Analisis Brand Equity Produk Kecap Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Kecap Cap Laron Di Kota Tuban)

Kradnamai, FembrinAgaret (2016) Analisis Brand Equity Produk Kecap Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Kecap Cap Laron Di Kota Tuban). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persaingan industri olahan pertanian saat ini berkembang sangat pesat. Hasil olahan produk pertanian yang dapat diolah menjadi bahan yang lebih tinggi nilai gunanya sangat bermanfaat bagi masyarakat adalah salah satunya kedelai yang diolah menjadi kecap. Produk kecap di Indonesia sangat beraneka ragam merk seperti contoh : kecap ABC, kecap bangau, kecap sedap, kecap kangkung, dan kecap cap laron. Dengan adanya beragam merek kecap berpeluang untuk mengembangkan dan mempertahankan pasar salah satunya dengan membangun ekuitas merek (brand equity)suatu produk terhadap keputusan pembelian. Kecap cap laron adalah industri lokal yang sudah dikenal di kalangan lokal, sedangkan kecap ABC adalah industri nasional yang dikenal secara luas oleh masyarakat. Pentingnya promosi sangat mempengaruhi suatu brand dikenal oleh masyarakat. Kecap ABC merupakan salah satu industri yang melakukan promosi dalam skla besar sehingga produknya dapat dikenal oleh seluruh masyarakat diberbagai daerah, sedangkan kecap cap laron merupakan industri lokal yang hanya dikenal di lingkup yang lebih sempit yaitu kota Tuban. Penelitian ini bertujuan menganalisis ekuitas merek (brand equity) yang terdiri dari kesadaran merek (brand awareness), asosiasi merek (brand association), persepsi kualitas (perceived quality), dan loyalitas merek (brand loyalty) produk kecap terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Tuban dengan menyebarkan kuesioner kepada konsumen kecap. Kuesioner disebarkan kepada 96 responden dengan pengambilan sample secara convenience sampling. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini analisis deskriptif untuk menganalisis kesadaran merek (brand awareness), uji cochran untuk menganalisis asosiasi merek (brand association), skala sematic differential untuk menganalisis persepsi kualitas (perceived quality) dan skala likert untuk menganalisis loyalitas merek (brand loyalty). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran merek (brand awareness) terdiri dari tingkatan pertama yaitu puncak pikiran (top of mind) yang dimiliki oleh merek cap laron, tingkatan kedua yaitu pengingat kembali merek (brand recall) yang dimiliki oleh kecap merek ABC, tingkatan ketiga yaitu tingkat kesadaran konsumen mengingat kembali merek tanpa bantuan (brand recognition) yang dimiliki oleh kecap merek ABC, dan tingkatan terendah yaitu tidak menyadari suatu merek (unware brand) yang dimiliki oleh kecap yang bermerek cap laron. Asosiasi merek (brand association) produk kecap terhadap keputusan pembelian adalah harga kecap terjangkau, rasa yang enak, kemudahan memperoleh, tersedia dimana-mana, tahan lama, dan kemasan bagus. Asosiasi yang membentuk merek cap laron yaitu harga kecap terjangkau, rasa yang enak, kemudahan memperoleh, tahan lama, dan kemasan bagus. Sedangkan asosiasi ii yang membentuk merek ABC yaitu kemudahan memeperoleh, tersedia dimana-mana, tahan lama dan kemasan bagus. Persepsi kualitas (perceived quality) produk kecap terhadap keputusan pembelian terdapat 8 atribut yaitu kecap yang dibuat dengan bahan berkualitas, memiliki mutu yang baik, melalui proses higenis dan aman, mempunyai rasa yang khas, mempunyai isi yang banyak, aman dikonsumsi (halal), memiliki informasi produk dan kemasan, dan harga. Nilai yang tertinggi pada persepsi kualitas (perceived quality) adalah kecap bermerek cap laron dengan pengujian 8 atribut diatas. Pada loyalitas merek (brand loyalty) dibatasi hanya kecap merek cap laron, dengan pertimbangan sebagian besar responden merupakan konsumen dari kecap merek cap laron di Tuban. Hasil dengan nilai tertinggi di peroleh pada tingkatan suka pembelian (liking the brand). Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka saran yang dapat diberikan bagi perusahaan yaitu meningkatkan jumlah konsumen dan promosi pada kecap cap laron dalam analisis kesadaran merek (brand awareness) terutama pada tingkatan tidak menyadari merek (unware brand), dengan menyediakan produk kecap cap laron tidak hanya di daerah asal juga di kota lainnya, dan kualitas produk kecap cap laron lebih meningkatkan produk kecap tersedia dimana-mana dengan mendistribusikan kecap di daerah lain.

English Abstract

Industrial competition processed agricultural develop recently is very fast .Processing the agricultural products that can be processed into a material which higher values use was very beneficial for the is one of these animals soybean be turned into soy sauce .Products soy sauce in Indonesia has been multifaceted owns the as example: ABC soy sauce ,Bangau soy sauce ,sedap soy sauce ,kangkung soy sauce , and cap laron soy sauce .With the various brand soy sauce had a chance to develop and maintain market one of them is by build brand equity a product of the decision the purchase Cap Laron soy sauce is the local industries already known among local , while soy sauce abc is national industry is widely known by the community .The importance of promotion is very effect an brand known by the community .ABC soy sauce is one of an industry that promotional activities in skla great that their products can be known by all people in society regions , while cap laron soy sauce local industry is known only in its scope narrower including at Tuban . This study to analyze brand equity consisting of brand awareness, brand association, perceived quality, and brand loyalty products soy sauce of the decision the purchase .The study is done in Tuban by spreading the questionnaire to consumers soy sauce .Questionnaires were distributed to 96 respondents with the sample in convenience of sampling . The method of analysis that used in this study descriptive analysis to analyze brand awareness, test cochran to analyze brand association , scale sematic differential to analyze perceived quality and scale of likert to analyze brand loyalty. The research results show that brand awareness consisting of one that is the top of mind owned by cap laron soy sauce brand, the second level that is a reminder back brand ( brand recall ) owned by ABC soy sauce brand, levels third namely the levels of awareness consumers recall brand without help ( brand recognition ) owned by ABC soy sauce, and levels lowest is not aware a brand ( unware brand ) owned by cap laron soy sauce. Brand association products soy sauce of the decision the purchase is the price soy sauce affordable, good taste, ease is obtained, available everywhere, durable, and packaging good. Association form brand cao laron soy sauce affordable, good taste, ease is obtained, durable, and packaging good. While association form brand ABC ease is obtained, available everywhere, durable and packaging good. Perceived quality products soy sauce of the decision the purchase there are 8 attribute the sauce made with the quality, having the quality of the good, through a process higenis and safe, have a sense of a distinctiv, have content that many, safe to be consumed, have information products and packaging , and price .Value on the highest perception quality is cap laron soy sauce with testing 8 attribute above iv Brand loyalty limited to cap laron soy sauce, with consideration the majority of respondents is consumers from cap laron soy sauce in Tuban.The results in the highest in get at the level of liking the brand. Based on the outcome of this research and suggestions should be granted to companies are increase the number of consumers and promotion on cap laron soy sauce in the analysis brand awareness especially at the level of unware brand, by providing products cap laron soy sauce is not only in origin also in other cities, and product quality cap laron soy sauce increase products soy sauce available everywhere by distributing soy sauce in other regions .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2016/267/ 051606240
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 01 Aug 2016 11:02
Last Modified: 01 Aug 2016 11:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131250
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item