Firmansyah, DwiYoga (2016) Strategi Pengembangan Dan Pemberdayaan UKM Olahan Buah Mangga Sebagai Produk Kearifan Lokal (Studi Kasus UKM Olahan Buah Mangga dan Dinas Koperasi, Energi Mineral, Industri dan Perdagangan Di Kota Pro. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Mangga merupakan komoditas unggulan yang bernilai dan merupakan icon Kota Probolinggo. Produk olahan mangga potensial untuk dikembangkan dalam rangka menciptakan nilai tambah pada produk olahan yang memiliki daya tahan lama. Usaha Kecil Menengah (UKM) olahan mangga merupakan industri yang menguntungkan bagi pelaku usaha. Menghadapi persaingan yang semakin ketat pelaku usaha harus mampu bersaing dan memiliki strategi untuk menjalankan usaha. UKM olahan buah mangga di Kota Probolinggo merupakan usaha yang menawarkan produk unggulan daerah yang layak untuk dikembangkan dan perlu dilakukan strategi pengembangan dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat karena pelaku usaha masih belum mampu mengidentifikasi faktor internal dan eksternal pada usaha yang dijalankan serta perlu mendapatkan bantuan dan upaya pengembangan dari pemerintah setempat khususnya Dinas Koperasi, Energi Mineral, Industri dan Perdagangan Kota Probolinggo. Pelaku usaha harus bisa mengambil langkah bijak pada usaha yang dijalankan agar mampu bersaing dengan usaha lain. Tujuan penelitian yaitu 1) Menganalisis Faktor internal dan eksternal UKM (Usaha Kecil Menengah) olahan buah mangga di Kota Probolinggo. 2) Menganalisis pemberdayaan yang dilakukan untuk pengembangan UKM olahan buah mangga oleh Dinas Koperasi, Energi Mineral, Industri dan Perdagangan Kota Probolinggo. 3) Menganalisis strategi pengembangan UKM olahan buah mangga di Kota Probolinggo. Metode analisis data penelitian yaitu deskriptif untuk menganalisis Faktor internal dan eksternal UKM (Usaha Kecil Menengah) olahan buah mangga dan pemberdayaan yang dilakukan untuk pengembangan UKM olahan buah mangga. Deskriptif kuantitatif menggunakan analisis matrik IFE, analisis matrik EFE, matrik IE, matrik Grand Strategy, matrik SWOT dan analisis matrik QSPM untuk menganalisis strategi pengembangan UKM olahan buah mangga di Kota Probolinggo. Faktor internal UKM olahan mangga di Kota Probolinggo meliputi kekuatan yang dimiliki yaitu SDM berpengalaman, SDM disiplin, produk telah memiliki izin dari dinas kesehatan, daya tahan produk, kemasan yang menarik, harga produk terjangkau dan produk yang berkualitas. Kelemahan yang terdapat pada usaha olahan mangga di Kota Probolinggo yaitu pemasaran belum meluas, pembagian tugas kerja yang belum baik, belum pahamnya promosi menggunakan internet, labelisasi belum lengkap, lokasi usaha tidak strategis, bentuk promosi masih sederhana, peralatan produksi tidak modern, keterbatasan modal dan belum dilakukannya pencatatan keuangan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2016/256/051606229 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 23 Aug 2016 10:21 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 04:55 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131238 |
Preview |
Text
SKRIPSI.pdf Download (6MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |