Analisis Peramalan Permintaan Konsumen Dan Model Bisnis Pupuk Guano Fosfat Di Pt. Gemah Ripah Loh Jinawi Industri, Kabupaten Gresik

Kiranasari, Dewi Intan (2016) Analisis Peramalan Permintaan Konsumen Dan Model Bisnis Pupuk Guano Fosfat Di Pt. Gemah Ripah Loh Jinawi Industri, Kabupaten Gresik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dewasa ini lahan yang digunakan untuk usaha pertanian semakin menyempit dan terancam habis karena banyaknya alih fungsi lahan. Salah satu cara yang dapat dilakukan ketika keadaan lahan yang semakin menyempit sedangkan kebutuhan pertanian tidak terbatas adalah dengan melakukan intensifikasi pertanian. Akibat pelaksanaan intensifikasi pertanian adalah meningkatnya penggunaan pupuk. Berdasarkan pusat data dan informasi kementerian pertanian (2010) penggunaan pupuk organik untuk pertanian sampai saat ini masih sangat diperlukan oleh petani, dimana kebutuhan pupuk nasional terus meningkat dari tahun 2010 sampai tahun 2014. Salah satu pupuk organik yang dapat digunakan adalah pupuk guano fosfat. Data deposit fosfat alam di Indonesia yang dikumpulkan oleh Pusat Sumber Daya Geologi tahun 2008 diketahui bahwa Kabupaten Gresik merupakan daerah yang memiliki deposit fosfat alam selama 2500 tahun. Hal tersebut membuat Kabupaten Gresik menjadi salah satu daerah yang yang mendukung adanya industri pupuk. PT. Gemah Ripah Loh Jinawi Industri merupakan perusahaan pupuk yang terletak di Kabupaten Gresik. Salah satu produk yang dihasilkan adalah pupuk guano fosfat. Permintaan konsumen berasal dari Negara Jepang, New Zealand dan Australia yang selalu memesan pupuk guano fosfat dalam jumlah banyak. Untuk memenuhi permintaan konsumen, perusahaan memproduksi pupuk guano fosfat setiap hari. Proses produksi didasarkan pada kapasitas minimal yang harus dicapai pekerja harian produksi. Hal ini berakibat pada kemungkinan terjadinya kekurangan ataupun kelebihan produk pupuk guano fosfat. Jika terjadi kekurangan produk maka perusahaan tidak dapat memenuhi permintaan konsumen sedangkan jika terjadi kelebihan produk akan menumpuk barang jadi yang beresiko pada kerusakan pupuk guano fosfat. Berdasarkan kondisi tersebut maka perusahaan harus mengetahui jumlah permintaan konsumen yang akan datang sehingga perusahaan dapat memproduksi pupuk guano fosfat sesuai dengan permintaan yang telah diramalkan. Setelah mengetahui kondisi permintaan konsumen berdasarkan peramalan, diperlukan strategi manajerial dengan membuat model bisnis kanvas pupuk guano fosfat. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengidentifikasikan pelaksanaan produksi pupuk guano fosfat yang diterapkan oleh PT. Gemah Ripah Loh Jinawi Industri, 2) Menganalisis peramalan permintaan konsumen pupuk guano fosfat pada bulan Januari 2016 – Desember 2017 dan 3) Menganalisis model bisnis pupuk guano fosfat di PT. Gemah Ripah Loh Jinawi Industri yang dapat digunakan sebagai strategi manajerial. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis peramalan dengan metode Winter dan analisis model bisnis kanvas. Hasil penelitian yang dilakukan adalah sebagai berikut 1) Pelaksanaan produksi pupuk guano fosfat yang diterapkan oleh PT. Gemah Ripah Loh Jinawi Industri dilakukan secara terus menerus, hanya didasarkan pada kapasitas minimal ii dan tidak ada perencanaan produksi yang seharusnya memperhatikan jumlah permintaan konsumen, 2) Peramalan permintaan konsumen pupuk guano fosfat pada bulan Januari 2016 sampai bulan Desember 2017 menggunakan metode Winter dengan nilai parameter optimum α = 0,4; β = 0,1 dan γ = 0,1. Berdasarkan hasil peramalan menunjukkan bahwa prediksi permintaan konsumen pupuk guano fosfat tertinggi selama tahun 2016 dan 2017 terjadi pada bulan Mei yaitu sebesar 464631 kg dan 483446 kg sedangkan permintaan konsumen pupuk guano fosfat mengalami penurunan terjadi bulan Juli yaitu sebesar 253967 kg dan 264181 kg, 3) Bisnis model kanvas digunakan sebagai strategi manajerial dengan mengacu pada hasil peramalan yang telah dilakukan yaitu customer segment memperluas jangkauan segmennya, value proposition mempertahankan kualitas produk dari awal hingga produk siap kirim, channel mengintensifkan jenis distribusi FOB (Free On Board) dan meningkatkan penjualan media online, customer relationships senantiasa menjaga kedekatan hubungan dengan pelanggan, revenue stream untuk modal produksi selanjutnya dan investasi perusahaan, key resource terdiri dari fisikal, intelektual, manusia dan finansial dengan memperhatikan dan meningkatkan performanya, key activity diperlukan perhatian pada berbagai bagian internal terkait melalui intensitas pertemuan, key partners menambah jumlah pemasok bahan baku secara mandiri dan memperluas mitra, cost structure memperhatikan estimasi harga beli bahan baku untuk menekan harga jual.

English Abstract

Today the land is used for agriculture is getting narrower and threatened depleted because of land conversion. One way that can be done when the state land narrowed, while the needs of agriculture are not limited by the intensification of agriculture. As a result of the implementation of the intensification of agriculture is the increased use of fertilizers. Based on the data center and information ministries of agriculture (2010) the use of organic fertilizer for agriculture is still greatly needed by farmers, where the national fertilizer demand continued to increase from 2010 to 2014. One of the organic fertilizers that can be used as fertilizer guano phosphate. Data rock phosphate deposits in Indonesia collected by the Center for Geological Resources in 2008 known that Gresik is an area that has natural phosphate deposits during the 2500 year. It makes Gresik became one of the areas that support the fertilizer industry. PT. Gemah Ripah Loh Jinawi Industries is a fertilizer company located in Gresik. One of the resulting products was guano phosphate fertilizers. Consumer demand comes from Japan, New Zealand and Australia is always booked guano phosphate fertilizers in large quantities. To meet consumer demand, the company produces guano phosphate fertilizer every day. The production process is based on a minimum capacity should be achieved daily production workers. This leads to the possibility of a shortage or excess of guano phosphate fertilizer products. If there is a shortage of products, the company cannot meet consumer demand, while if there is excess product will accumulate finished goods that are at risk to damage guano phosphate fertilizers. Based on these conditions, the company must determine the amount of consumer demand that will come so that the company can produce guano phosphate fertilizer according to the demand that has been forecast. After knowing the condition of consumer demand based on forecasting, managerial strategies are needed to make the business model canvas guano phosphate fertilizers. The purpose of this study were 1) To identify guano phosphate fertilizer production operations applied by PT. Gemah Ripah Loh Jinawi Industry, 2) To analyze consumer demand forecasting guano phosphate fertilizer in January 2016 - December 2017 and 3) To analyze the business model guano phosphate fertilizer in PT. Gemah Ripah Loh Jinawi Industry which can be used as a managerial strategy. The analytical methods used in this research are descriptive analysis, forecasting analysis by the method of Winter and analysis of the business model canvas. Results of the research are 1) The production of guano phosphate fertilizer applied by PT. Gemah Ripah Loh Jinawi Industry carried out continuously, just based on a minimum capacity and no production planning should pay attention to the amount of consumer demand, 2) Forecasting consumer demand guano phosphate fertilizer in January 2016 until December 2017 using the method of Winter with optimum parameter values α = 0,4; β = 0,1 and γ = 0,1. Based on iv forecasting results show that the prediction of consumer demand for guano phosphate fertilizer highest during the years 2016 and 2017 occurred in May the amount of 464631 kg and 483446 kg while the consumer demand for guano phosphate fertilizer decline occurred in July the amount of 253967 kg and 264181 kg, 3) Business model of canvas used as a managerial strategy with reference to the results of forecasting has been done is the customer segment is expanding the reach of its segment, the value proposition to maintain the quality of products from the beginning until the product is ready to send, channel intensify the distribution type FOB (Free On Board) and increase sales online media, customer relationships continues to maintain a close relationship with customers, revenue streams to capital further production and investment company, key resource consists of physical, intellectual, human and financial with attention and improve their performance, key activity focus is needed on the various internal parts associated with the intensity of the meeting, key partners to increase the number of raw material suppliers independently and expand partners, cost structure attention to the estimated purchase price of raw materials to reduce the selling price.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2016/180/ 051604728
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 24 May 2016 14:31
Last Modified: 29 Nov 2021 03:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131156
[thumbnail of 125040100111094_BAB 3.pdf]
Preview
Text
125040100111094_BAB 3.pdf

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of 125040100111094_BAB 4.pdf]
Preview
Text
125040100111094_BAB 4.pdf

Download (444kB) | Preview
[thumbnail of 125040100111094_BAB 2.pdf]
Preview
Text
125040100111094_BAB 2.pdf

Download (463kB) | Preview
[thumbnail of 125040100111094_BAB 1.pdf]
Preview
Text
125040100111094_BAB 1.pdf

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 125040100111094_COVER + DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
125040100111094_COVER + DAFTAR ISI.pdf

Download (882kB) | Preview
[thumbnail of 125040100111094_BAB 5.pdf]
Preview
Text
125040100111094_BAB 5.pdf

Download (979kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item