Pengaruh Kualitas Jasa Pelayanan Pt. Bank Rakyat Indonesia Cabang Kawi Malang Terhadap Kepuasan Petani Di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu Dalam Penggunaan Kkp-E (Kredit Ketahanan Pangan Dan Energi)

Dilliani, BrilliantMentari (2016) Pengaruh Kualitas Jasa Pelayanan Pt. Bank Rakyat Indonesia Cabang Kawi Malang Terhadap Kepuasan Petani Di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu Dalam Penggunaan Kkp-E (Kredit Ketahanan Pangan Dan Energi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Petani di wilayah Kecamatan Bumiaji, Batu yang sudah atau masih menggunakan KKP-E sudah tidak dapat melakukan pengambilan kredit kembali. Berhentinya program kredit KKP-E ini dan digantikan menjadi program lain yang dikucurkan oleh pemerintah menjadi beberapa pertanyaan yang timbul dari berbagai pihak. Program baru tersebut memiliki peraturan dan syarat yang berbeda dengan program KKP-E. Perlunya dilakukan penelitian tentang tingkat kepuasan petani agar dapat dilakukan peningkatan mutu dan pelayanan yang dilakukan oleh Bank BRI bahkan dapat meningkatkan kualitas jenis program yang akan mendatang, sehingga dapat meningkatkan kepuasan petani terhadap layanan yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan kredit KKP-E, (2) menganalisis atribut-atribut yang menentukan tingkat kepuasan petani dalam pengambilan kredit KKP-E, (3) menganalisis tingkat kepentingan atribut yang menentukan kepuasan petani dalam pengambilan kredit KKP-E, dan (4) menganalisis kepuasan petani terhadap penggunaan kredit KKP-E di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Metode yang digunakan untuk menganalisis tingkat kepuasan petani adalah Importance and Perfomance Analysis (IPA). Analisis kepentingan dan kinerja (IPA) digunakan untuk mendapatkan tingkat kepuasan petani dengan cara mengukur tingkat kepentingan dan tingkat pelaksanaan. Sedangkan Customer Satisfaction Index atau lebih dikenal dengan indek kepuasan konsumen merupakan metode yang menggunakan indek untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen berdasarkan atribut-atribut tertentu. Hasil yang diperoleh adalah penerapan kredit KKP-E (Kredit Ketahanan Pangan dan Energi) dapat diketahui dari jumlah debitur untuk wilayah Bumiaji berfluktuasi. Atribut-atribut yang menentukan kepuasan petani terdiri dari 18 atribut yaitu diantaranya adalah besar bunga, beban bunga, perbandingan dengan bank lain, kecepatan penanganan, nilai tanggap, pemberian solusi, keahlian pihak bank, beban persyaratan, waktu pengajuan, beban jangka waktu, beban jaminan, kemampuan debitur, keamanan jaminan, keamanan dalam pengkreditan, kepercayaan dalam memegang jaminan, privacy debitur, kualitas sistem pembayaran, dan kemudahan proses pembayaran. Pada kuadran I atau prioritas utama tidak terdapat varibel yang terletak pada kuadran tersebut. Pada kuadran II atau pertahankan prestasi terdapat enam variabel yaitu besar bunga, beban bunga, perbandingan dengan bank lain, keamanan dalam pengkreditan, kepercayaan dalam memegang jaminan dan privacy debitur. Pada kuadran III atau prioritas rendah terdapat tujuh varibel diantaranya adalah kecepatan penanganan, nilai tanggap, pemberian solusi, keahlian pihak bank, beban persyaratan, beban jaminan, dan kemampuan debitur. Sedangkan untuk kuadran IV atau berlebihan terdapat lima variabel yang iii diantaranya adalah waktu perjanjian, beban jangka waktu, keamanan jaminan, kualitas sistem pembayaran, dan kemudahan proses pembayaran. Dapat diketahui bahwa nilai indeks kepuasan keseluruhan pada penelitian ini yaitu 52,11 persen yang berada pada rentang 51,00 – 65,99 yang berarti bahwa indeks kepuasan keseluruhan konsumen yang dihitung berdasarkan atribut produk berada pada kriteria cukup puas. Atribut yang sangat perlu ditingkatkan yaitu yang terletak pada kuadran I, hal tersebut disebabkan pada kuadran I tingkat kepntingan menurut petani sangat tinggi namun hasil kinerja yang diberikan oleh BRI rendah. Dari hasil perhitungan tidak ada yang masuk ke dalam kuadran I, sehingga seluruh atribut pada kuadran II harus dipertahankan karena kinerja bank yang sudah tinggi dan sesuai harapan petani. Sehingga saran yang dapat diberikan adalah perlunya peningkatan kualitas pada kinerja Bank BRI agar meningkatkan kepuasan petani terhadap penggunaan kredit dan menjadi perbaikan kinerja untuk program kredit yang mendatang.

English Abstract

Farmers in Bumiaji district, Batu already or still using KKP-E is not able to take credit again. Cessation of credit KKP-E program and replaced into another program disbursed by the government into some of the questions arising from the various parties. The new program has different rules and requirements with KKPE program. The need for research on the level of satisfaction of farmers to be done to improve the quality and services carried out by Bank BRI can even improve the quality of the type of program that will be coming, so as to increase farmer’s satisfaction with the services provided. The purpose of this study are (1) to describe the application of credit KKPE, (2) to analyze the attributes that determine the level of satisfaction of farmers in making credit KKP-E, (3) to analyze the level of importance of attributes that determine the satisfaction of the farmers in taking credit KKP-E and (4) to analyze the satisfaction of farmers to the use of credit KKP-E in Bumiaji, Kota Batu. The method used to analyze the level of satisfaction of the farmer is the Importance and Performance Analysis (IPA). Interest and performance analysis (IPA) is used to get farmers satisfaction level by measuring the level of interest and the level of implementation. While Customer Satisfaction Index, or better known as the index of consumer satisfaction is a method that uses the index to measure the level of customer satisfaction is based on certain attributes. The results are a credit application KKP-E (Credit Food and Energy) can be seen from the number of debtors to fluctuate Bumiaji region. The attributes that determine the satisfaction of farmers consisting of 18 attributes that include the big interest, interest expense, comparison with other banks, speed of treatment, the value of responsiveness, delivering solutions, expertise bank, load requirements, filing, load period, the burden of collateral , the ability of borrowers, collateral security, security in crediting, confidence in holding the collateral, the debtors privacy, quality payment system, and ease the payment process. In first quadrant or the main priority there are variables which lie in the quadrant. In second quadrant or preserve the achievements there are six variables that is great interest, interest expense, comparison with other banks, crediting security, trust and privacy in holding collateral debtors. In third quadrant or low priority, there are seven variables include the speed of treatment, response value, delivering solutions, expertise bank, load requirements, the burden of collateral, and the ability of borrowers. As for the fourth quadrant or excessive, there are five variables including the time of the agreement, the load period, security assurance, quality payment system, and ease the payment process. It can be seen that the overall satisfaction index score in this research is 52.11 percent is in the range of 51.00 to 65.99, which means that the overall customer satisfaction index is calculated based on the criteria of product attributes are quite satisfied. Attributes that need to be upgraded are located in quadrant I, it was due in first quadrant, according to farmers kepntingan level is very high but the performance results given by BRI is low. From the calculation nothing that v goes into quadrant I, that all the attributes in quadrant II should be maintained because of the banks performance is already high and the corresponding expectations of farmers. So that advice can be given is need to improve the performance of Bank BRI in order to increase the satisfaction of farmers on the use of credit and become performance improvements for future credit programs.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2016/304/ 051606277
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 10 Aug 2016 11:26
Last Modified: 10 Aug 2016 11:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131291
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item