Sistem Tanam Sri (System Of Rice Intensification) Dapat Meningkatkan Ketersediaan Nitrogen, Populasi Bakteri Tanah, Dan Produktivitas Padi

Indarto, TanyaNaomi (2016) Sistem Tanam Sri (System Of Rice Intensification) Dapat Meningkatkan Ketersediaan Nitrogen, Populasi Bakteri Tanah, Dan Produktivitas Padi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Secara global, padi merupakan tanaman pokok yang paling penting yang menyediakan 532 juta ton beras makanan untuk penduduk dunia. Berbagai macam upaya dilakukan untuk meningkatkan produksi seperti intensifikasi dan ekstensifikasi pertanian. Akan tetapi salah satu kendala yang menyebabkan lambatnya tingkat pertumbuhan hasil produksi sawah adalah degradasi lahan dan penurunan kesuburan tanah. Oleh karena itu diterapkan sistem tanam SRI. Pada sistem SRI, penggunaan air irigasi sangat diperhitungkan untuk menjaga kondisi lahan agar lembab tetapi tidak tergenang, sehingga penggunaan air akan lebih efisien. Dengan kondisi tanah yang aerob, aktifitas mikroorganisme di dalam tanah juga akan meningkat dan akan berpengaruh terhadap ketersediaan unsur hara di dalam tanah. Penelitian ini ditujukan untuk melihat kemampuan kombinasi sistem SRI yang ditambah dengan pupuk hayati dan NPK (15-15-15) yang dibandingkan dengan kontrol dalam meningkatkan mineral N, populasi bakteri tanah dan produksi padi. Penanaman dilakukan di Pusat Kajian Pertanian Organik Malang (PKPOT). Analisis kimia dan biologi tanah dilakukan di Laboratorium Kimia dan Biologi Jurusan Tanah Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2015-Maret 2016. Rancangan penelitian yang digunakan adalah RAK dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan. Pengambilan sampel tanah dilakukan pada 0 HST (sebelum tanam) dan 100 HST. Sampel tanah diambil pada kedalaman 0-20 cm dan 20-40 cm yang kemudian disimpan di dalam kulkas. Analisa sifat kimia tanah yang digunakan sebagai parameter pengamatan yaitu pH H2O (Glass Elektrode), C-organik (Walkey – Black), NH4+ (Kjeldahl MgO), dan NO3- (Kjeldahl Devarda Alloy). Parameter dari aspek biologi yaitu populasi bakteri dengan menggunakan metode plate count (spread plate). Analisis data menggunakan Analysis of Variance (ANOVA) yang dilanjutkan dengan Uji Duncan pada taraf 5%, uji korelasi dan regresi untuk mengetahui keeratan hubungan antar parameter, dan Multivariate Analysis (CVA) untuk mengelompokkan hubungan semua parameter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem tanam SRI yang ditambah dengan aplikasi pupuk hayati mampu meningkatkan mineral N ammonium sebesar 14,09 ppm dari analisa awal, nitrat sebesar 57,48 ppm, dan populasi bakteri sebesar 6,25 x 108 cfu g-1. Jika dilihat dari aspek produksi, perlakuan yang paling baik yaitu kombinasi NPK (15-15-15) yang ditambahkan dengan pupuk hayati dengan jumlah panen ubinan sebesar 8,42 t ha-1. Hasil Analisis Multivariate menunjukkan bahwa perlakuan P0 berbeda nyata dengan perlakuan P1, P2, dan P3. Perlakuan P2 juga berbeda nyata dengan P0, P1 dan P3. Hasil yang sama juga terlihat pada P3 dan P1 yang berbeda sangat nyata dengan P2 dan P0. Namun, berbeda halnya dengan perlakuan P1 yang tidak berbeda nyata dengan P3.

English Abstract

Globally, rice is the most important staple crop that provides 532 million tons of rice food for the worlds population. Various efforts were made to increase the production such as intensification and expansion of agriculture. But one of the obstacles that caused the slow growth rate of paddy production is land degradation and declining soil fertility. Therefore SRI cropping systems applied. In SRI cropping system, irrigation water use is calculated to maintain the condition of the land to be moist but not waterlogged, so it would be more efficient water use. With aerobic soil conditions, the activities of microorganisms in soil will also increase and will affect the availability of nutrients in the soil. This study aimed to look at the ability of the combination of SRI system combined with biological fertilizers and NPK (15-15-15) compared with the controls in increasing mineral N, the population of soil bacteria and rice production. Planting is done in Pusat Kajian Pertanian Organik Malang (PKPOT). Chemical and biological soil analysis carried out in the Laboratory of Soil Chemistry and Biology Department, Faculty of Agriculture Brawijaya University of Malang. The research was conducted in October 2015-March 2016. The research design used is RAK with 4 treatments and 4 replications. Soil sampling conducted at 0 Day After Planting (before planting) and 100 Day After Planting. Soil samples were taken at a depth of 0-20 cm and 20-40 cm which is then stored in the refrigerator. Analysis of soil chemical used as observation parameter are pH H2O (Glass electrode), C-organic (Walkey - Black), NH4+ (Kjeldahl MgO), and NO3- (Kjeldahl Devarda Alloy). Parameters of the aspects of biology using plate count method (spread plate) to count bacteria population. Analysis of the data using Analysis of Variance (ANOVA) followed by Duncan test at 5% level, correlation and regression to determine the relationship between parameters, and Multivariate Analysis (CVA) to group all the parameters relations. The results showed that the SRI cultivation system that is combined with the application of biological fertilizer can increase the mineral N ammonium at 14.09 ppm from initial analysis, amounting to 57.48 ppm nitrate and bacterial population of 6.25 x 108 cfu g-1. From the aspects of production, treatment of the most good, namely the combination of NPK (15-15-15) and biofertilizer with yields of 8.42 t ha-1. Multivariate analysis results indicates that P0 treatment significantly different with treatment P1, P2, and P3. Treatment P2 also significantly different from the P0, P1 and P3. Similar results were also seen in P3 and P1 highly significant with P2 and P0. However, unlike the case with the treatment were not significantly different P1 to P3.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2016/225/ 051605522
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 551 Geology, hydrology, meteorology
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 01 Aug 2016 15:15
Last Modified: 01 Aug 2016 15:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131204
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item