan suatu citra terhadap suatu merek. Salah satu citra merek yang tertanam dalam benak petani untuk memberikan kemudahan dalam berproduksi adalah alat mesin pertanian Yanmar dan Dongfeng. Alat dan mesin pertanian merupakan salah satu ciri dari pertanian modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi atribut-atribut produk yang dipertimbangkan terhadap citra merek alat mesin pertanian dan untuk menganalisis citra merek alat mesin pertanian oleh petani padi di daerah penelitian. Dalam penelitian ini lokasi ditentukan secara sengaja, yaitu berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu sesuai dengan tujuan penelitian (Singarimbun dan Efendi, 1995). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan maret Sampai dengan april yang bertempat di Desa Merjosari Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang dimana lokasi tersebut merupakan lokasi dengan jumlah konsumen alat mesin pertanian yang cukup besar berdasarkan survei pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti, sehingga dapat dikatakan bahwa tempat tersebut dapat mewakili sebagai tempat penelitian karena responden sesuai dengan kebutuhan penelitian. iii Metode analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis kuantitatif, uji asosiasi dengan Cochran Q Test, uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis Perceived Quality. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan karakteristik obyek penelitian, karakteristik responden, yaitu konsumen yang pernah membeli dan menggunakan alat mesin pertanian merek Yanmar dan Dongfeng, serta menganalisis atribut yang digunakan oleh responden dalam mempersepsikan produk alat mesin pertanian. Analisis Cochran Q Test digunakan untuk mengetahui atribut-atribut apa saja yang membangun citra merek oleh petani dalam memilih alat mesin pertanian, yang nantinya akan menjawab tujuan pertama. Sedangkan analisis Perceived Quality dilakukan untuk melakukan pengukuran terhadap atribut mana yang memberikan citra pada dan dari produk alat mesin pertanian. Hasil dari analisis Cochran Q Test digunakan untuk mendapatkan atribut yang dipertimbangkan, dilakukan pengujian menggunakan Cochran Q Test sebanyak 1 tahap. Hasil menunjukkan bahwa Q hitung lebih kecil daripada Q tabel 20,706 > 21,955 sudah memenuhi syarat untuk alat mesin pertanian Yanmar dan untuk alat mesin pertanian Dongfeng dilakukan pengujian menggunakan Cochran Q Test sebanyak 4 tahap. Pada tahap keempat nilai Q hitung lebih kecil dibandingkan dengan nilai Q tabel 10,667 < 16,750 sudah memenuhi syarat. Citra merek alat mesin pertanian di daerah penelitian dilakukan dengan analisis Perceived Quality (PQ), dari analisis PQ yang telah dilakukan citra merek pada alat mesin pertanian merek Yanmar ditunjukkan pada atribut jaminan produk dengan nilai 1,08 dan atribut merek dengan nilai 1,07. Untuk citra merek pada alat mesin pertanian merek Dongfeng ditunjukkan pada atribut desain produk dengan nilai 1,78 dan atribut kemudahan pengaplikasian dengan nilai 1,76.

English Abstract

Enterprises in the field of agriculture related to the production, processing, marketing and other related activities. Kotler (2001) suggests that marketing success is key to the success of a company. Marketing means working with the target market to realize the potential exchange with the intention of satisfying human needs and desires. Perception can be defined as a process by which individuals organize and explain impressions of the senses to be able to give meaning to their environment. Ones perception of things can be different from objective reality. Perceptions and beliefs made by consumers provide an image to a brand. One of the brand image embedded in the minds of farmers to provide convenience in production is agricultural machinery Yanmar and Dongfeng. Agricultural tools and machines is one of the characteristics of modern agriculture. This study aims to identify the attributes of the product under consideration to the brand image of agricultural machinery and to analyze the brand image of agricultural machinery by rice farmers in the study area this study aims to identify the attributes of the product under consideration to the brand image of agricultural machinery and to analyze the brand image of agricultural machinery by rice farmers in the study area. n this study, the location is specified intentionally, which is based on certain considerations in accordance with the purpose of research (Singarimbun and Efendi, 1995). This research was conducted in March Until April housed in the Village Merjosari District of Kepanjen, Malang regency where the location is the location with the number of consumers of agricultural machinery sizeable from a preliminary survey conducted from the researcher, so it can be said that the premises may be represented as a study for the respondent in accordance with the needs of research. v The analytical method used is descriptive analysis, quantitative analysis, the association with the Cochran Q test Test, validity, reliability, and analysis Perceived Quality. Analysis of the data used in this research is the analysis of descriptive analysis is used to describe the characteristics of the object, the characteristics of respondents, the characteristics of respondents is consumers who ever bought and the use of agricultural machinery brand Yanmar and Dongfeng, and analyze attributes used by the respondent in perceiving the products of agricultural machinery. Analysis Cochran Q test is used to determine the attributes of what is considered by farmers in their agricultural machinery, which will answer the first goal. While Perceived Quality analyzes performed to take measurements of the attributes which gives the image in and of products of agricultural machinery. The results of the analysis of the Cochran Q Test is used to get the attributes considered, tested using the Cochran Q Test by 1 stage. The results show that Q count is smaller than Q table 20.706> 21.955 already qualified for Yanmar agricultural machinery and agricultural machinery for Dongfeng be tested using the Cochran Q test as many as four stages. In the fourth phase count value Q is smaller than the Q value table 10.667 <16.750 already qualified. Brand image of agricultural machinery in the area of research done by analysis of Perceived Quality (PQ), from PQ analysis has been done on the brand image of agricultural machinery Yanmar brand shown on the product warranty attribute with a value of 1.08 and a brand attribute with a value of 1.07. To brand your brand Dongfeng agricultural machinery indicated on product design attributes with values of 1.78 and ease of application attribute with a value of 1.76.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2016/344/ 051607043
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 08 Aug 2016 13:42
Last Modified: 08 Aug 2016 13:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131335
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item