Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Frekuensi Pembelian Sawi Organik Di Kota Malang

Ansila, Vivi (2016) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Frekuensi Pembelian Sawi Organik Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tren masyarakat mengenai keamanan pangan (food safety) mulai menjadi isu dalam industri pangan. Faktor kesehatan menjadi pertimbangan utama konsumen dalam mengkonsumsi pangan. Dari permasalahan tersebut maka tercetus suatu gerakan green consumerism. Dengan munculnya green consumerism maka lahirlah green product atau produk ramah lingkungan. Sawi organik merupakan salah satu jenis green product yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat serta memiliki kualitas yang lebih unggul dibandingkan dengan sawi biasa. Penjualan sayur organik tidak dilakukan pada seluruh tempat melainkan hanya pada swalayan-swalayan tertentu. Alasan tersebut membuat sawi organik belum menjadi pilihan konsumsi bagi seluruh masyarakat Kota Malang melainkan hanya pada kalangan tertentu saja karena sulit dijangkau oleh seluruh kalangan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis karakteristik konsumen dalam memilih membeli sawi organik di Kota Malang, (2) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi frekuensi pembelian sawi organik di Kota Malang. Studi perilaku konsumen ini membahas mengenai karakteristik konsumen dan faktor-faktor yang mempengaruhi frekuensi pembelian sawi organik yang dianalisis menggunakan analisis kualitatif yakni analisis statistik deskriptif dan analisis kuantitatif yakni skala likert, uji validitas dan reliabilitas, serta model analisis regresi logistik dengan variabel dependent (Y) yakni pilihan konsumen terhadap produk sawi organik dan variabel independent terdiri dari variabel internal dan variabel eksternal. Variabel internal terdiri dari tingkat pendidikan (X1), tingkat pendapatan (X2), jumlah anggota keluarga (X3). Variabel eksternal terdiri dari harga (X4), kualitas produk (X5), distribusi (X6), dan trend (Dummy). Penelitian ini dilakukan pada Giant Mall Olympic Garden. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan responden yang memenuhi kriteria dengan metode accidental sampling dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden yang diteliti. Jumlah seluruh responden tersebut sudah cukup untuk mewakili gambaran perilaku konsumen yang membeli produk sawi organik di Kota Malang. Dari hasil penelitian terdapat karakteristik responden pembeli sawi organik yang membeli di Giant Mall Olympic Garden didominasi oleh wanita dengan usia yang dominan 41-50 tahun, memiliki pekerjaan sebagai ibu rumah tangga dengan pendapatan lebih dari Rp 3.000.000 per bulannya dan tingkat pendidikan akhir S1, serta jumlah anggota keluarga didominasi oleh keluarga yang terdiri dari keluarga inti sebanyak 3 orang. Hasil dari uji Wald dapat disimpulkan bahwa faktor yang memiliki pengaruh nyata terhadap konsumsi sawi organik dengan nilai signifikan < 0,05 dan nilai Wald yang lebih besar dari nilai chi-square (X2) adalah variable pendapatan dengan signifikasi sebesar 0,036, variabel harga dengan signifikasi sebesar 0,002, variabel kualitas produk dengan signifikasi sebesar 0,000, dan variabel distribusi dengan nilai signifikasi sebesar 0,000. Hampir seluruh variabel eksternal berpengaruh signifikan. Sedangkan variabel lainnya yang tidak berpengaruh nyata terhadap konsumsi sawi organik adalah variabel tingkat pendidikan, jumlah anggota keluarga, dan dummy trend.

English Abstract

Trend in society about food safety is started to become an issue in the food industry. Health factors become major consideration consumer in consuming food. From that problems, it sparked a movement of green consumerism. With the presence of green consumerism, it comes green product or environmentally friendly products. Organic mustard is one type of green product that is consumed by many people and has a quality that is superior to regular mustard. Sales of organic vegetables were not done in the whole place but only on a specific market. These reasons make organic mustard is not an option for the consumption of the whole society in Malang but only in certain circles because it is difficult to reach by all circles. This study aims to: (1) to analyze the characteristics of consumers in the decision to choose organic mustard in Malang, (2) to analyze the factors that influence frequency purchase of organic mustard in Malang. Study of consumer behavior is to discuss the consumer characteristics and the factors that influence the frequency purchasing of organic mustard were analyzed using qualitative analysis of the descriptive statistical analysis and quantitative analysis of the Likert scale, validity and reliability test, and logistic regression analysis model with the dependent variable (Y) which is the consumer preferences concerning organic mustard product and independent variables consist of variable internal and external variables. Internal variables consist of educational level (X1), income level (X2), the number of family members (X3). External variables consisting of price (X4), product quality (X5), distribution (X6), and the trend (Dummy). This study was conducted at Giant Mall Olympic Garden. The population used in this study using respondents who meet the criteria with accidental sampling method using a sample of 100 respondents studied. The total number of respondents is enough to represent the picture of consumer behavior that buy products of organic mustard in Malang. From the results of the study are the characteristics of the respondent buyer who buy organic mustard in Giant Mall Olympic Garden dominated by dominant women aged 41-50 years, had a job as a housewife with revenues of more than Rp3.000.000 per month and end of S1 education level, as well as the number of family members of a family dominated by the nuclear family consisting of as many as three people. The results of the Wald test can be concluded that the factors which have a significant effect on the consumption of organic mustard with significant value <0.05 and Wald value greater than the value of chi-square (X2) is a variable level of income with significance of 0,036, variable price with significance of 0.002, the variable quality of the product with significance of 0.000, and a variable distribution with a significance value of 0.000. Almost all external variables have a significant effect. While other variables did not significantly affect the consumption of organic mustard is a variable level of education, number of family members, and dummy trend.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2016/336/ 051606653
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 10 Aug 2016 14:38
Last Modified: 10 Aug 2016 14:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131326
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item