Strategi Pengembangan Usaha Bunga Potong Mawar Pada Skala Rumah Tangga “Yulia Florist” Di Desa Gunungsari Kecamatan Bumiaji Kota Batu

Lestari, Eka (2016) Strategi Pengembangan Usaha Bunga Potong Mawar Pada Skala Rumah Tangga “Yulia Florist” Di Desa Gunungsari Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kota Batu merupakan salah satu kota yang memiliki perkembangan sangat pesat. Salah satu potensi yang dimiliki Kota Batu yaitu adanya potensi hortikultura, khususnya tanaman hias. Potensi tanaman hias yang dimiliki kota Batu yang paling berpeluang menjadi peluang bisnis yaitu bunga potong. Bunga potong memiliki keanekaragaman yang banyak sekali dijumpai di Kota Batu. Salah satu bunga potong yang banyak dijumpai yaitu bunga potong mawar. Berdasarkan data Departemen Pertanian tahun 2012, Kota Batu menduduki daerah yang mempunyai potensi bunga potong mawar di Jawa Timur. Hal ini dapat menjadi suatu acuan untuk lebih mengembangkan usaha bunga potong mawar di Kota Batu. Salah satu wilayah yang memiliki potensi bunga potong mawar di Kota Batu yaitu Desa Gunungsari. Potensi bunga potong mawar yang ada di Desa Gunungsari menjadikan hampir seluruh masyarakat di desa tersebut menjadi petani bunga mawar, hal ini berdampak dengan munculnya persaingan usaha di antara mereka. Salah satu industri rumah tangga yang memiliki usaha bunga potong mawar yaitu “Yulia Florist”. Yulia Florist merupakan unit industri skala rumah tangga dengan membudidayakan serta memasarkan bunga potong mawar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi pengembangan usaha bunga potong mawar pada skala rumah tangga Yulia Florist, (2) merumuskan alternatif strategi pengembangan usaha bunga potong mawar pada skala rumah tangga Yulia Florist, (3) menentukan prioritas strategi yang dapat diterapkan dalam mengembangkan usaha bunga potong mawar pada skala rumah tangga Yulia Florist. Penelitian dilakukan secara purposive pada usaha skala rumah tangga Yulia Florist di Desa Gunungsari Kecamatan Bumiaji Kota Batu selama 1 bulan yaitu Februari sampai Maret 2016. Responden dalam penelitian ini dibedakan menjadi 2 macam, yaitu responden internal dan responden eksternal Yulia Florist yang ditentukan secara purposive. Responden internal terdiri dari pemilik dan karyawan Yulia Florist, sedangkan responden eksternal terdiri dari pesaing, konsumen, penyedia bahan baku, lembaga keuangan, dan lembaga pemerintahan. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh secara langsung pada objek penelitian dan data sekunder yang diperoleh melalui studi literatur, penelitian terdahulu, serta instansi terkait yang berhubungan dengan penelitian. Analisis data yang digunakan yaitu matrik IFE, matrik EFE, matrik IE, matrik SWOT, dan QSPM. Hasil dari penelitian ini yaitu faktor internal terdiri dari kualitas bunga bagus, rangkaian bunga (desain) menarik, harga terjangkau, banyak pilihan warna, menerima pesan antar untuk wilayah Malang-Batu, pelayanan yang ramah, jaringan pemasaran di berbagai daerah, terciptanya suasana kerja yang nyaman, tidak ada struktur organisasi, tidak ada pembukuan keuangan, daya simpan produk yang rendah, keterbatasan lahan untuk budidaya, dan tidak ada ijin usaha. Faktor eksternal terdiri dari perkembangan teknologi yang pesat untuk pemasaran melalui media sosial, potensi pasar yang semakin terbuka, kegunaan bunga potong mawar yang semakin beragam, pengembangan varietas baru yang menarik konsumen, adanya hama yang menyerang, pembayaran dari kios-kios bunga yang tidak lancar (lama), adanya pesaing sejenis, bunga dari luar daerah yang memiliki kualitas lebih bagus, dan pesaing melakukan persaingan harga yang tidak sehat. Dalam merumuskan alternatif strategi, didapatkan 7 alternatif strategi yaitu mempertahankan kualitas bunga dan pelayanan terhadap konsumen, mengembangkan jaringan pemasaran yang sudah ada, memperbaiki sistem manajemen dengan menerapkan struktur organisasi dan pembukuan keuangan serta melakukan ijin usaha ke pihak terkait untuk meningkatkan usaha, menambah lahan budidaya bunga mawar, menjalin kerjasama yang baik dengan para mitra usaha, meningkatkan kualitas bunga potong mawar, dan meminimalisir kerusakan bunga dengan melakukan tindakan atau treatment tertentu. Prioritas strategi yang dapat diterapkan dalam mengembangkan usaha bunga potong mawar Yulia Florist yaitu memperbaiki sistem manajemen dengan menerapkan struktur organisasi dan pembukuan keuangan serta melakukan ijin usaha ke pihak terkait untuk meningkatkan usaha dengan nilai total TAS 6,316.

English Abstract

Batu City is one of the cities which have rapid development. One of the potential that owned by Batu City is horticulture especially ornamental plants. The potential of ornamental plant owned by Batu City which has opportunity to be business opportunity is cutting flower. Cutting flower has many varieties that can be found in Batu City. One of them is rose cutting flowers. Based on data of Agriculture Department on 2012, Batu City occupied as area which has potential of roses cutting flower in East Java. This can be a reference to more develop roses cutting flower business in Batu City. One of the areas which have roses cutting flower potential in Batu City is Gunungsari Village. The potential of roses cutting flower in Gunungsari Village makes almost all the society of this village be farmers of rose, this have the impact to the business competition among them. One of the home industries which have rose cutting flowers business is “Yulia Florist”. “Yulia Florist” is a unit of home industry scales that cultivating and marketing rose cutting flowers. The purposes of this research were (1) to identify internal and external factors which influence business development of rose cutting flowers on home industry scale of “Yulia Florist”, (2) to formulate alternative development strategies of rose cutting flowers on home industry scale of “Yulia Florist”, (3) to define the priority of strategy which can be implemented in developing rose cutting flowers on home industry scale of “Yulia Florist”. This study conducted purposively on home industry scale of “Yulia Florist” at Gunungsari Village, Bumiaji, Batu City for 1 month started on February until March 2016. The respondent in this research can be divided into two which are internal and external respondent of “Yulia Florist” by purposive method. Internal respondent consist of the owner and the staffs of “Yulia Florist”, therefore the external respondents consist of competitors, consumers, suppliers, financial institutions, and government representative. This research uses primary data which obtained directly from the research object and secondary data which obtained from literature study, earlier research, and related institution. The analysis of data uses IFE matrix, EFE matrix, IE matrix, SWOT matrix and QSPM. The results of this research for internal factors consist of the good quality of the product, interesting design, affordable price, many options of colors, has delivery service for Malang-Batu, hospitality service, marketing network in many areas, comfortable working environment, doesn’t has organization structure, doesn’t has financial accountancy, low durability of the product, limited cultivation land, and doesn’t has business legalization. The external factors consist of the rapid development of technology to do marketing through social media, wide market potential, the variety uses of rose cutting flowers, development of new variety that attract consumers, the attack of pests, unsmooth payment from the retailers, competitors in the same business, flowers from another areas with better quality, and unhealthy price from competitors. There were 7 strategies that can be formulated. These strategies are maintaining the quality and services to the consumers, developing current marketing network, improving the management system by implementing organization structure, financial accountancy and doing the business legalization to improve the business, adding cultivation land of roses, doing a good partnership with business partner, improving the quality of roses cutting flowers, minimalizing the damage of rose cutting flowers by doing some treatments. The priority of the strategy that can be implemented to develop the rose cutting flowers business of “Yulia Florist” is improving the management system by implementing organization structure, financial accountancy and doing the business legalization to improve the business with TAS value 6,316.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2016/292/ 051606265
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 26 Jul 2016 13:48
Last Modified: 26 Jul 2016 13:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131278
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item